Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah umumnya disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu contohnya ialah produksi minyak yang berlebihan , wajah terlalu kotor (kurang menjaga kebersihan) , dan masih banyak lagi hal-hal sederhana yang mungkin tidak anda sadari. Dan guna melaksanakan antisipasi semoga wajah terhindar dari jerawat , sudah sepatutnya bisa anda juga mengetahui apa saja yang menjadi pemicu munculnya jerawat pada wajah tersebut. Dan pada kesempatan ini , kami akan mencoba untuk menawarkan rangkuman yang terkait dengan beberapa faktor-faktor umum yang menjadi penyebab dari awal mula wajah berjerawat.

Seperti yang sudah kami bahas pada postingan sebelumnya yaitu jenis-jenis jerawat , bahasa medis yang paling sempurna dari radang atau pembengkakan ini dikenal dengan sebutan acne vulgaris. Gejala ini merupakan suatu duduk perkara sederhana yang sudah sangat umum terjadi pada wajah. Lebih tepatnya pada adegan hidung (sebagai komedo) , dahi , dan juga pipi. Selain itu bisa juga pada leher , pundak dada , dan punggung. Kaprikornus jerawat ini bisa terjadi pada siapa saja dan juga tidak memandang umur. Entah itu kalangan cukup umur ataupun yang sudah berusia lanjut. Meskipun sudah umum , namun acapkali jerawat menjadi suatu duduk perkara yang selalu dikeluhkan. Sebab secara tidak eksklusif kemunculannya akan sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri terhadap penampilan. Maka dari itu , anda harus paham betul mengenai apa saja penyebab munculnya jerawat pada wajah sehingga bisa melaksanakan pencegahan dan selalu merawat wajah semoga terhindar dari duduk perkara jerawat.
31 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

Pada kalangan cukup umur pada umumnya , sebagian besar masih mempertanyakan wacana apa yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat pada wajah. Untuk mengetahui secara pasti , tentunya bagi anda yang belum paham akan mencari informasi dari banyak sekali sumber sehingga bisa melaksanakan pencegahan secara benar. Nah , untuk melaksanakan hal antisipasi tersebutlah maka anda juga harus tahu betul wacana penyebab atau pemicu jerawat kemudian bisa mengambil langkah pencegahan untuk menghindari jerawat timbul pada wajah.

(Yuk Lihat Juga : Jenis-Jenis Jerawat Dan Cara Mengatasinya)

Nah , langkah besar yang harus anda pahami ialah dengan mencari tahu beberapa penyebab dari munculnya jerawat pada wajah. Hal ini bisa anda lakukan sebelum mengambil tindakan untuk . Kaprikornus , dengan lebih banyak informasi maka anda akan lebh siap dalam mengatasi dan melaksanakan pencegahan secara pasti , baik dan juga benar. Untuk mempersingkat waktu , Berikut beberapa hal umum yang sering sekali menjadi duduk perkara dari pemicu munculnya jerawat membandel pada wajah.

Penyebab Umum Munculnya Jerawat Pada Wajah

1. Kuman Dan Bakteri
Bakteri dan kuman merupakan faktor utama penyebab dari munculnya jerawat. Bisa dibilang basil ini merupakan pemicu paling serius karena terus berkembang dan membuat wajah mengalami peradangan. Disebut dengan p. acne yang tedapat pada kulit dan beranak biak dalam kelenjar sebaceos sehingga menyebabkan penyumbatan dan menimbulkan iritasi pada tempat kulit disekitarnya. Jika kelenjar tersebut mulai pecah , maka akan terjadi proses pembengkakan dan menimbulkan rasa sakit yang mungkin akan sangat terasa pada adegan wajah. Bekas luka jerawat akan meninggalkan lubang selayaknya penyakit kulit menyerupai bisul dan cacar air. Salah satu materi alami yang baik untuk anti-bakteri ialah bawang putih. (Baca : 7 Cara Mengobati Jerawat Dengan Bawang Putih)

2. Produksi Minyak Yang Berlebih
Wajah bersih dan selalu dijaga mungkin akan lebih meminimalisir timbulnya jerawat. Jika wajah tidak terawat , kemungkinan produksi minyak pada wajah akan bertambah. Meski tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh faktor kebersihan , namun minyak pada wajah akan mempercepat penumpukan kotoran yang pada risikonya akan memicu timbulnya penyumbatan pori selaku penyebab munculnya jerawat. Faktor internal juga sangat besar lengan berkuasa , menyerupai pola hidup yang kurang sehat serta asupan makanan dan perubahan hormon. Jerawat muncul dikarenakan kondisi kulit gila dan disebabkan oleh terjadinya gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak. Jika duduk perkara ini berlanjut , maka penyumbatan pada susukan folikel pori tidak bisa dihindarkan.

