Inilah Manfaat Mandi Air Dingin dan Manfaat Mandi Air Panas - Apakah Anda selalu galau apakah akan mandi dengan air panas atau menentukan mandi air dingin? Bagaimana Anda memutuskan yang mana yang akan dipilih?

Nah, sebab pilihannya subjektif, sebelum hingga pada kesimpulan apapun, Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor menyerupai isu terkini yang sedang berlangsung, usia, kebiasaan, praktik usia lanjut, penyakit, dan lain-lain. Mandi di air panas atau air cuek keduanya mempunyai manfaat tersendiri.
Inilah Manfaat Mandi Air Dingin dan Manfaat Mandi Air Panas Inilah Manfaat Mandi Air Dingin dan Manfaat Mandi Air Panas

Manfaat Mandi Air Dingin :

  1. Mandi air cuek cenderung merangsang ujung saraf dan memberi Anda rangsangan awal di pagi hari. Ini juga membantu menyingkirkan kemalasan.
  2. Mandi air cuek meningkatkan pelepasan materi kimia yang mengalahkan depresi menyerupai beta-endorfin, dan dengan demikian membantu Anda mengatasi depresi.
  3. Mandi memakai air cuek juga bisa menjaga kesehatan reproduksi laki-laki dengan cara membantu meningkatkan produksi hormon testosteron. Mandi memakai air cuek juga bisa menjaga kesehatan paru-paru kita.
  4. Mandi air cuek merangsang sistem kekebalan dan kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan produksi sel yang melawan infeksi. Seperti kita ketahui, suhu yang lebih hangat cenderung membunuh basil lebih banyak. Makanya, mandi dengan air panas bersihkan tubuh.

Manfaat Mandi Air Panas :

  1. Mandi memakai air panas atau hangat bisa melemaskan otot yang tegang sebab aktifitas sehari-hari. 
  2. Mandi air panas mengurangi kadar gula dalam tubuh, menciptakan badan Anda kurang rentan terhadap diabetes.
  3. Mandi air panas bermanfaat untuk mengobati batuk dan pilek, dengan memakai uap air panas juga sanggup membantu membersihkan susukan napas dan menghilangkan tenggorokan dan hidung Anda.
Lau mana yang lebih baik? apakah lebih baik mandi dengan air cuek atau air panas? Jawabannya ialah Anda harus memakai air panas untuk tubuh, dan air cuek untuk kepala.

Hal ini dikarenakan mencuci mata dan rambut dengan air panas tidak baik untuk kesehatan Anda. Baik atau tidaknya suhu air harus didasarkan pada faktor-faktor berikut :

1. Berdasarkan Usia
Bagi anak muda, disarankan mandi dengan air dingin. Bagi orang renta dan balita, disarankan mandi dengan air panas. Tetapi bila Anda seorang siswa dan berdedikasi untuk lebih banyak belajar, mandi dengan air cuek akan bermanfaat bagi Anda.

2. Berdasarkan Penyakit
Jika Anda menderita penyakit terkait Pitta, menyerupai gangguan pencernaan atau gangguan hati, pemandian air cuek akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Dan bila Anda menderita kelainan Kapha atau Vata, maka pemandian air panas lebih diutamakan.

Jika Anda ialah pasien epilepsi, air panas dan air cuek tidak disarankan. Sebagai gantinya, mandi dengan air hangat-hangat kuku.

3. Berdasarkan Kebiasaan Anda
Jika Anda berolahraga secara teratur, disarankan mandi air panas.

4. Berdasarkan Waktu Apa Anda Mandi
Jika Anda mandi di pagi hari, ada baiknya mandi dengan air dingin. Tapi bila Anda sedang mandi di malam hari, mandi air panas akan membantu Anda merasa rileks. Karena waktu malam didominasi oleh Vata, mandi dengan air panas akan bermanfaat.

Mandi yang terburu-buru menyerupai dengan masakan yang terburu-buru, dan badan Anda tidak menuai semua manfaat dan dibersihkan dengan benar bila Anda buru-buru mandi. Agar mendapat badan yang selalu segar, mandi dengan cara yang sempurna ialah merupakan faktor yang penting untuk dijalankan.

Anda harus mengikuti proses pelan-pelan sehingga setiap kepingan badan Anda terkena air. Inilah cara mandi yang benar:
  • Mulailah dengan mencuci tangan dan kaki Anda.
  • Jika Anda mandi dengan air dingin, sehabis langkah di atas Anda sanggup memulai menyiram air dari kepala hingga kaki.
  • Dan bila Anda sedang mandi dengan air panas, mulailah dengan mencuci jari-jari kaki terlebih dulu dan kemudian naik ke atas ke kepala.
  • Ketika hingga pada sabun, hindari sabun kimia yang tersedia di pasaran sebab kulit menyerap semua materi kimia dari sabun.
  • Memakai minyak yang baik menyerupai minyak mustard atau minyak wijen sebelum mandi bermanfaat bagi badan Anda. Ini merevitalisasi otot dan memperbaiki tekstur kulit.
  • Meski Anda tidak harus terburu-buru dikala mandi, melakukannya terlalu usang juga tidak disarankan. Selain itu, untuk kebersihan yang lebih baik, mandi dua kali sehari sudah cukup.
  • Jika Anda mau, Anda juga bisa menambahkan sedikit daun nimba ke dalam air dan biarkan selama beberapa saat. Lalu, mandi dengan air ini. Ini akan meningkatkan kesehatan kulit Anda.

 
Top