Macam Jenis Penyakit Lambung Yang Wajib Di Ketahui
Sebelum jauh dibahas ihwal 5 macam penyakit lambung yang wajib di ketahui , ada baiknya bila terlebih dahulu kita mengetahui apa yang di maksud dengan lambung.Lambung ialah episode dari organ sistem pencernaan manusia. Lambung berfungsi sebagai alat pencernaan makanan dan alat penyerap sari – sari makanan yang masuk ke dalam badan manusia.

Di dalam lambung mengandung asam klorida , pepsin dan enzim rennin. Makanan yang masuk ke dalam badan insan sebelum di edarkan ke seluruh badan , lambung akan melumat makanan tersebut hingga benar – benar lembut menyerupai bubur. Kalau krongkongan melumat makanan/meremas makanan di sebut dengan gerakan peristaltik

5 Macam Penyakit Lambung

Lambung memiliki asam klorida/asam lambung , jikalau pengeluaran asam tersebut keluar secara berlebih maka akan menyebabkan penyakit lambung. Untuk itu di bawah ini ada 5 macam penyakit lambung yang wajib di ketahui oleh anda semua.


1. Penyakit Lambung Maag
Maag disebabkan oleh kurangnya kita memperhatikan contoh makan kita sehari – hari. Terkadang kita melupakan sarapan pagi ataua bahkan lupa akan jam makan yang pas dan tepat. Hal ini akan menyebabkan penyakit maag. Maag terjadi pada lambung di sebabkan oleh pengeluaran asam klorida ( asam lambung ) yang berlebih. Pengeluaran asam lambung tersebut menyebabkan peradangan pada dinding lambung.

Cara pencegahan nya sebagai berikut :
  • Makanlah secara teratur
  • Jangan makan makanan yang terlalu pedas
  • Jika sudah terlanjur kena penyakit maag , usahakan anda mengobati dengan parutan kunyit yang halus , kemudian peras hasil parutan kunyit tersebut. Campurkan dengan setengah gelas air hangat , minum secara rutin setiap pagi ( Bagus sebelum sarapan ).

2. Penyakit Lambung Grastritis

Mengkonsumsi minum - minuman keras/beralkohol , obat sakit kepala ( aspirin ) dan sejenisnya dalam jangka waktu yang panjang , akan menyebabkan peradangan pada dinding lambung yang menyebabkan penyakit lambung grastritis.

Gratritis juga dapat terjadi karena ada gangguan pada sistem pencernaan , mual , muntah dan perut kembung. Jika sobat pernah melaksanakan operasi luka dalam , luka bakar , nanah berat dan luka stress berat , hati – hati karena luka – luka tersebut dapat menyebabkan penyakit lambung grastritis.

Cara pencegahannya sebagai berikut :
  • Makanlah secara teratur
  • Hindari makanan yang pedas dan panas
  • Jangan minum yang terlalu hirau taacuh dan terlalu panas


3. Tumor Lambung ( Polip Lambung )
Penyakit lambung jenis tumor lambung ini terjadi karena tumbuhnya tumor/benjolan pada lambung yang di sertai timbulnya polip – polip pada area lambung. Tumor lambung dapat disebuhkan dengan melaksanakan pengangkatan tumor tersebut dengan cara operasi. Penyebab penyakit tumor lambung di sebabkan oleh terlalu seringnya kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung zat pengawet ( Nitrat ) dan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang di asinkan serta kebiasan merokok. Ukuran tumor lambung dapat menjadi kanker lambung jikalau ukuran tumor tersebut hingga mencapai 2-3 cm.

4. Penyakit Lambung Kanker Lambung
Kanker lambung di sebabkan oleh kebiasaan merokok serta terjadinya nanah kuman ( Helicobacter Pylori ) pada lambung. Kanker lambung gejalanya di tandai oleh kehilangan nafsu makan , nyeri pada perut episode atas dan di sertai mual , mules dan perut kembung. Kanker lambung akan menyebar ke organ – organ penting badan lainnya jikalau tidak segera di tanggulangi. Organ badan yang akan di serang oleh kanker lambung ialah lapisan perut , paru –paru , kelenjar getah bening dan tulang.

5. Penyakit Lambung Gastroparesis
Berbeda dengan ke 4 penyakit lambung yang sudah saya tulis di atas , penyakit lambung gastroparesis ialah penyakit yang terjadi karena kelumpuhan kerja pada lambung yang menyebabkan makanan yang seharus dilakukan oleh lambung dengan cepat sekarang berubah manjadi lambat.

Kejadian melupuhnya kerja lambung disebabkan oleh tidak berfungsinya penyaluran makanan yang di lakukan oleh otot – otot lambung ke usus besar dan merokok pun menjadi gejala awal anda mengalami penyakit lambung gatroparesis.Gejala penyakit ini ditandai oleh perut terasa kenyang walau anda makan sedikit , mual , mules , kembung , tidak nafsu makan dan kadar glukosa dalam badan naik yang dapat menyebabkan diabetes.
 
Top