3. Penumpukan Sel-sel Kulit Mati
Sel kulit mati sering menjadi duduk perkara wajah yang seharusnya tidak anda alami. Kulit mati ini bisa saja disebabkan oleh penggunaan sabun yang salah , terlalu sering terkena paparan sinar matahari , dan juga hal-hal lain menyerupai penggunaan obat-obatan ataupun kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda. Minyak yang bercampur dengan sel kulit mati akan menjadi sarang yang baik untuk pertumbuhan basil pada wajah yang pada risikonya menjadi pemicu timbulnya ruam selalu bentuk awal dari jerawat. Sel kulit mati akan menyumbat pori , semakin tebal dan terasa sangat bergairah atau wajah terlihat menyerupai mengelupas.

4. Faktor Genetik
Banyak yang mencicipi adanya jerawat pada wajah dikarenakan faktor genetik atau memang sudah dibawa semenjak lahir. Biasanya dibarengi dengan riwayat hidup orang renta yang mempunyai duduk perkara dengan wajah khususnya jerawat. Penyebab ini yang biasanya sulit disembuhkan , namun dengan banyak sekali perawatan tentunya bisa juga diatasi secara bertahap.

5. Alergi Terhadap Makanan Dan Minuman
Seperti yang pernah kami sebutkan diatas , asupan makanan juga bisa menjadi salah satu pemicu dari timbulnya jerawat. Hal ini bisa juga dikarenakan alergi terhadap makanan atau jenis minuman tertentu yang pada risikonya menimbulkan jerawat pada wajah. Terkait dengan ini biasanya jenis makanan tersebut berupa seafood , susu , dan lain sebagainya. Namun tidak hanya itu saja , terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat , makanan rendah vitamin E dan terlalu banyak Vitamin A akan membuat jumlah produksi minyak pada wajah semakin bertambah.

6. Perubahan Hormon
Wanita mempunyai resiko paling tinggi dibanding dengan kalangan pria. Sebab ada kemungkinan 7 hari sebelum menstruasi akan muncul ruam-ruam kecil pada wajah dan berahir pada jerawat. Perubahan hormon juga terjadi pada usia-usia tertentu dan yang paling rentan ialah kalangan cukup umur khususnya bagi cukup umur yang memasuki masa pubertas. Berubahnya hormon bisa dipicu oleh penggunaan obat kimia , sedang mengalami proses kehamilan , dan mungkin masih banyak faktor lain yang tidak terduga oleh anda.

7. Ada Tekanan Pada Wajah (friksi)
Hal ini secara tidak sadar selalu anda lakukan setiap hari. Seperti menempelkan wajah pada bantal saat tidur , menggunakan ponsel untuk menelpon , dan hal lain yang tidak anda sadari. Dalam hal ini perlu sekali anda menjaga kebersihan tempat tidur khususnya sarung bantal. Sebab menempelknya wajah pada benda kotor akan memicu perkembangan basil lebih cepat.

8. Kurang Menjaga Kebersihan Rambut
Mungkin anda akan bertanya kenapa harus rambut yang dibersihkan? Hal ini bersama-sama terhubung karena rambut yang kotor akan lebih mudah berminyak. Secara tidak sengaja anda akan menggaruk kepala dan menyentuh wajah secara bersamaan. Minyak yang terdapat pada rambut lebih mudah tercampur basil pada kuku yang pada risikonya menempel pada wajah. Jika tidak segera dibersihkan , maka kuman atau basil akan berkembang sehingga menimbulkan ruam sebagai bentuk awal dari jerawat.

