Cara Mengobati Kencing Batu - Batu Kandung Kemih ini sering kita dengar dengan sebutan kencing batu. Kandung kemih Anda yakni organ yang merupakan belahan penting dari proses pembuangan limbah badan Anda. Ini berbentuk ibarat kantung, atau balon. Ginjal mengeluarkan limbah dari sistem pencernaan Anda. Limbahnya dicampur dengan air yang disebut urine dan pergi ke kandung kemih Anda. Urin disimpan di sana hingga teris,i dan saat penuh badan akan mengirimkan sinyal untuk Anda mengosongkannya. Urine meninggalkan kandung kemih melalui uretra. Dari sana hal tersebut keluar dari badan Anda.

Terkadang kandung kemih Anda tidak mengeluarkan semua urin. Unsur-unsur yang tertinggal dalam urin ini bisa membentuk kristal. Kristal ini dapat mengeras dan membuat Kencing Batu. Batu Kandung Kemih bervariasi dalam ukuran dan bentuknya. Mereka seringkali terjadi pada pria.
 Kandung kemih Anda yakni organ yang merupakan belahan penting dari proses pembuangan limb Cara Mengobati Kencing Batu

Gejala Kencing Batu

Tidak semua orang yang mempunyai Batu Kandung Kemih akan mempunyai gejala Kencing Batu. Dari tanda-tanda yang ada hanya akan mengakibatkan gangguan pada fungsi kanal kencing. Pertama, kerikil hanyamengkristal sepanjang lapisan kandung kemih Anda. Kedua, kerikil sanggup menghalangi air seni Anda untuk keluar dari kandung kemih sehingga menghasilkan Kencing Batu.

Gejalanya mencakup :
  • Sakit perut atau tekanan.
  • Berawan atau beruban gelap.
  • Darah di urin anda.
  • Sering buang air kecil atau sakit.
  • Kesulitan buang air kecil, atau kehilangan kontrol urin.
  • Bagi pria, akan terasa sakit pada penis.

Penyebab Kencing Batu

Kebanyakan Kencing Batu terbentuk dari mineral. Ini sanggup ditemukan dalam urin yang tertinggal di kandung kemih Anda. Masalah umum yang mengakibatkan Kencing Batu mencakup :
  1. Pembesaran prostat. Pria mempunyai kelenjar yang disebut prostat. Ini terbentuk di sekitar uretra di samping kandung kemih. Saat prostat mengembang, ia memberi tekanan pada uretra. Hal ini sanggup mengakibatkan hilangnya pedoman urine dari kandung kemih. Pembesaran prostat terjadi pada banyak laki-laki seiring bertambahnya usia.
  2. Infeksi pada kandung kemih. Infeksi tertentu sanggup mengganggu kandung kemih Anda. Yang paling umum yakni bisul kanal kencing. Radiasi ke kawasan pelvis Anda kemungkinan penyebab lain.
  3. Kerusakan saraf. Saraf memberitahu Anda kapan kandung kemih Anda penuh dan perlu dikosongkan. Jika saraf Anda rusak, Anda sanggup mengalami persoalan dengan pedoman urin. Stroke dan cedera tulang belakang sanggup merusak saraf Anda.
  4. Operasi kandung kemih. Orang yang tidak sanggup mengendalikan pedoman urin mereka mungkin memerlukan pembedahan. Kenaikan bentuk kandung kemih ini sanggup mengakibatkan Kencing Batu.
  5. Sistokel. Ini yakni kondisi di mana dinding kandung kemih perempuan melemah dan turun. Ini membuat tekanan di kawasan panggul. Hal ini sanggup mempengaruhi pedoman urin dan mengakibatkan pertumbuhan Batu Kandung Kemih.

Anda juga sanggup menderita Kencing Batu kalau urine Anda terlalu asam, atau terkonsentrasi. Jarang sekali benda asing yang masuk ke kandung kemih lalu mengakibatkan Kencing Batu.

Ada satu yang ibarat dengan Kencing Batu, yaitu BatuGinjal. Batu Ginjal mempunyai tanda-tanda yang sama ibarat Kencing Batu. Namun pada kenyataanya kedua penyakit ini tidaklah sama. Batu ginjal tidak selalu hilang dengan sendirinya. Jika mereka terjebak di kandung kemih, maka sanggup menghasilkan kerikil gres di sana.

Bagaimana Kencing BatuDidiagnosis?

