Tak hanya mengganggu penampilan, bibir kering dan pecah – pecah apabila dibiarkan berlarut – larut niscaya akan sangat mengganggu kesehatan. Kulit bibir mungkin saja terlihat lebih gelap, mengelupas, sampai berdarah, khususnya apabila Anda kurang melaksanakan perawatan untuk bibir Anda tersebut.

Bibir sehat dan lembab pastinya akan terasa lebih nyaman dan menarik untuk dilihat, tetapi banyak faktor yang dapat menjadi penyebab utama gangguan pada bibir, khususnya bibir yang kering dan pecah – pecah. Beberapa diantaranya yakni alasannya yakni kondisi lingkungan, misalnya saja cuaca maupun suhu ruangan, kondisi badan yang alami penyakit tertentu, dan kebiasaan buruk.


Perlu diketahui juga bahwa, kondisi bibir kering dan pecah – pecah menjadi membuktikan bibir sedang kurang lembab, apalagi bibir tidak memiliki kelenjar minyak menyerupai kulit di potongan badan yang lain, sehingga bibir tidak dapat melumasi dirinya sendiri. Sehingga Anda pun harus lebih memperhatikan perawatan potongan ini supaya tetap sehat. Untuk mengatasi bibir kering dan pecah – pecah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda coba. Silakan di simak terlebih dulu dan praktekkan sendiri di rumah.
 larut niscaya akan sangat mengganggu kesehatan 5 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah - Pecah
5 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah - Pecah

5 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah – Pecah

Menggunakan potroleum jelly

Ini yakni materi yang paling efektif sekali untuk mengatasi bibir kering dan pecah – pecah. Bahan tersebut dapat dioleskan pada permukaan kulit, yang nantinya berkhasiat untuk melindungi kadar cairan di permukaan kulit. Sehingga kulit akan terjaga kelembabannya, juga membantu proses penyembuhan kalau terjadi luka di kulit tersebut. 

Menggunakan pelembab bibir dengan kandungan tabir surya

Ini penting sekali untuk menjaga kelembaban bibir Anda semoga tidak kering atau pun pecah – pecah. Anda dapat memakai pelembab bibir dengan kandungan tabir surya setiap beraktifitas di luar ruangan. Sebab, paparan ultraviolet cukup gampang menciptakan kulit bibir Anda jadi kering dan gampang terkelupas. 

Menghindari terpapar alergen 

Tips mengatasi bibir kering dan pecah – pecah yang selanjutnya yakni menghindari terpapar alergen. Apabila bibir Anda termasuk sensitif, maka Anda wajib menghindari terpapar alergen yang dapat memicu kambuhnya alergi. Salah satu pola dari alergen tersebut yakni produk kosmetik yang di dalamnya mengandung wewangian atau materi kimia tertentu.

Menghindari kebiasaan gonta – ganti lipstik 

Buat Anda yang memakai lipstik setiap harinya, maka Anda harus menghindari terlalu seringnya menggonta – ganti lipstik, khususnya untuk jenis lipstik matte. Sebab jenis lipstik ini menyebabkan bibir Anda semakin kering. Jika perlu, silakan gunakan pelembab di setiap sebelum dan sesuai memakai lipstik. Anda juga dapat gunakan petroleum jelly untuk hapus lipstik, sekaligus melembabkan bibir Anda.

Hindari menarik – narik kulit bibir yang mengelupas

Apabila bibir Anda terlihat mengelupas, maka Anda harus menghindari menarik – narik kulit bibir yang mengelupas tersebut. Karena yang demikian ini hanya dapat menciptakan bibir Anda berdarah. Solusinya, Anda dapat memakai scrub bibir untuk angkat sel – sel kulit mati. Bubuhkan saja di bibir Anda memakai jari, kemudian gosokkan secara lembut, dan gunakan pelembab bibir setelahnya. Anda bahkan dapat membuatnya sendiri dengan memakai madu atau pun petroleum jelly yang dicampur dengan sedikit gula.

Nah, itulah 5 tips mengatasi bibir kering dan pecah – pecah. Apabila Anda memang alami gangguan pada bibir yang cukup serius dan tak kunjung membaik, sebaiknya Anda eksklusif memeriksakan diri pada dokter. 
 
Top