Kami bagikan laporan pendahuluan / LP plasenta previa pdf dan doc.

Menyediakan laporan pendahuluan dengan banyak sekali judul biar bisa membantu sahabat sejawat sekalian yakni misi kami, pada postingan kali ini kami coba posting laporan pendahuluan / LP plasenta previa yang telah kami susun secara lengkap menurut beberapa tumpuan terpercaya.

Perawat yang sedang melaksanakan praktik khususnya teman-teman yang sedag mengambil profesi ners sedang dalam stase maternitas niscaya sangat membutuhkan laporan pendahuluan / LP plasenta previa ini.

Laporan pendahuluan / LP plasenta previa ini kami bagikan dalam bentuk dua format yaitu pdf dan doc, dengan tujuan mempermudah sahabat - sahabat sejawat dalam pembuatan kiprah askep, makalah ataupun LP itu sendiri, tinggal didownload dan edit sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk mendownload laporan pendahuluan / LP plasenta previa pdf dan doc telah kami sediakan link unduhan diakhir artikel ini.

Laporan Pendahuluan Plasenta Previa


Pengertian
    
Plasenta previa yakni plasenta yang berimplantasi pada segmen bawah rahim yaitu di atas dan bersahabat tulang cerviks dalam dan menutupi sebagian atau seluruh ostium uteri internum. Angka insiden plasenta previa yakni 0,4 – 0,6 % dari keseluruhan persalinan.
    
Plasenta previa yakni plasenta yang letaknya absurd yaitu pada segmen bawah uterus sehingga sanggup menutupi sebagian atau seluruh pembukaan jalan lahir.
    
Menurut Prawiroharjo, plasenta previa yakni plasenta yang ada didepan jalan lahir (prae = di depan ; vias = jalan). Makara yang dimaksud plasenta previa ialah plasenta yang implantasinya tidak normal, rendah sekali hingga menutupi seluruh atau sebagian ostium internum.
    
Menurut Cunningham, plasenta previa merupakan implantasi plasenta di potongan bawah sehingga menutupi ostium uteri internum, serta menjadikan perdarahan dikala pembentukan segmen bawah rahim.
    

Klasifikasi
    
Plasenta previa dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu :
  1. Marginal placenta previa yaitu Plasenta tertanam pada satu tepi segmen rahim bawah bersahabat dengan tulang.
  2. Incomplete / Parsial placenta previa yaitu Menyiratkan penutupan tak sempurna
  3. Total / Complete placenta previa yaitu Seluruhnya tulang dalam tertutup oleh placenta, dikala cervik sepenuhnya berdilatasi
  4. Implantasi rendah / low-lying implantasi yaitu Digunakan dikala placenta diposisikan pada segmen bawah rahim yang lebih rendah tapi jauh dari tulang

Etiologi 
    
Penyebab niscaya dari placenta previa belum diketahui hingga dikala ini. Tetapi berkurangnya vaskularisasi pada segmen bawah rahim lantaran bekas luka operasi uterus, kehamilan molar, atau tumor yang mengakibatkan implantasi placenta jadi lebih rendah merupakan sebuah teori wacana penyebab palcenta previa yang masuk akal.
    
Selain itu, kehamilan multiple / lebih dari satu yang memerlukan permukaan yang lebih besar untuk implantasi placenta mungkin juga menjadi salah satu penyebab terjadinya placenta previa. Dan juga pembuluh darah yang sebelumnya mengalami perubahan yang mungkin mengurangi suplai darah pada tempat itu, faktor predisposisi itu untuk implantasi rendah pada kehamilan berikutnya.
    

Patologi
  • Lokasi implantasi dan ukuran placenta saling terkait. Secara rinci, lantaran sirkulasi pada segmen bawah sdikit lebih baik daripada fundus, placenta previa mungkin butuh untuk menutupi area yang lebih besar untuk efisiensi yang adekuat. Permukaan placenta previa mungkin lebih besar setidak-tidaknya 30% lebih besar daripada placenta yang terimplantasi di fundus.
  • Segmen potongan bawah relatif tanpa kontraksi dan perdarahan pantas dipertimbangkan pada pembukaan sinus.
  • Infeksi ascending dari vagina sanggup mengakibatkan placentitis, terutama di tempat pajana atau di atas tulang.
  • Placenta previa sanggup terdorong miring, melintang, presentasi dan mencegah perikatan pada keadaan fetal.

