Memiliki kulit wajah yang putih berseri merupakan dambaan setiap orang. Untuk menerima hal ini maka perlu melaksanakan perawatan baik secara modern maupun tradisional. Dibandingkan menggunakan cara-cara modern yang memerlukan biaya tidak sedikit, memilih metode tradisional lebih banyak diminati karena biayanya sangat murah. Salah satu materi alami yang bisa dijadikan sebagai ramuan untuk perawatan wajah ialah asam jawa. Untuk itu berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara buat masker asam jawa dan manfaatnya untuk wajah.

Asam jawa dipilih sebagai salah satu materi ramuan untuk kecantikan karena asam jawa memiliki kemampuan untuk menyamarkan noda di wajah bekas infeksi ataupun bopeng dalam waktu singkat. Namun sebelum mengaplikasikan asam jawa ini sebaiknya Anda juga harus memastikan bahwa kulit Anda tidak memiliki alergi terhadap materi dapur yang satu ini. Demi kesehatan sebaiknya untuk jenis kulit sensitive hindari penggunaan masker asam jawa ini.


Cara Membuat Masker Asam Jawa


Untuk membuat masker asam jawa, tentu Anda harus menyiapkan buah asam jawa. Adapun banyaknya asam jawa yang dibutuhkan sebanyak 15 buah, selain itu sediakan juga minyak zaitun sebagai campurannya. Perlu Anda ketahui bahwa minyak zaitun ini sangat baik untuk kecantikan. Hal ini terbukti dari penggunaan minyak zaitun untuk kecantikan sudah dilakukan semenjak beribu-ribu tahun lamanya, terutama oleh bangsa Mesir kuno.

Lebih jelasnya berikut ini cara buat masker asam jawa dan manfaatnya untuk wajah.

1. Pertama-tama pisahkan asam jawa dari bijinya untuk diambil dagingnya. Kemudian hancurkan daging buah asam jawa hingga benar-benar lembut.

2. Campurkan daging asam jawa yang sudah lembut tadi dengan satu sendok minyak zaitun, lalu campur hingga benar-benar rata. Agar tidak terlalu kental Anda bisa menambahkan sedikit air.

3. Sebelum mengaplikasikan masker asam jawa ini bersihkan wajah dari debu dan kotoran dengan mencucinya menggunakan sabun dan air bersih.

4.  Keringkan wajah menggunakan handuk bersih, gres oleskan masker asam jawa ke seluruh adegan wajah hingga merata menggunakan kuas.

5. Biarkan masker mengering, atau kurang lebih selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih.

6. Agar hasil bersih tepat gunakan air hangat untuk membilas wajah, kemudian gunakan air hambar setelahnya semoga pori-pori yang terbuka kembali menutup.

Cara buat masker asam jawa dan manfaatnya untuk wajah bisa Anda lakukan dan dapatkan akhirnya secara maksimal apabila melaksanakan perawatan ini secara rutin paling tidak 2 kali dalam seminggu.

Manfaat Asam Jawa Untuk Kecantikan Wajah


Wajah berjerawat akan membuat tekstur kulit menjadi tidak rata. Asam merupakan buah yang tinggi akan kandungan Vitamin C yang bisa memenuhi kebutuhan kolagen yang sangat baik untuk memperbaiki tekstur kulit tidak rata. Selain itu kandungan Vitamin C yang tinggi ini bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, lembut dan tampak baka muda.

Apabila Anda memiliki kulit wajah yang berangasan dan bersisik juga bisa diatasi dengan masker wajah ini. Hal ini disebabkan karena kandungan Alpha dan AHA dalam asam jawa bisa membantu pengelupasan sel-sel kulit mati yang membuat  kulit wajah tampak kusam. Mengaplikasikan masker asam jawa sambil melaksanakan pijatan lembut pada area sekitar wajah bisa membuat sel-sel kulit mati terangkat dengan sempurna.


Itulah cara buat masker asam jawa dan manfaatnya untuk wajah. Dibandingkan menggunakan produk kecantikan dengan materi kimia tentu menggunakan ramuan tradisional jauh lebih baik.
 
Top