Dalam materi Ilmu keperawatan dasar 1, mata kuliah ilmu keperawatan akan kita temui pembahan ihwal konsep sistem, konsep sistem pada bahasan ini akan dibahas ihwal konsep sistem secara umum, dan konsep sistem untuk keperawatan.


untuk materi ini pokok bahasan nya ialah konsep sistem dan sub pokok bahasan ialah Pengertian sistem, elemen sistem, pendekatan sistem dalam pendidikan keperawatan, pendekatan sistem dalam pelayanan keperawatan.

beikut sedikit ringkasan kami ihwal materi konsep sistem :

Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem ialah sekumpulan alat yang mempunyai hubungan diantara mereka. Sistem secara sederhana sanggup didefinisikan sebagai sesuatu kesatuan dari banyak sekali elemen atau bagian-bagian yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai hasil yang diharapkan. Dengan demikian keperawatan, sanggup diartikan sebagai satu keseluruhan karya insani yang terbentuk dari bagian-bagian yang mempunyai hubungan fungsional dalam upaya mencapai tujuan akhir.

Komponen Sistem dalam keperawatan mencakup Manusia, Lingkungan, Kesehatan, Keperawatan. Manusia ialah makhluk bio-psikososial yang utuh dan unik yang mempunyai kebutuhan bio-psiko-sosio-spiritual. Manusia selalu hidup dalam suatu lingkungan tertentu mencakup lingkungan fisik dan lingkungan sosial.

Dalam sistem terdapat input (masukan), proses, Output (hasil/Keluaran) dan umpan balik. Pendekatan sistem merupakan satu cara yang memandang keperawatan secara menyeluruh dan sistematik, tidak parsial dan Fragmentis.

Beberapa penerapan sistem keperawatan :
  1. Penerapan sistem dalam penyelenggaraan pelayanan keperawatan 
  2. Penerapan sistem dalam penyelenggaraan Pendidikan Keperawatan 
  3. Penerapan sistem dalam penyelenggaraan pengembangan Profesi Keperawatan 
  4. Penerapan sistem dalam penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan secara umum.
Untuk mendownload materi konsep sistem secara lengkap silahkan download dibawah ini :
Demikian sedikit ringkasan ihwal materi konsep sistem IKD 1 Silahkan didownload materi lengkap bagi yang membutuhkan, terima kasih.
 
Top