Patofisiologi

Menurut Chalik (2002), pada usia kehamilan yang lanjut, umumnya pada trisemester ketiga dan mungkin juga lebih awal, oleh alasannya yakni sudah mulai terbentuknya segmen bawah rahim, tapak plasenta akan mengalami pelepasan. Sebagaimana diketahui tapak plasenta terbentuknya dari jaringan maternal yaitu potongan desidua basalis yang tumbuh menjadi potongan dari uri. Dengan melebarnya istmus uteri menjadi segmen bawah rahim, maka plasenta yang berimplantasi disitu sedikit banyak akan mengalami laserasi jawaban pelepasan pada tapaknya. Demikian pula pada waktu servik mendatar dan membuka ada potongan tapak plasenta yang lepas. Pada tempat laserasi itu akan terjadi perdarahan yang berasal dari sirkulasi maternal yaitu ruang intervillus dari plasenta. Oleh alasannya yakni itu, perdarahan pada plasenta previa betapapun niscaya akan terjadi oleh lantaran segmen bawah rahim senantiasa terbentuk Perdarahan antepartum jawaban plasenta previa terjadi semenjak kehamilan 20 ahad dikala segmen bawah uterus lebih banyak mengalami perubahan. Pelebaran segmen bawah uterus dan servik mengakibatkan sinus uterus robek lantaran lepasnya plasenta dari dinding uterus atau lantaran robekan sinus marginalis dari plasenta. Perdarahan tidak sanggup dihindarkan lantaran ketidakmampuan serabut otot segmen bawah uterus untuk berkontraksi menyerupai pada plasenta letak normal (Mansjoer, 2001). 

Pathway Plasenta Previa
Untuk mendownload Pathway Plasenta previa doc, DISINI


Manifestasi Klinik
  • Rasa tak sakit, perdarahan uteri, terutama pada trimester ketiga.
  • Jarang terjadi pada episode pertama insiden yang mengancam kehidupan atau mengakibatkan trauma hipovolemik.
  • Kira-kira 7% dari placenta previa tanpa tanda-tanda dan merupakan suatu temuan yang kebetulan pada scan ultrasonik.
  • Beberapa yakni jelmaan untuk pertama kali, dikala uteri bawah merentang dan tipis, dikala sobek dan perdarahan terjadi di lokasi implantasi bawah.
  • Placenta previa mungkin tidak mengakibatkan perdarahan hingga kelahiran mulai atau hinga terjadi dilatasi lengkap. Perdarahan awal terjadi dan berlebih-lebih pada total previa. Perdarahan yang merah terang mungkin terjadi secara intermitten, dikala pancaran, atau lebih jarang, mungkin jugaberlanjut. Ini mungkin berawal dikala perempuan sedang istirahat atau di tengah-tengah aktifitas. Kebetulan insiden ini tidak pernah terjadi kecuali kalau dilakukan pengkajian vaginal atau rektal memulai perdarahan dengan berangasan sebelum atau selama awal kehamilan.
  • Sikap yang tak terpengaruh oleh placenta previa yakni rasa sakit. Bagaimanapun kalau perdarahan yang pertama bersamaan dengan serangan kelahiran, perempuan mungkin mengalami rasa tak nyaman lantaran kontraksi uterus.
  • Pada pengkajian perut, kalau fetus terletak longitudinal, ketinggian fundus biasanya lebih besar dari yang dibutuhkan untuk umur kehamilannya lantaran placenta previa menghalangi turunnya bagian-bagian janin.
  • Manuver leopod mungkin menampakkan fetus pada posisi miring atau melintang lantaran keanehan lokasi implantasi placenta.
  • Seperti kaidah, fetal distress atau kemayian janin terjadi hanya kalau potongan penting placenta previa terlepas dari desidua basilis atau kalau ibu menderita trauma hipovolemik.

