INA-CBG merupakan sebuah abreviasi dari Indonesia Case Base Groups yaitu sebuah aplikasi yang dipakai rumah sakit untuk mengajukan klaim pada pemerintah. Menurut kepala Dinas kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, INA-CBG merupakan sistem pembayaran dengan sistem "paket", menurut penyakit yang diderita pasien.

Arti dari Case Base Groups (CBG) itu sendiri, ialah cara pembayaran perawatan pasien menurut diagnosis-diagnosis atau kasus-kasus yang relatif sama.

Rumah Sakit akan mendapat pembayaran menurut rata-rata biaya yang dihabiskan oleh untuk suatu kelompok diagnosis. Untuk lebih gampang dipahami sebagai contoh. Misalnya, seorang pasien menderita demam berdarah. Dengan demikian, sistem INA-CBG sudah "menghitung" layanan apa saja yang akan diterima pasien tersebut, berikut pengobatannya, hingga dinyatakan sembuh.

Setelah kita mengenal apa itu INA-CBG menurut klarifikasi diatas, sebagai seorang perawat yang sedang bekerja dirumah sakit khususnya yang sedang bertugas di rawat inap tentu harus mengerti bagaimana menciptakan grouper e-klaim inacbg untuk bpjs kesehatan. Dari itu dibawah ini kami mencoba memaparkan bagaimana cara menciptakan grouper e-klaim inacbg bpjs kesehatan dan mencetaknya, Silahkan disimak.

Cara menciptakan dan mencetak Grouper E-klaim INA-CBG BPJS Kesehatan / JKN


Sebelum kita memulai menciptakan grouper sebaiknya silahkan download dahulu aplikasi INA-CBG biar sanggup melakukannya, untuk mendownload aplikasi INA_CBG versi tebaru yaitu INA-CBG 5.2 DISINI.

Untuk menciptakan grouper e-klaim inacbg bpjs kesehatan / JKN ialah sebagai berikut
  • Masuk ke aplikasi INA-CBG
  • Setelah itu anda akan dibawa ke halaman beranda INA-CBG menyerupai dibawah ini :
  • Setelah itu masukkan username dan password lalu klik login
  • kemudian anda akan masuk ke halaman utama INA-CBG Seperti dibawah ini
  • Silahkan isi data pasien menyerupai gambar diatas.
  • Selanjutnya anda akan dibawa kehalaman menyerupai dibawah ini.
  • Kemudian klik nomor rekam medis /RM Seperti gambar diatas.
  • Setelah simpulan akan muncul halaman menyerupai gambar berikut
  • Pada halaman ini silahkan isi apa yang diminta pada kolom yang kosong menyerupai no peserta, no SEP, jenis rawatan, usang dirawat, DPJP, dan tarif rumah sakit meliputi, konsultasi dokter, keperawatan alkes, BMHP dst, menyerupai gambar diatas lengkapi dan nominal tarif rumah sakit harus sama dengan yang ada di billing rumah sakit, sesudah itu isi icd diagnosa dan icd mekanisme dan klik simpan dan grouper nantinya akan muncul nominal klaim dibawah nya masih dihalam tersebut.
  • Lalu skroll ke bawah dan akan kita lihat berapa nominal yang sanggup diklaim rumah sakit ke BPJS kesehatan / JKN sesuai dengan kelompok penyakit yang diderita pasien, silahkan lihat dibawah :
  • Sampai disini Proses pembuatan grouper e-klaim inacbg bpjs kesehatan simpulan dilakukan, kita sanggup melihat berapa nominal yang sanggup diklaim rumah sakit. Setelah itu Silahkan klik Final Klaim, Lalu cetak hasil klaim.
Proses pembuatan dan pencetakan Grouper E-Klaim INA-CBG BPJS Kesehatan selesai. 
 
Top