Penyebab

Penyebab sakit kepala ketika bangkit tidur di pagi hari dan cara mengatasinya penting untuk diketahui karena sakit kepala yang mendera biasanya akan sangat menganggu segala aktivitas. Cara sederhana untuk mengatasi sakit kepala yang paling mudah ialah dengan beristirahat secara cukup. Kondisi badan yang kurang istirahat biasanya akan membuat sakit kepala ketika bagun tidur.

Walau bukan problem serius namun apabila sering mengalami hal ini tentu akan sangat menganggu. Sakit kepala ketika bangkit tidur yang terjadi pada badan seseorang memiliki penyebab berbeda-beda. Ada banyak faktor yang menjadi pelopor mengapa seseorang mengalami problem sakit kepala ketika bangkit tidur dan para andal menyebut situasi ini dengan nama presyncope. Rasa pusing ini sangat biasa karena tidak hingga mengakibatkan hilangnya kesadaran.

Namun untuk sakit kepala yang tidak kunjung sembuh biasanya disebabkan oleh adanya gangguan medis cukup serius. Untuk yang satu ini rasa pusing terjadi cukup lama dan sulit sekali hilang. Oleh karena itu sebaiknya ketahui penyebab sakit kepala ketika bangkit tidur di pagi hari dan cara mengatasinya semoga ketika terjadi situasi ini pada Anda sudah mengetahui penanganan yang tepat.

Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur


1. Tekanan Darah Rendah
Salah satu penyebab sakit kepala ketika seseorang gres bangkit dari tidur ialah tekanan darah rendah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12 yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini akan membuat seseorang mudah merasa pusing, selera makan berkurang, tidak tahan terhadap sinar matahari, sering kesemutan dan mudah mengantuk.

Untuk mengatasi tekanan darah rendah sebaiknya konsumsi makanan yang banyak mengadung vitamin B12 menyerupai yogurt, daging sapi, dada ayam, oatmeal, tahu, tempe dan susu. Jika penyebab sakit kepala ketika bangkit tidur di pagi hari dan cara mengatasinya juga sudah diketahui sebaiknya segera lakukan penangan semoga rasa sakit ini tidak berlarut-larut.

2. Efek Samping Obat-Obatan
Mengkonsumsi obat untuk menyembuhkan suatu penyakit memang banyak dipilih karena mampu mengurangi rasa sakit dengan segera. Namun perlu Anda ketahui bahwa obat-obatan produksi pabrikan biasanya mengandung materi kimia sehingga mengakibatkan efek samping, termasuk sakit kepala ketika bangkit tidur. Beberapa obat yang mampu mengakibatkan sakit kepala ketika bagun tidur ialah obat dengan kandungan anticonvulsant, analgesik, transquilier dan diuretik.

3. Penyakit Vertigo
Vertigo merupakan suatu penyakit tanggapan gangguan keseimbangan di adegan pendengaran dalam sehingga untuk beberapa kasus penyakit ini disertai juga dengan gangguan pendengaran. Jika Anda mengalami sakit kepala ketika bangkit tidur yang disertai dengan ciri-ciri menyerupai mudah lelah, mual, nyeri otot dan peka terhadap cahaya sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Bangun Tidur


Untuk meminimalisir rasa sakit kepala yang Anda alami ketika bangkit tidur diantaranya adalah:

1. Istirahat yang cukup dengan tidur 7-8 jam dalam sehari
2. Kurangi konsumsi MSG
3. Konsumsi makan-makanan yang bergizi
4. Melakukan olahraga secara rutin
5. Hindari stress
6.Hindari rokok, kafein dan alkohol
7. Makan secara teratur
8. Untuk sakit kepala yang tak tertahankan konsumsi ibuprofen ataupun paracetamol
9. Konsumsi air putih semoga terhidar dari dehidrasi


Itulah penyebab sakit kepala ketika bangkit tidur di pagi hari dan cara mengatasinya. Jika sakit kepala yang Anda rasakan tidak kunjung sembuh maka segera periksakan diri ke dokter seorang andal saraf semoga ditelusuri lebih lanjut. Jika diharapkan dokter akan melaksanakan rangkaian tes menyerupai CT Scan dan MRI.
 
Top