Komplikasi

Plasenta previa sanggup mengakibatkan resiko pada ibu dan janin. Menurut Manuaba (2001), adapun komplikasi – komplikasi yang terjadi yaitu: 

a. Komplikasi pada ibu, antara lain: perdarahan pelengkap dikala operasi menembus plasenta dengan inersio di depan, bisul lantaran anemia, robekan implantasi plasenta di potongan belakang segmen bawah rahim, terjadinya ruptura uteri lantaran susunan jaringan ringkih dan sulit diketahui. 

b. Komplikasi pada janin, antara lain: prematuritas dengan morbiditas dan mortalitas tinggi, gampang bisul lantaran anemia disertai daya tahan rendah, asfiksia intrauterine hingga dengan kematian. 

Menurut Chalik (2002), ada tiga komplikasi yang bisa terjadi pada ibu dan janin antara lain: 
  1. Terbentuknya segmen bawah rahim secara sedikit demi sedikit terjadilah pelepasan tapak plasenta dari insersi sehingga terjadi lah perdarahan yang tidak sanggup dicegah berulang kali, penderita anemia dan syok. 
  2. Plasenta yang berimplantasi di segmen bawah rahim tipis sehingga dengan gampang jaringan trpoblas infasi menerobos ke dalam miometrium bahkan ke parametrium dan menjadi alasannya yakni dari insiden placenta akreta dan mungkin inkerta. 
  3. Servik dan segmen bawah raim yang ringkih dan kaya akan pembuluh darah sangat potensial untuk robek disertai oleh perdarahan yang banyak mengakibatkan mortalitas ibu dan perinatal.  

Pemeriksaan penunjang

1. USG (Ultrasonographi)

Dapat mengungkapkan posisi rendah berbaring placnta tapi apakah placenta melapisi cervik tidak biasa diungkapkan

2. Sinar X

Menampakkan kepadatan jaringan lembut untuk menampakkan bagian-bagian tubuh janin.

3. Pemeriksaan laboratorium

Hemoglobin dan hematokrit menurun. Faktor pembekuan pada umumnya di dalam batas normal.

4. Pengkajian vaginal

Pengkajian ini akan mendiagnosa placenta previa tapi seharusnya ditunda kalau memungkinkan hingga kelangsungan hidup tercapai (lebih baik sesuadah 34 minggu). Pemeriksaan ini disebut pula mekanisme susunan ganda (double setup procedure). Double setup yakni investigasi steril pada vagina yang dilakukan di ruang operasi dengan kesiapan staf dan alat untuk imbas kelahiran secara cesar.

5. Isotop Scanning

Atau lokasi penempatan placenta.

6. Amniocentesis

Jika 35 – 36 ahad kehamilan tercapai, panduan ultrasound pada amniocentesis untuk menaksir kematangan paru-paru (rasio lecithin / spingomyelin [LS] atau kehadiran phosphatidygliserol) yang dijamin. Kelahiran segera dengan operasi direkomendasikan kalau paru-paru fetal sudah mature.


Penatalaksanaan

1. Terapi ekspektatif

Tujuan terapi ekspektatif yakni supaya janin tidak terlahir prematur, pasien dirawat tanpa melaksanakan investigasi dalam melaui kanalis servisis. Upaya diagnosis dilakukan secara non invasif. Pemantauan klinis dilaksanakan secara ketat dan baik.

Syarat pinjaman terapi ekspektatif :

a. Kehamilan preterm dengan perdarahan sedikit yang lalu berhenti.
b. Belum ada tanda-tanda in partu.
c. Keadaan umum ibu cukup baik (kadar hemoglobin dalam batas normal)
d. Janin masih hidup.
  • Rawat inap, tirah baring, dan berikan antibiotik profilaksis.
  • Lakukan investigasi USG untuk mengetahui implantasi placenta, usia kehamilan, profil biofisik, letak, dan presentasi janin.
  • Berikan tokolitik bila ada kontriksi : MgSO4 4 gr IV takaran awal dilanjutkan 4 gr tiap 6 jam, Nifedipin 3 x 20 mg/hari, Betamethason 24 mg IV takaran tunggal untuk pematangan paru janin
  • Uji pematangan paru janin dengan Tes Kocok (Bubble Test) dari test amniosentesis.
  • Bila sehabis usia kehamilan di atas 34 ahad placenta masih berada di sekitar ostinum uteri internum, maka dugaan plasenta previa menjadi terperinci sehingga perlu dilakukan observasi dan konseling untuk menghadapi kemungkinan keadaan gawat darurat.
  • Bila perdarahan berhenti dan waktu untuk mencapai 37 mingu masih lama, pasien sanggup dipulangkan untuk rawat jalan (kecuali apabila rumah pasien di luar kota dan jarak untuk mencapai RS lebih dari 2 jam) dengan pesan segera kembali ke RS apabila terjadi perdarahan ulang.

