Dasar Pertanian - Budidaya buah matoa dapat dibilang gampang-gampang susah, namun bagi aku itu sangatlah mudah. Asalkan kita tahu seluk beluk buah matoa ini, tentu saja kita dapat mengatasi kemungkian jelek pada buah matoa. Biasanya hal jelek yang terjadi pada tumbuhan buah matoa yaitu bunga yang sering rontok dan belum hingga menjadi buah, buah matoa yang anyir dan tidak dapat dipanen, atau tumbuhan matoa tidak mau berbuah hingga bertahun-tahun. Namun dari sekian banyak permasalah yang terjadi pada tumbuhan buah matoa, hama dan penyakit merupakan salah satu faktor utama yang menghambat produktivitas buah matoa. Lantas bagaiman cara semoga buah matoa tidak diserang oleh hama dan juga penyakit?

Mencegah yaitu lebih baik dari pada mengobati, mungkin pepatah itu yang sering kita dengar dalam dunia kesehatan. Begitu juga pada tumbuhan buah matoa ini. Kaprikornus sebisa mungkin kita melaksanakan pencegahan sebelum hal jelek terjadi pada buah maroa yang sudah susah payah kita tanam. Jika kita tida melaksanakan pencegahan, maka dapat jadi kita tidak dapat menikmati buah khas papua ini. Mungkin saja buah matoa habis dimakan hama menyerupai burung, kelelawar dan binatang sejenis.Nah berikut ini admin dasar-pertanian akan mencoba membagikan sedikit tips mencegah semoga buah matoa tidak diserang hama dan penyakit.

Cara Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Diserang Hama dan Penyakit


1. Membungkus buah dengan kelambu/sejenisnya

 
 Budidaya buah matoa dapat dibilang praktis Cara Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Diserang Hama dan Penyakit
Gambar buah matoa yang sudah dibungus dengan kelambu ( image by wahyu hendro wibowo )

Cara mencegah semoga buah matoa tidak dimakan hama menyerupai burung, kelelawar atau binatang lainnya yaitu dengan membungkus buah matoa dengan kelambu atau alat sejenisnya. Kalau kami biasanya membungkus atau istilah kami menyebutnya membrongsong dengan kelambu pembungkus buah, biasanya banyak dijual ditoko pertanian.

2. Menyemprot bunga matoa

Cara mencegah semoga buah matoa tidak diserang hama dan penayakit yaitu dengan melaksanakan penyemprotan terlebih dahulu pada fase generatif. Pada ketika tumbuhan berbunga dan mulai berbuah kecil, anda dapat menyemprot buah matoa dengan insektisida khusus buah. Penyemprotan ini bertujuan untuk mencegah masuknya hama dan penyakit dalam buah, biasanya jika calon buah sudah disentuh oleh hama menyerupai lalat buah atau sejenisnya, maka buah akan busuk.

3. Membersihkan lokasi tanaman

Cara mencegah semoga buah matoa tidak diserang hama dan penyakit dapat juga dengan membersihkan lkasi disekitar tumbuhan buah matoa. Jika lokasi disekitar tumbuhan higienis otomatis hama dan penyakit tidak akan hinggap pada tumbuhan tersebut. Kalaupun ada kita akan praktis untuk melihat dan membasminya segera.

Itulah beberapa Cara Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Diserang Hama dan Penyakit, semoga artikel singkat ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.
 
Top