Faktanya Tidak Semua Kista Ovarium mengganggu Kesuburan Wanitatidak besar lengan berkuasa terhadap kesuburan. Tetapi kalau sudah berukuran besar maka kista mampu berbahaya. Neoplasma atau pertumbuhan selbaru yang liar disebut kista. Jika neoplasmanya ganas dan mampu menimbulkan kanker ovairium maka kista mampu dikatakanberisiko berbahaya. Bisa saja dengan kista , seseorang mampu hamil , lagi pula seorang perempuan mempunyai ovarium sepasang. Bila terganggu dan tidak berfungsi salah satunya , maka masih ada satu lagi yang mampu berfungsi sehingga masih dapat terjadi kehamilan. Makara , kista berukuran besar dapat mengganggu kehamilan , bukan kesuburannya.

Dapat melintir pada dikala terjadi kehamilan kalau kista yang memiliki diameter lebih dari 5 cm. akhirnya , akan pecah kista tersebut dan nyeri yang sangat andal akan timbul. Bila terjadi hal menyerupai itu maka dapat menjadi nekrotik dan mampu berakibat hingga kematian. Maka dari itu harus diangkat kalau kista berukuran besar biar tidak mengganggu dan secara petolog dapat didiagnosis. Dapat diketahui apakah kista itu jinak atau ganas maka dilakukan diagnosis tersebut.

Ada yang berisi cairan kental dan bukan kental perihal jenis kista , yaitu demoid. Asal dari kista demoid dari elemen ectodermal sehingga sel selnyamirip kulit yaitu sel epitel gepeng , tampak pula fokikel rambu , kelenjar keringat , terkadang elemen tulang. Relatif kecil dengan potensi kista dermoin menjadi ganas , hanyasekitar 1-3%. Tapi selanjutnya , penyakit yang mengganggu kesuburan dan disalah artikan sebagai kista yang sering kita dengar adala hendometrisosis. Memang ada endometriosis yang berbentuk kista , karena sering menyebutnya kista , padahal kista yakni neoplasma dan sementara endometriosis berupa kelenjar dinding rahim yang aneh dan tumbuh diluar rahim.

Pada umumnya kesuburan seorangwanita dipengaruhi oleh endometriosis dan di indung telurdapat berbentuk kista. Karena secara mekanik dapat menimbulkan perlengketan-perlengketan maka kista endometriosis mengganggu kesuburan. Proses ovum pick-Up (lepasnya seltelur yang telah matang) disebabkan adanya perlengketan tersebut. Sehingga sulit ditangkap fimbrea (ujung tuba fallopi). Maka dari itu sulit terjadi pembuahan.

Baca juga : Ketahui ciri ciri gejala penyakit kista & miom dan obat herbalnya.

Secara imunologis kesuburan juga terhambat karena timbulnya reaksi-reaksi kekebalan mengganggu fungsi seltelur , sperma , dan embrio secara alami selain adanya kista endometriosis tersebut. Endometriosis akan semakin berat kalau dibiarkan saja dan perempuan susah hamil pada umumnya. 40% perempuan yang sulit hamil diketahui memiliki endometrisosi pada rahimnya berdasarkan dari suvei yang pernah dilakukan. Dan dengan endometriosis ringan (stadium 1 dan 2 ) di miliki 70 persen yang dapat kembali hamil secara normal. Sebaliknya akan sulit hamil secara alami kalau endometriosis berat (stadium 4 dan 4) walaupun telah diobati kecuali mampu hamil dengan inseminasi buatan atau bayi tabung.

Namun dianjurkan untuk selalu melaksanakan deteksi dini berupa pemeriksaan nultrasonografi (USG) walaupun kista tidak mengganggu kesuburan. Sebab , kitsta tersebut ada kemungkinan berupa neoplasma ganas dan mampu menimbulkan kanker ovarium. Seperti diketahui , kanker nomor 3 penyebab maut perempuan di Indonesia setelah kanker payudara dan kanker ekspresi rahim yakni kanker ovarium ini.

Ada kemungkinan organ reproduksi seperti indung telur atau rahim harus dibuang kalau terjadi kanker ovarium sehingga kehamilan tidak dapatterjadi. Dalam kekerabatan suami , kista ovarium dan vagina tidak mengganggu. Sedangkan yang mengganggu bilaterletak di luar atau vulva. Apalagi dapat menimbulkan rasa nyeri kalau sudah terjadi peradangan. Tetapi kehidupan seksual akan terganggu karena kista endometrisosi karena rasa nyeri pada dikala melaksanakan kekerabatan tubuh akan timbul.
 
Top