2. Terapi aktif (tindakan segera)
  • Wanita hamil di atas 22 ahad dengan perdarahan pervaginam yang aktif dan banyak harus segera ditatalaksana secara aktif tanpa memandang maturitas janin.
  • Untuk diagnosis placenta previa dan memilih cara menuntaskan persalinan, sehabis semua persyaratan dipenuhi, lakukan PDOM kalau : Infus / tranfusi telah terpasang, kamar dan tim operasi telah siap, Kehamilan ? 37 ahad (BB ? 2500 gram) dan in partu, Janin telah meninggal atau terdapat anomali kongenital mayor (misal : anensefali), Perdarahan dengan potongan terbawah jsnin telah jauh melewati PAP (2/5 atau 3/5 pada palpasi luar)
Cara menuntaskan persalinan dengan placenta previa yakni :

1. Seksio Cesaria (SC)
  • Prinsip utama dalam melaksanakan SC yakni untuk menyelamatkan ibu, sehingga walaupun janin meninggal atau tak punya impian hidup tindakan ini tetap dilakukan.
  • Tempat implantasi plasenta previa terdapat banyak vaskularisasi sehingga cervik uteri dan segmen bawah rahim menjadi tipis dan gampang robek. Selain itu, bekas tempat implantasi placenta sering menjadi sumber perdarahan lantaran adanya perbedaan vaskularisasi dan susunan serabut otot dengan  korpus uteri.
  • Siapkan darah pengganti untuk stabilisasi dan pemulihan kondisi ibu
  • Lakukan perawatan lanjut pascabedah termasuk pemantauan perdarahan, infeksi, dan keseimbangan cairan dan elektrolit.

2. Melahirkan pervaginam

Perdarahan akan berhenti kalau ada pementingan pada placenta. Penekanan tersebut sanggup dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :
  • Amniotomi dan akselerasi
Umumnya dilakukan pada placenta previa lateralis / marginalis dengan pembukaan > 3cm serta presentasi kepala. Dengan memecah ketuban, placent akan mengikuti segmen bawah rahim dan ditekan oleh kepala janin. Jika kontraksi uterus belum ada atau masih lemah akselerasi dengan infus oksitosin.
  • Versi Braxton Hicks
Tujuan melaksanakan versi Braxton Hicks yakni mengadakan tamponade placenta dengan bokong (dan kaki) janin. Versi Braxton Hicks tidak dilakukan pada janin yang masih hidup.
  • Traksi dengan Cunam Willet
Kulit kepala janin dijepit dengan Cunam Willet, lalu diberi beban secukupnya hingga perdarahan berhenti. Tindakan ini kurang efektif untuk menekan placentadan seringkali mengakibatkan perdarahan pada kulit kepala. Tindakan ini biasanya dikerjakan pada janin yang telah meninggal dan perdarahan yang tidak aktif.


Konsep Asuhan Keperawatan

Pengkajian

a. Pengumpulan data

Anamnesa

1. Identitas klien: Data diri klien mencakup : nama, umur, pekerjaan, pendidikan, alamat, medicalrecord dll.
2. Keluhan utama : Gejala pertama; perdarahan pada kehamilan sehabis 28 minggu/trimester III.
  • Sifat perdarahan; tanpa sebab, tanpa nyeri, berulang
  • Sebab perdarahan; placenta dan pembuluh darah yang robek; terbentuknya SBR, terbukanya osteum/ manspulasi intravaginal/rectal.
  • Sedikit banyaknya perdarahan; tergantung besar atau kecilnya robekan pembuluh darah dan placenta.
3. Inspeksi
  • Dapat dilihat perdarahan pervaginam banyak atau sedikit.
  • Jika perdarahan lebih banyak; ibu tampak anemia.
4. Palpasi abdomen
  • Janin sering belum cukup bulan; TFU masih rendah.
  • Sering dijumpai kesalahan letak 
  • Bagian terbawah janin belum turun, apabila letak kepala biasanya kepala masih goyang/floating