9. Terlalu Sering Mengkonsumsi Minuman Bersoda
Soda mempunyai kandungan aspartame yang merupakan suatu zat yang dalam menimbulkan jerawat pada wajah. Minuman soda juga bisa menciptakan radang (inflamasi) pada badan insan karena kandungannya. Minuman jenis ini menyebabkan efek buruk bagi badan dan dapat menurunkan PH kulit. Dengan keadaan kulit yang tidak normal , maka jerawat pada wajah akan lebih mudah muncul.

10. Terjadinya Penyumbatan Pada Pori Wajah
Pori yang tersumbat akan menghambat sirkulasi udara dan juga keluarnya keringat pada wajah. Hal ini bisa saja disebabkan oleh penggunaan make up yang terlalu tebal , terlalu banyak sel kulit mati , produksi minyak berlebih yang memicu menempelnya kotoran atau debu serta masih banyak lagi yang lainnya. Penyumbatan ini pada risikonya akan menyebabkan benjolan kecil berupa ruam dan terbentuklah jerawat yang sangat mengganggu penampilan.

(Yuk Simak Juga : Membandel Secara Alami Cepat Dan Efektif)

Penyebab Umum Pemicu Jerawat Lainnya :

1. Infeksi Bakteri Pada wajah
Disebabkan oleh kurang memperhatikannya kebersihan sehingga basil yang menempel pada wajah lebih mudah berkembang serta memicu adanya ruam atau pembengkakan. Pori yang tersumbat oleh kotoran yang penuh basil pada risikonya akan membengkak atau bahkan terparah hingga bisa mengeluarkan nanah.

2. Perubahan Hormon Testosteron
Hal ini sering terjadi pada kalangan pria. Ketika sedang mencintai seseorang atau karena produksi yang testosteron yang berlebihan , maka jerawat bisa saja muncul. Sudah sangat lazim dan bisa terjadi pada semua kalangan pria.

3. Memegang Dan Memencet Jerawat
Mungkin sebagian orang tidak sadar bahwa tindakan memencet jerawat ini hanya akan memperparah keadaan. Hal ini akan memicu penyebaran basil serta membuat radang semakin besar. Apalagi benda atau tangan yang digunakan sedang dalam keadaan tidak steril.

4. Kurang Mengkonsumsi Air Putih
Air putih kaya akan mineral yang bisa menjaga proses metabolisme tubuh. Asupan air yang cukup pada badan akan membuat kulit tetap lembab dan mencegah pori-pori tersumbat dikarenakan badan lebih mudah berkeringat.

5. Dampak Mengkonsumsi Pil KB
Bagi kalangan wanita yang sudah berumah tangga , mengkonsumsi Pil KB merupakan salah satu langkah untuk mengontrol proses kehamilan. Namun apakah anda sadar bahwa pil ini bisa memicu perubahan hormon pada badan yang pada risikonya produksi minyak pada wajah menjadi abnormal. Tapi dampak ini tidak berlaku untuk semua orang.

6. Darah Kotor
Istilah ini sering kita baca atau lihat pada bungkus-bungkus jamu tradisional. Jika darah dalam keadaan kotor , hal ini akan lebih mudah untuk menimbulkan banyak sekali macam jenis penyakit kulit. Tidak hanya jerawat saja , namun bisa jadi korengan , panu , kadas , bisul , dan lain sebagainya.

7. Faktor Usia
Perubahan umur merupakan salah satu faktor penyebab dari timbulnya jerawat. Dengan bertambahnya usia , maka produksi minyak pada wajah semakin tinggi guna mempertahankan elastisitas dan juga membuat wajah lebih kencang. Hal ini bersama-sama suatu bentuk pertahanan kulit semoga lebih abadi muda. Proses lain sering terjadi pada usia yang masih muda , salah satu pola ialah kalangan cukup umur yang memasuki masa pubertas serta kalangan pria yang sudah mulai mengenal cinta.

8. Penyumbatan Pori Oleh Sel Kulit Mati
Sel kulit mati bisa terjadi karena penggunaan sabun yang bergairah , paparan sinar matahari eksklusif , dan juga hal-hal lainnya. Pada umumnya terjadi penyumbatan pori dikarenakan sel kulit mati yang bercampur minyak. Pada risikonya akan membuat pori tertutup dan mencegah keluarnya keringat pada wajah.

9. Rambut Yang Menempel Pada Wajah
Rambut yang berminyak mengandung kotoran dan juga kuman yang tidak baik bagi wajah. Dampak ini akan berujung pada perkembangan basil dan menjadi ruam pembentuk jerawat.