Perawatan medis diharapkan untuk mendiagnosis Kencing Batu. Dokter Anda akan memerintahkan tes untuk menemukan kerikil dan memilih penyebabnya ibarat berikut ini :

Ujian fisik. 
Dokter Anda akan menyelidiki tekanan dan rasa sakit perut Anda. Bagi pria, mereka juga mungkin melaksanakan investigasi rektal untuk menyelidiki prostat Anda.

Tes urin. 
Ada dua cara untuk menguji urin Anda untuk investigasi Kencing Batu, yaitu dengan analisis urin (urinalisis) dan kultur urin. Anda akan menunjukkan sampel air urine Anda untuk diperiksa. Untuk cara ini, Anda akan memakai tisu steril untuk pertama kali membersihkan penis atau vagina Anda untuk mencegah kuman masuk ke sampel urin Anda. Setelahnya laboratorium akan menyelidiki urin Anda untuk bakteri, darah, dan tanda-tanda yang sanggup mengakibatkan Kencing Batu. Cara ini juga memungkinkan Anda untuk diperiksa sekaligus apakah terinfeksi atau tidak.

Sinar-X. 
Dokter Anda mungkin memakai sinar-X di kawasan panggul Anda. Beberapa bentuk Batu Kandung Kemih akan terlihat memakai sinar-X.

Scan komputer terkomputerisasi (CT Scan). 
Tidak semua Batu Kandung Kemih akan muncul pada investigasi sinar-X. CT scan mungkin dilakukan kalau pada ketika investigasi dengan sinar-X negatif.

SuntikKhusus. 
Pemeriksaan ini dilakukan oleh Dokter Anda dengan cara menyuntikkan cairan khusus di pembuluh darah Anda. Cairan ini akan mengalir melalui kanal kemih Anda. Begitu hingga ke organ badan Anda, Dokter akan melaksanakan sinar-X. Jika Anda positif terkena Kencing Batu maka cairan yang disuntikan kepada Anda tadi akan menandakan warna yang kontras.

Ultrasound. 
Ini akan mengidentifikasi kerikil dengan memakai bunyi dan bukan radiasi.

Sistoskopi. 
Dokter Anda mungkin perlu melihat lebih bersahabat ke dalam kandung kemih Anda. Mereka akan memasukkan tabung kecil dengan kamera ke uretra Anda. Kemudianjika ada yang ganjil atau kamera tersebut mendeteksi sesuatu yang abnormal, langkah selanjutnya akan ditentukan.

Apakah Kencing BatuBisa Dicegah Atau Dihindari?

Batu Kandung Kemih yang dihasilkan dari kondisi yang terkait sulit dicegah. Sebaiknya Anda menghubungi dokter ketika Anda pertama kali mengalami gejala.Anda sanggup menurunkan resiko terkena Kencing Batu dengan tetap menjaga contoh hidup sehat. Pastikan Anda minum banyak air, antara 6 sampai 8 gelas per hari. Tanyakan kepada dokter Anda apa yang terbaik untuk Anda. Lau jauhi diet tinggi lemak, garam, dan gula.

Hindari merokok dan memakai obat-obatan terlarang. Ginjal Anda sanggup mengalami kesulitan menyingkirkan materi kimia jelek yang terkandung didalamnya. Jika materi kimia terbentuk, Kencing Batudapat terjadi.

Pengobatan Kencing Batu

Beberapa Batu Kandung Kemih akan lewat dengan sendirinya. Minum air ekstra akan membantu mereka melewati kandung kemih Anda dengan air kencing. Anda sanggup mencicipi sakit ketika kerikil keluar dari badan Anda. Biasanya, ini hanya bekerja kalau Anda mendeteksinya lebih awal atau batu tersebut cukup kecil.

Dalam kebanyakan kasus, dokter Anda perlu menyingkirkannya. Ada dua cara utama yang sanggup mereka lakukan. Cara yang paling umum yakni memakai Cystoscope. Dokter Anda akan memasukkan tabung kecil itu ke kamera di uretra Anda. Kamera akan mendeteksi Batu Kandung Kemih. Dokter Anda akan memakai laser atau Ultrasound untuk memecah batu. Mereka juga sanggup memakai alat kesehatan.

Terkadang kerikil terlalu besar untuk melewati uretra. Dokter Anda perlu memotong lubang di bersahabat panggul Anda. Alat medis akan dimasukkan melalui potongan dan mengeluarkan kerikil dari kandung kemih Anda. Pembedahan memang membutuhkan beberapa bentuk Anestesi. Anda mungkin harus tinggal di rumah sakit untuk sementara waktu hingga proses pemulihan pasca operasi selesai.
 
Top