Siapa yang tidak kenal apel? Berbagai olahan makanan dan minuman berbahan dasar buah ini bisa anda dapatkan dengan mudah. Apel malang (hijau) merupakan salah satu produk lokal yang sudah terkenal bahkan tidak kalah dari produk import (merah). Pastinya anda tidak asing lagi dengan manfaat buah apel untuk diet. Namun, tahukah anda masih banyak fakta dibalik khasiat buah abnormal ini?

manfaat buah apel

Image courtesy of Clare Bloomfield / FreeDigitalPhotos.net


Dengan tekstur daging buah yang renyah, apel memiliki cita rasa khas serta mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi berkhasiat bagi kesehatan. Tidak salah memang kalau buah apel bisa menurunkan berat tubuh mengingat kandungan indeks glikemik berkisar antara 28 - 44.

Kandungan serat yang berlimpah dan pektin di dalamnya bisa membentuk gel pada usus sehingga membuat anda lebih lama merasa kenyang. Pergerakan usus lebih terkontrol dan aktivitas diet yang sedang anda jalani menjadi lebih efektif. Bahkan ada legalisasi mengejutkan yang mengatakan kalau berat tubuh dapat turun 8 kg dalam 12 ahad hanya dengan rutin mengkonsumsi 3 buah apel sehari!

Dari sisi lainnya, penggunaan masker wajah berbahan dasar apel juga mempunyai khasiat faktual menyerupai mengatasi dilema jerawat, menyegarkan kulit hingga menghilangkan kerutan akhir penuaan. Bagi anda yang lebih memilih materi alami untuk merawat kecantikan wajah, cobalah manfaat buah apel tersebut.


10 Fakta Mengejutkan Tentang Manfaat Buah Apel

  1. Dalam 100 gram irisan buah apel hanya terdapat 50 kalori serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

  2. Kandungan serat dalam apel bermanfaat untuk mengikat materi kimia penyebab kanker di dalam usus besar.

  3. Manfaat buah apel untuk melindungi efek buruk dari radikal bebas dapat dilihat dari kandungan antioksidan, flavonoid dan polifenol.

  4. Apel juga mengandung vitamin C yang merupakan atioksidan alami dan berperan terhadap ketahanan tubuh ketika diserang virus maupun bakteri.

  5. Kegunaan buah apel untuk membantu proses metabolisme tubuh bersumber dari kandungan vitamin B kompleks menyerupai riboflavin, thiamin dan piridoksin ( vitamin B - 6 ).

  6. Apel juga mengandung mineral penting lain menyerupai kalium, fosfor dan kalsium . Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

  7. Dalam menyembuhkan penyakit anemia, buah apel berperan penting sebagai penyedia zat besi yang merupakan materi pembentuk hemoglobin darah.

  8. Konsumsi apel secara teratur juga bisa mengurangi resiko terserang kanker alasannya efek baik zat polifenol dan flavonoid.

  9. Manfaat buah apel untuk menurunkan kolesterol LDL hingga 10% serta HDL hingga 20% akan menjauhkan anda dari serangan jantung.

  10. Pernahkan anda membawa buah apel ketika menjenguk seseorang di rumah sakit? Tahukah anda kalau apel dapat mempercepat proses penyembuhan tubuh yang sakit?


Tips Makan Buah Apel Agar Mendapat Manfaat Maksimal

  • Cuci apel secara menyeluruh dalam air yang mengalir untuk menghilangkan debu, kotoran maupun insektisida yang masih menempel.
  • Biasakan untuk memakan apel beserta kulitnya alasannya kandungan vitamin pada kulit apel sangat tinggi.
  • Jika irisan buah apel berubah warna menjadi cokelat ( akhir zat besi terkena udara), bilas irisan di dalam air yang ditetesi lemon segar.
  • Anda juga bisa membuat minuman jus segar untuk menerima manfaat buah apel secara maksimal.
 
Top