10. Mengkonsumsi Alk0hol dan Merok0k
Kedua jenis materi ini berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Keduanya bisa mengganggu metabolisme badan dan membuat darah anda menjadi kotor. Pada risikonya akan memicu muncul banyak sekali jenis penyakit kulit yang salah satunya jerawat.

11. Terlalu Sering Terkena Paparan Sinar Matahari
Untuk sekarang ini sudah banyak sekali jenis produk kecantikan sunblock yang bisa mencegah kerusakan pada kulit. Sebab kandungan UVA dan UVB pada matahari akan membuat kulit terbakar. Tidak hanya menjadi gelap , namun kulit akan kering yang pada risikonya akan terjadi penumpukan sel kulit mati pada wajah.

12. Mengkonsumsi Cokelat Berlebihan
Cokelat mempunyai kandungan yang bisa memicu hormon tertentu. Jika dikonsumsi berlebih , maka tidak menutup kemungkinan bahwa akan muncul jerawat pada wajah. Meski dibilang bisa menenangkan , namun ada baiknya kalau anda mengkonsumsi cokelat sewajarnya saja.

13. Kurangnya Asupan Vitamin A dan B
Vitamin A mempunyai kemampuan untuk mencegah pertumbuhan basil pada tubuh. Secara tidak eksklusif terkait juga dengan jerawat yang salah satu pemicunya yakni bakteri.

(Yuk Cek Juga : Cara Mengatasi Jerawat Lemak Pada Wajah)

14. Kurang Asupan Vitamin C
Nutrisi ini mempunyai tugas penting bagi tubuh. Vitamin C selaku antioksidan alami menjadi badan lebih kuat dan sistem imun lebih terjaga. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan juga mencegah perumbuhan basil pada tubuh.

15. Kurang Menjaga Kebersihan Wajah
Wajah yang bersih tentunya akan lebih baik dibanding dengan wajah berminyak dan kotor. Jika pada wajah anda tidak terdapat minyak dan debu , maka tidak mustahil bahwa wajah anda akan terhindar dari jerawat. Tipsnya ialah mencuci wajah secara rutin namun jangan berlebihan.

16. Polusi Udara Yang Kotor
Udara kotor mengandung banyak asap dan debu akan mempercepat produksi minyak apda kulit khususnya wajah. Jika minyak bercampur dengan polusi (radikal bebas) , maka tidak heran kalau mulai muncul ruam , bintik merah dan pada risikonya bermetamorfosis jerawat.

17. Penurunan Hormon Pada Wanita
Seiring ketidakstabilan emosi , terkadang kaum hawa lebih mudah terserang jerawat. Penuruna hormon wanita bisa terjadi karena bertambahnya usia , atau bisa juga dikarenakan oleh penyebab lain.

18. Stres Atau Terlalu Banyak Pikiran
Beban pikiran yang terlalu berat akan menimbulkan stres. Karena hal ini akan menimbulkan duduk perkara gres menyerupai perubahan hormon badan , dll. Hindari stress maka kemungkinan wajah anda akan terhindar dari jerawat.

19. Alergi Kimia Pada Kosmetik
Tidak semua jenis kosmetik cocok atau sesuai dengan kulit anda. Sebab kandungan kimia yang terdapat pada setiap kosmetik mempunyai kandungan berbeda. Bisa saja salah satu kandungan tersebut menyebabkan alergi pada kulit.

20. Sering Menggaruk Wajah
Pada kondisi tertentu , kemungkinan saja wajah akan terasa gatal. Dan secara tidak sengaja anda menggaruk sehingga menjadi pemicu dari timbulnya iritasi pada kulit.

21. Akibat Kelenjar Terlalu Aktif
Produksi minyak pada badan terkadang bisa terjadi secara berlebihan. Jika terlalu aktif , bisa jadi karena tuntutan perubahan kulit serta hal lain yang salah satunya perubahan hormon dan jawaban mengkonsumsi obat atau pil KB.

(Yuk Baca Juga : Dengan Jeuk Nipis)

Sekian untuk artikel 31 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah. Semoga yang kami tulis disini bisa membantu dan menambah wawasan terkait dengan pencegahan dan cara membersihkan jerawat pada wajah.
 
Top