Manfaat Khasiat Daun ,Buah ,Bunga ,Biji & Batang Sirsakbagian dari pohon sirsak mulai kulit kayu , akar , daun , daging buah hingga bijinya secara turun temurun oleh insan telah dijadikan obat. Bahkan diseluruh belahan dunia untuk pemanfaat episode dari tanaman sirsa kini selain di Indonesia ini.

I). DAUN
Rebusan sirsak untuk tonik dimanfaatkan bagi masyarakat amazon. Dan rebusan tersebut digunakan untuk mengobati cacingan pada bawah umur di Guatemala. Jika daun sirsak untuk mengobati asma dimanfaatkan oleh masyarakat Guam. Sedangkan sebagian penduduk serawak , Malaysia untuk mengatasi hipertensi dalam pemanfaat rebusan daun sirsak tersebut. Untuk mengobati penyakit lever dengan menggunakan daun sirsak jika bagi masyarakat madagaskar. Bahwa rebusan air mampu mengobati penyakit malaria diyakini olehmasyarakat Togo. Serta daun sirsak juga sering digunakan sebagai pestisida nabati pada pertanian organic selain untuk manusia.

Ternyata daun sirsak memiliki kandungan zat yang berguna telah dibuktikan dari hasil laboratorium. Kandungan daun sirsak yakni acetogenins , annocatacin , annocatalin , annohexocin , annonacin , annomuricin , anomurine ,anonol , caclourine , gentisic acid , gigantetr0nin , linoleicacid , muricapentocin.

2). BUNGA
Biasanya masyarakat Brasil untuk mengobati penyakit susukan pernapasan (bronchitis) dengan memanfaatkan bunga sirsak. Untuk menyembuhkan sakit didada sering dengan mengkombinasikan bunga daun serta akarnya.

3). BUAH
Durinya yang lunak dan daging buahnya berwarna putih merupakan buah sirsak. Kaya akan serat buah ini. Mengandung serat 3 ,3 gram disetiap 100 gramnya. BIla anda ingin terpenuhi 11% kebutuhan serta pangan per hari maka dengan mengonsumsi 100 gram buah sirsak sudah cukup. Maka dari itu , biasanya cara mengkonsumsi buah sirsak mampu dengan cara dibuat jus sebab buah ini memiliki rasa manis.

Tahukah Anda , buah ini memiliki khasiat yang luar biasa?

maag , disentri , demam , flu , mampu dicegah dan diobati , stamina terjaga dan juga berperan biar ASI dapat dipelancar. Mengapa sangat berguna buah sirsak in?? Hal in sebab mengandung gizi yang tinggi dan mengandung zat annonaine serta asimilobine didalam buah sirsak.

4). BIJI
Anomuricin , annoacin , anomurine , atherospermine , caclouzine , cohibin , oantellin , xylomlicin , reticuline , sabadelin , solaminter kandung didalam sirsak. Bagi masyarakat brasil biasanya biji sirsak digunakan untuk astringent atau toner biar permukaan kulit yang kotor dapat dibersihkan , Sedangkan untuk mengatasi masuk angin dengan memanfaatkan biji sirsak biasa dilakukan oleh masyarakat Amazon. Dan untuk pestisida nabati yaitu mengatasi aneka macam organism pengganggu tanaman dengan memanfaatkan biji sirsak bagi masyarakat Peru dan Indonesia.

5). BATANG
Senyawa tanin , fitosterol , Ca-oksalat , Inurisinedan alkaloid terkandungkulitbatangsirsak. Untuk pengobatan asma , batuk , hipertensi , obatprasit , obat penenang dan kejang dengan menggunakan kulit batang tanaman sirsak. Dan juga terkandung alkaloid di dalam kulit batang. Apabila katak disuntikan alkaloid maka akan mengakibatkan penyakit tetanus. Dan untuk memperbaiki kerja jantung biasanya masyarakat Haiti mengonsumsi rebusan kulit batang sirsark. Sedangkan untuk mengobati asma dan hipertensi dengan kulit batang sirsak biasanya digunakan penduduk jamaika. Lalu kulit batang dikombinasikan bersama akarnya , di Negara Peru untuk mengobati penyakit kencing manis.

6). AKAR
Annocatacin , annomonicin , annomontacin , annonacin , annomuricatin , cohibin , mumcin , muricetano , muricatin terkandung di dalam akar tanaman sirsak. Biasanya untuk obat diabetes (khusus kulit akarnya) dan kejang dengan menggunakan akar sirsak. Dan jika digunakan sebagai obat nyamuk dengan memanfaatkan akar bagi masyarakat Brasil. Sedangkan dimanfaatkan untuk sebagai obat penenang bagi masyarakat Peru.
 
Top