Anda akan mendapat banyak laba dengan menanam tumbuhan dengan cara hidroponik. Salah satunya yaitu anda tak perlu memakai lahan yang luas. Bertanam secara hidroponik ini hanya membutuhkan lahan sempit ataupun terbatas. Selain itu, bertanam secara hidroponik ini juga bisa menghasilkan buah ataupun bunga yang lebih banyak. Ada banyak cara menanam tumbuhan hidroponik media air yang bisa anda lakukan dengan gampang di rumah.


Beberapa cara atau teknik sederhana dalam menanam tumbuhan secara hidroponik dengan media air yaitu sistem NFT dan wick. Kedua sistem tanam hidroponik tersebut sama-sama memakai media air. Keduanya juga gampang untuk anda lakukan. Alat dan materi yang diharapkan pun gampang untuk ditemukan. Bahkan anda sanggup memanfaatkan barang-barang yang sudah tak terpakai. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan mengenai cara menanam tumbuhan hidroponik media air dibawah ini.

Teknik Menanam Tanaman Media Air


Untuk anda yang ingin tau dan ingin mencoba teknik menanam hidroponik dengan sistem NFT dan wick, berikut kami bagikan cara menanam tumbuhan hidroponik media air tersebut untuk anda.

Sistem NFT


Cara menanam hidroponik sederhana dengan sistem NFT (nutrient film technique) merupakan teknik menanam dengan akar tumbuhan yang tumbuh di bab nutrisi yang tidak dalam. Teknik bertanam ini sangat efektif untuk membuatkan aneka macam tumbuhan kecil, mirip halnya selada, sawi, dan lain-lainnya. Untuk anda yang ingin menerapkan sistem ini, anda perlu menjaga sirkulasi udara serta nutrisi dalam tanaman. Bertanam hidroponik dengan sistem NFT termasuk salah satu cara menanam hidroponik memakai media air terpopuler. Hampir semua pecinta hidroponik menerapkan sistem NFT ini.

Alat dan materi yang anda perlukan untuk melaksanakan bertanam hidroponik dengan sistem NFT ini diantaranya yaitu talang atau pipa, tangki yang dibutuhkan sebagai penampung, dan juga pompa. Selanjutnya, anda buat saja rangkaian mirip ular dengan memakai paralon besar yang sebelumnya sudah dilubangi sebesar gelas plastik. Perlu juga anda siapkan kerangka untuk menyangga rangkaian paralon tersebut. Guna mengalirkan nutrisi yang ada di paralon tersebut, anda harus menyiapkan pompa semoga penyebaran nutrisi bisa merata. Anda harus mengecek ketersediaan nutrisi tersebut setiap hari semoga tumbuhan bisa tumbuh dengan optimal.

Sistem Wick


Sistem menanam yang kedua yaitu wick. Anda sanggup dengan gampang melaksanakan bertanam hidroponik dengan sistem wick tersebut. Tak hanya gampang penanamannya, tumbuhan hidroponik ini juga gampang dalam hal perawatannya. Alat dan materi yang anda butuhkan sanggup memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar anda. Adapun alat dan materi yang diharapkan tersebut mencakup botol air mineral bekas berukuran besar, soldier, serta kain flannel. Setelah itu, anda potong botol bekas tersebut menjadi dua bagian. Bagian atas dan bawah serta beri lubang di bab tutup botol.

Kemudian, anda gabungkan potongan botol tersebut dengan posisi mirip halnya corong di atas gelas plastik. Pada bab lubang yang anda buat di tutup botol, anda masukkan sumbu atau bisa juga memakai kain flannel. Kain flannel ini berfungsi untuk menyerap nutrisi tanaman hidroponik. Sebelumnya, anda isi botol bab bawahnya dengan memakai air yang sudah diberi pupuk. Pada potongan atas botol, anda beri arang dan gunakan untuk media tanamnya. Arang yang anda gunakan tidak perlu di campur dengan pupuk. Dengan menerapkan sistem ini, proteksi nutrisi tumbuhan hidroponik terbilang lebih efisien.
 
Top