Bagi para pria, memiliki ketiak hitam mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Namun berbeda dengan wanita, ketiak hitam mampu menurunkan rasa percaya diri, kurang leluasa dalam menggunakan pakaian dan lain sebagainya. Intinya ketiak harus mulus, bebas bulu dan bebas warna kehitaman.

Ketiak merupakan tempat dengan lapisan kulit yang cukup sensitif. Ada beberap hal yang dapat menjadikan ketiak menjadi hitam.
  1. Sering bercukur & mencabuti bulu ketiak.
  2. Sel kulit mati yang terjebak pada lapisan kulit ketiak.
  3. Goresan kain dari baju yang terlalu ketat juga dapat menjadikan ketiak menjadi hitam.
  4. Orang yang memiliki berat tubuh berlebih lebih memiliki kecenderungan menerima kulit ketiak hitam.
  5. Hiper-pigmentasi yang menjadikan kulit Anda menghasilkan pigment melanin berlebihan.
  6. Bahan kimia dan alkohol yang terkandung dalam deodoran.
  7. Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron.

memiliki
Ketiak mulus bebas hitam dan bulu
Bagi Anda para wanita yang tidak ingin memiliki kulit ketiak hitam, Anda mampu mengatasinya dengan melaksanakan beberapa tips berikut ini untuk mencegah kulit ketiak menjadi hitam:

Kendalikan keringat

Keringat berlebih yang bercampur kuman dapat menjadikan iritasi yang berdampak pada kulit ketiak yang menghitam. Belum lagi tabrakan yang terjadi dengan pakaian. Usahakan semoga kondisi ketiak tetap kering, pilih pakaian dari materi katun semoga dapat mudah menyerap keringat dan kulit mampu bernafas lebih leluasa.

Hindari mencukur

Mencukur bulu ketiak sangat rentan terjadi iritasi. Iritasi kulit dapat membuat kulit ketiak menjadi hitam. Jika anda ingin menghilangkan bulu ketiak, sebaiknya bukan dengan cara mencuku tapi gunakan metode waxing. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Cara Menghilangkan Bulu Ketiak.

Infeksi jamur

Jangan sangat suka berkembang biak di adegan tubuh yang lembab menyerupai ketiak dan selangkangan. Infeksi jamur dapat menjadikan kemerahan, gatal-gatal dan pigmentasi.

Menjaga berat badan

Kelebihan berat tubuh merupakan faktor penyebab pigmentasi di tempat ketiak. Jika anda mengalami berat tubuh berlebih, cobalah untuk menurunkannya. Hal itu dapat membantu mengurangi pigmentasi kehitaman di kulit ketiak.
 
Top