Ilmu Keperawatan dasar akan dibuka dengan pembahasan pertama yaitu ihwal sejarah dan perkembangan perawat.

Pada bahan ihwal sejarah dan perkembangan perawat akan dimulai dengan pembahasan ihwal pengertian sejarah dan perkembangan perawat, pengertian perawat yaitu Perawat yaitu mereka yang mempunyai kemampuan dan kewenangan melaksanakan tindakan keperawatan menurut ilmu yang dimilikinya yang diperoleh melalui pendidikan keperawatan (UU Kesehatan No.23, 1992).


Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan sejarah dan perkembangan didunia yang membahas mulai dari sejarah dan perkembangan perawat sebelum masehi sampai proses penyebaran keperawatan didunia.

Kemudian Pembahasan mengerucut, membahas ihwal sejarah dan perkembangan perawat di Indonesia.

Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, perawat berasal dari penduduk pribumi yang disebut “velpleger” dengan dibantu “zieken oppaser” sebagai penjaga orang sakit. Mereka bekerja pada rumah sakit Binnen Hospital di Jakarta yang didirikan tahun 1799.
Pada masa VOC berkuasa, Gubernur Jendral Inggris Raffles (1812-1816), telah mempunyai semboyan “Kesehatan yaitu milik manusia” Pada ketika itu Raffles telah melaksanakan pencacaran umum, membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa serta memperhatikan kesehatan dan perawatan tahanan. Setelah pemerintah kolonial kembali ke tangan Belanda, di Jakarta pada tahun 1819 didirikan beberapa rumah sakit. Salah satunya yaitu rumah sakit Sadsverband yang berlokasi di Glodok-Jakarta Barat. Pada tahun 1919 rumah sakat tersebut dipindahkan ke Salemba dan kini dengan nama RS. Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Dalam kurun waktu 1816-1942 telah bangun beberapa rumah sakit swasta milik misionaris katolik dan zending protestan seperti: RS. Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Cikini-Jakarta Pusat, RS. St. Carolos Salemba-Jakarta Pusat. RS. St Bromeus di Bandung dan RS. Elizabeth di Semarang. Bahkan pada tahun 1906 di RS. PGI dan tahun 1912 di RSCM telah menyelenggarakan pendidikan juru rawat. Namun kedatangan Jepang (1942-1945) mengakibatkan perkembangan keperawatan mengalami kemunduran.

Kemudian Pembahasan dilanjutkan ihwal sejarah dan perkembangan perawat diIndonesia sehabis kemerdekaan sampai sekarang.

Dan untuk pembahasan selanjutnya sekaligus pembahasan sejarah dan perkembangan perawat terakhir ialah musim keperawatan kini dan masa depan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di segala bidang termasuk bidang kesehatan, peningkatan status ekonomi masyarakat, peningkatan perhatian terhadap pelaksanaan hak asasi manusia, kesadaran masyarakan akan kebutuhan kesehatan menjadikan masyarakat semakin sadar akan pentingnya hidup sehat dan melahirkan tuntutan akan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Pergeseran akan fenomena tersebut, telah mengubah sifat pelayanan keperawatan dari pelayanan fokasional yang hanya menurut keterampilan belaka kepada pelayanan profesional yang berpija pada penguasaan iptek keperawatan dan spesialisasi dalam pelayanan keperawatan.

diatas merupakan sedikit ringkasan ihwal bahan Sejarah dan Perkembangan perawat pada mata kuliah IKD 1. Untuk mendownload bahan secara lengkap silahkan ambil dibawah ini :
Silahkan didownload bagi yang membutuhkan, terima kasih.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
 
Top