b. Riwayat Kesehatan

Riwayat Obstetri

Memberikan imformasi yang penting mengenai kehamilan sebelumnyaagar  perawat sanggup memilih kemungkinan dilema pada kehamilansekarang. Riwayat obstetri meliputi:
  • Gravida, para abortus, dan anak hidup (GPAH)
  • Berat tubuh bayi waktu lahir dan usia gestasi
  • Pengalaman persalinan, jenis persalinan, tempat persalinan, dan penolong persalinan
  • Jenis anetesi dan kesulitan persalinan
  • Komplikasi maternal menyerupai diabetes, hipertensi, infeksi, dan perdarahan.
  • Komplikasi pada bayi
  • Rencana menyusui bayi
Riwayat mensturasi

Riwayat yang lengkap di perlukan untuk menetukan taksiran persalinan(TP). TP ditentukan menurut hari pertama haid terakhir (HPHT). Untuk memilih TP menurut HPHt sanggup dipakai rumus naegle, yaitu hari ditambah tujuh, bulan dikurangi tiga, tahun disesuaikan.

Riwayat Kontrasepsi

Beberapa bentuk kontrasepsi sanggup berakibat jelek pada janin, ibu, ataukeduanya. Riwayat kontrasepsi yang lengkap harus didapatkan pada dikala kunjungan pertama. Penggunaan kontrasepsi oral sebelum kelahiran dan berlanjut pada kehamilan yang tidak diketahui sanggup berakibat jelek pada pembentukan organ seksual pada janin.

Riwayat penyakit dan operasi:

Kondisi kronis menyerupai dibetes melitus, hipertensi, dan penyakit ginjal bisa berefek jelek pada kehamilan. Oleh lantaran itu, adanya riwayat infeksi, mekanisme operasi, dan trauma pada persalinan sebelumnya harus di dokumentasikan

c. Pemeriksaan fisik

Umum

Pemeriksaan fisik umum mencakup investigasi pada ibu hamil:

1. Rambut dan kulit
  • Terjadi peningkatan pigmentasi pada areola, putting susu dan linea nigra.
  • Striae atau tanda guratan bisa terjadi di tempat abdomen dan paha.
  • Laju pertumbuhan rambut berkurang.Wajah
2. Mata : pucat, anemis
3. Hidung
4. Gigi dan mulut
5. Leher
6. Buah dada / payudara
  • Peningkatan pigmentasi areola putting susu
  • Bertambahnya ukuran dan noduler
7. Jantung dan paru
  • Volume darah meningkat
  • Peningkatan frekuensi nadi
  • Penurunan resistensi pembuluh darah sistemik dan pembulu darah pulmonal.
  • Terjadi hiperventilasi selama kehamilan.
  • Peningkatan volume tidal, penurunan resistensi jalan nafas.
  • Diafragma meninggi
  • Perubahan pernapasan abdomen menjadi pernapasan dada.
8. Abdomen
  • Menentukan letak janin
  • Menentukan tinggi fundus uteri
9. Vagina
  • Peningkatan vaskularisasi yang menjadikan warna kebiruan ( tanda Chandwick)
  • Hipertropi epithelium
10. System musculoskeletal
  • Persendian tulang pinggul yang mengendur
  • Gaya berjalan yang canggung
  • Terjadi pemisahan otot rectum abdominalis dinamakan dengan diastasis rectal
Khusus
  1. Tinggi fundus uteri
  2. Posisi dan persentasi janin
  3. Panggul dan janin lahir
  4. Denyut jantung janin

Diagnosa Keperawatan
  1. Nyeri b.d terputusnya kontinuitas jaringan
  2. Resti bisul b.d insisi luka operasi
  3. Gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit b.d trauma hipovolemik
  4. Resti fetal distress b.d terlepasnya placenta
  5. Ansietas b.d kurangnya pengetahuan terhadap tindakan yang akan dilakukan
  6. Resti konstipasi b.d penurunan peristaltik usus
  7. Perubahan contoh kiprah b.d adanya anggota keluarga baru

Intervensi Keperawatan

Diagnosa Keperawatan. 1

Nyeri b.d terputusnya kontinuitas jaringan

Tujuan : Rasa nyeri pasien berkurang atau hilang

Kriteria Hasil : Klien tidak gelisah, skala nyeri 1 – 2, tanda vital normal.

