Semangka merupakan salah satu buah paling populer dikalangan masyarakat indonesia. Rasanya segar, manis serta memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat berguna bagi tubuh. Anda bisa menjumpai buah semangka di pasar swalayan hingga penjual buah di pinggir jalan. Kandungan air berlimpah di dalamnya bisa menggugah selera siapapun yang melihatnya di siang hari ketika cuaca panas terik.

buah semangka

Selain mengobati rasa haus dan mengatasi dehidrasi, manfaat buah semangka bagi kesehatan juga dapat menjauhkan anda dari banyak sekali penyakit ganas. Khasiatnya yang luar biasa sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Maka, sangat disayangkan bila anda yang suka memakan buah berwarna merah renta ini belum mengetahuinya.

Anda bisa menerima khasiat dalam semangka dengan mengkonsumsi secara pribadi atau dibuat olahan lain ibarat jus buah, salad atau minuman kemasan. Karena sifatnya yang diuretic, buah semangka berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal dan kandung kemih. Sementara itu, anti-oksidan di dalamnya berguna untuk mengobati asma dan menjauhkan anda dari penyakit kanker usus besar.


Inilah Daftar Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

  1. Mengatasi radikal bebas pemicu penyakit
    Lycopene ialah zat anti-oksidan yang terkandung pada buah berwarna merah menyala ini. Fungsinya sangat penting dalam menetralisir radikal bebas dalam badan sehingga anda terhindar dari kolesterol jahat dan serangan jantung maupun stroke.
  2. Mengurangi resiko kanker prostat
    Masih berkaitan dengan lycopene. Menurut hasil penelitian ahli, buah semangka mengandung lycopene dengan konsentrasi lebih tinggi dibandingkan buah atau sayur lainnya. Resiko terkena kanker prostat akan menurun bila anda mengkonsumsi semangka secara teratur.
  3. jus semangka

    Image courtesy of Baitong333 / FreeDigitalPhotos.net

  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Semangka merupakan buah yang kaya akan citrulline, asam amino yang dapat diolah menjadi asam amino esensial yang berguna bagi kesehatan yaitu Arginin. Zat ini berperan penting dalam proses penyembuhan luka dan mengurangi amonia. Jika kadar amonia dalam darah berlebih maka dapat menimbulkan kelelahan, penyakit ginjal dan penyakit hati.
  5. Meningkatkan jumlah sperma pria dewasa
    Adanya kandungan likopen di dalam semangka berguna untuk meningkatkan jumlah sperma, memperbaiki kualitas sperma serta mempercepat pergerakannya. Penelitian oleh andal kesehatan dilakukan pada 30 pria tidak subur berusia 23 - 45 tahun yang diberi 20 mg likopen dua kali sehari selama 3 bulan. Hasilnya memperlihatkan peningkatan jumlah sperma dan perbaikan struktur sperma. Dari 30 responden tersebut, 6 diantaranya berhasil menghamili istri masing-masing.
  6. Menyembuhkan impotensi
    Ada juga zat berguna lainnya yang disebut sitrulin. Zat ini bekerja dengan meningkatkan produksi nitrat oxide, yang berperan pada kemampuan ereksi pria sehingga dapat menyembuhkan lemah syahwat.
  7. Menambah energi
    Manfaat buah semangka selanjutnya ialah meningkatkan energi badan secara alami. Kandungan elektrolit, natrium dan kalium berperan penting dalam mengganti cairan tubuh alasannya ialah hilang terbawa keringat. Selain itu, semangka kaya akan vitamin B yang dibutuhkan untuk memproduksi energi. Ahli makanan merekomendasikan buah ini sebagai sumber vitamin B6, B1 dan magnesium.
 
Top