Intervensi :
  • Kaji karakristik, skala, lokasi, intensitas, dan frekuensi nyeri.
  • Monitor tanda vital pasien.
  • Ajarkan teknik relaksasi dan distraksi.
  • Anjurkan tirah baring dengan posisi datar berbaring.
  • Lakukan latihan nafas dalam
  • Ciptakan lingkungan yang nyaman.
  • Kolaborasi dengan dokter pinjaman analgesik

Diagnosa Keperawatan. 2

Resti bisul b.d insisi luka operasi

Tujuan : Tidak terjadi infeksi.

Kriteria Hasil: Limfosit dalam batas normal, tanda vital normal dan tidak ditemukan tanda infeksi.

Intervensi :
  • Kaji lokasi dan luas luka.
  • Pantau kalau terdapat tanda bisul (rubor, dolor, kolor, dan perubahan fungsi).
  • Pantau tanda vital klien.
  • Kolaborasi pinjaman antibiotik.
  • Ganti balut dengan prinsip steril.
  • Awasi investigasi laboratorium (lekosit)

Diagnosa Keperawatan. 3

Gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit b.d trauma hipovolemik

Tujuan : Membaiknya keseimbangan cairan dan elektrolit.

Kriteria Hasil : Cairan dan elektrolit seimbang

Intervensi :
  • Monitor tanda vital.
  • Monitor urin mencakup warna hemates sesuai indikasi.
  • Pertahankan pencatatan komulatif jumlah dan tipe pemasukan cairan.
  • Monitor berat tubuh tiap hari.
  • Awasi investigasi laboratorium (Hb, Ht, dan natrium urin).
  • Kolaborasi pinjaman diuretik.

Diagnosa Keperawatan. 4

Resti fetal distress b.d terlepasnya placenta

Tujuan : Tidak terjadi distress janin

Intervensi :
  • Kaji DJJ, perhatikan frekuensi dan regularitas. Biarkan pasien memantau gerakan janin.
  • Kaji adanya kontraksi uterus preterm, yang mungkin ataupun tidak disertai dengan dilatasi cervik
  • Pantau kemajuan persalinan dan kecepatan turunnya janin
  • Siapkan klien atau tinjau ulang seri tes USG
  • Siapkan dan bantu dengan terminasi kehamilan dengan pervaginam atau SC sesuai dengan indikasi

Diagnosa keperawatan. 5

Ansietas b.d kurangnya pengetahuan terhadap tindakan yang akan dilakukan

Tujuan : Ansietas berkurang dan sanggup diatasi

Intervensi :
  • Jelaskan prosedur, intervensi dan tindakan yang dilakukan pada pasien.
  • Pertahankan komunikasi terbuka, diskusikan kemungkinan imbas samping dan hasil, pertahankan perilaku optimis.
  • Anjurkan pasien untuk mengungkapkan perasaannya.
  • Libatkan pasangan / keluarga untuk mendampingi pasien.
  • Kolaborasi dengan dokter pinjaman sedatif bila tindakan lain tidak berhasil.

Daftar Pustaka
  • Smeltzer, Suzanne. C, Bare, Brenda. G. 2001. Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah Brunner & Suddarth Edisi 8 Vol. 2. Jakarta: EGC.
  • Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Editor : Abdul Bari Saifudin, George Adriaansz, Gulardi Hanifa Wiknjosastro, Djoko Waspodo. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo. 2000.
  • Doenges. 2001. Rencana Perawatan Maternal / Bayi : Pedoman Untuk Perencanaan dan Dokumentasi Perawatan Pasien. Jakarta : EGC.
Untuk mendownload laporan pendahuluan / LP Placenta Previa, Download Pdf dan Doc, dibawah
Link Alternatif
Demikian laporan pendahuluan / LP plasenta previa pdf dan doc kami bagikan, semoga bisa membantu teman-teman sejawat sekalian dalam pembuatan kiprah keperawatan. terima kasih.
 
Top