Hidup sehat memang menjadi dambaan dari setiap orang, mengkonsumsi serat yang cukup merupakan salah satu dari cara menjaga keseimbangan tubuh supaya tubuh menjadi lebih sehat. membiasakan hidup sehat dan makan makanan 4 sehat 5 tepat juga dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Dikesempatan ini kami akan membahas wacana berapa pentingnya serat bagi tubuh dan macam-macam penyakit yang dapat menyerang tubuhmu ketika kau tidak mengkonsumsi serat secara cukup. Sebelum membahas wacana banyak sekali penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan serat ada baikknya jikalau anda mengetahui beberapa manfaat yang ada pada serat dan makanan atau buah-buahan apa saja yang kaya akan serat dan baik untuk kesehatan tubuh kita.



Banyak sekali yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, salah satunya yaitu dapat


1. Melancarkan pencernaan kita
Dengan mengkonsumsi serat yang cukup kita dapat terhindar dari banyak sekali penyakit gangguan pencernaan, salah satunya yaitu enyakit sembelit dan juga Maag

2. Menurunkan berat badanBagi anda yang kelebihan berat tubuh dan menginginkan tubuh yang kurus atau mendambakan tubuh yang ideal dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Memang banyak cara meningkatkan nafsu makan namun serat ini berfungsi sebaliknya, dengan mengkonsumsi serat tidak mengurangi nafsu makan tetapi juga tidak menambah nafsu makan. Serat berfugsi untuk membuat pencernaan menjadi lancar.

3. Menurunkan Kolestrol
Salah satu manfaat serat yang lainnya yaitu serat dapat membantu dalam menurunkan kolestrol tinggi, kolestrol yang tinggi tidak baik untuk tubuh kita. Untuk itu bagi anda yang terkena penyakit kolestrol dan ingin mengatasinya maka salah satu alternatifnya yaitu dengan menjaga referensi makan dan cukupkanlah kebutuhan tubuh dengan serat. Ketahuilah pula ciri-ciri kolesterol tinggi

4. Mencegah KankerSerat juga dapat mencegah terjadinya kanker, alasannya yaitu dengan mengkonsumsi serat dapat meningkatkan kecepatan dalam makanan melewati proses pencernaan sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya resiko penyakit kanker. Seperti kanker payudara, kanker rahim, ovarium dan juga kanker usus besar.

5. Menjaga Kesehatan JantungJantung merupakan salah satu anggota tuuh yang harus dijaga, alasannya yaitu jantung merupakan hal yang penting bagi tubuh kita, untuk itu degan mengkinsumsi serat juga dapat menjaga akan kesehatan jantung kita. Beberapa penelitian menyatakan bahwa ketika tubuh memiliki asupan serat yang tinggi dalam tubuh dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Ada beberapa hal yang dapat kau lakukan pula untuk menjaga kesehatan jantung mu diantaranya meliputi cara menjaga jantung supaya tetap sehat, cara menjaga kesehatan jantung dan olahraga untuk menguatkan jantung

6. Mencegah Penyakit Batu Empedu dan GinjalSerat juga dapat digunakan untuk mencegah kerikil empedu dan ginjal, dengan adanya serat dapat membantu kerja empedu dan ginjal sehingga ginjal dan empedu akan tetap sehat dan terjaga.

7. Mencegah StrokeBanyak peneliti yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi banyak serat akan membantu dalam menurunkan resiko seseorang terkena stroke. Dengan mengkonsumsi 25 gram serat setiap hari dapat membantu dalam pencegahan seseorang terkena stroke. Serat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan juga biji-bijian. Beberapa hal yang dapat menyebabkan stroke diantaranya darah tinggi dan Aneurisma

8. Merawat Kesehatan KulitKulit yang sehat, halus dan lembut menjadi dambaan setiap orang terutama pada kaum wanita, untuk itu jikalau anda menginginkan kulit yang halus, lembut dan sehat anda dapat mengkonsumsi serat dengan cukup, dengan melaksanakan hal ini dapat membantu anda menjaga kesehatan tubuh anda.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari kita mengkonsumsi atau memenuhi kebutuhan serat pada tubuh kita, degan mengkonsumsi serat secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan tubuh maka kita akan terhindar dari banyak sekali penyakit dan juga akan memperlancar tubuh dalam mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh kita. adapun beberapa makanan atau buah-buahan yang mengandung serat tinggi yaitu sebagai berikut.

Makanan dan Buah-buahan yang Kaya Akan Serat

1. Buah PepayaPepaya sangat dikenal dikalagan masyarakat, pepaya juga merupakan salah satu buah yang kaya akan serat dan dapat melancarkan buang air besar seain itu pepaya juga dikenal atau sering digunakan untuk merawat kulit supaya kulit menjadi lebih sehat dan kenyal. Sebab pepaya juga merupakan buah yang kaya akan serat.

2. Buah Pisangbuah juga merupakan salah satu buah yang terkenal di masyarakat selain rasanya yang enak nuah pisang juga dapat digunakan untuk dikonsumsi. Sebab buah pisang juga mrupakan salah satu buah yang memiliki banyak serat.

3. Buah ApelSiapa yang tidak kenal dengan buah apel ini, banyak sekali warna dan jenis buah apel, namun sama saja manfaatnya, bah apel juga memiliki kandungan serat yang banyak sehingga bah apel juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk makanan yang dapat dikonsumsi, dalam penyeimbanagn serat. (

4. BrokoliBrokoli mampu kita temui dalam makanan atau sayur sayuran, brokoli juga merupakan sayuran yang memiliki kaya akan serat, jadi brokoli juga sayuran yang dapat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

4. Buah SawoBuah sawo selain rasanya yang enak dan lezat ternyata buah sawo memiliki kandungan serat yang banyak, sehingga buah sawo menjadi buah yang dapat direkomendasikan untuk dikonsumsi supaya tidak kekurangan serat.

5. Buah AlpukatSelain untuk merawat kuli supaya tetap canting dan sehat ternyata buah alpukatini juga sangat efektif untuk memperlancar BAB karena buah ini memiliki kandungan serat yang lumayan banyak. Namun buah yang satu ini tidak direkomendasikan untuk diet alasannya yaitu buah alpukat ini memiliki tinggi lemak, meskipun demikian lemak yang ada dalam alpukat tersebut yaitu lemak yang baik.

6. Beras MerahSerat larut banyak ditemukan didalam beras merah, untuk itu beras merah juga dapat dikonsumsi sebagai salah satu makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi penyaki yang dapat disebabkan karena kurangnya serat.

7. Buah PirBuah pir sangat kaya akan air dan juga serat, buah pir merupakan buah yang memiliki kandungan serat yang banyak, selain rasanya enak buah pir dapat digunakan untuk memperlancar pembuangan racun yang ada dalam tubuh kita. Selain melancarkan pembuangan racun buah pir juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes.

8. Jagung
Jagung selain makanan yang rendah gula ternyata jagung juga merupakan makanan yang kaya akan serat.

9. Buah ManggaSalah satu buah yang dapat melancarkan BAB yaitu buah mangga. Selain rasanya yang manis dan enak buah mangga mengandung tinggi air dan serat sehingga buah mangga sangat direkomdasikan untuk dikonsumsi sebagai salah satu komplemen serat dalam tubuh kita.

10. Gandum UtuhSelain digunakan sebagai makanan pokok di eropa dan juga amerika gandum utuh memiliki serat yang tinggi, serat yang terdapat pada gandum utuh ini dapat diserap secara perlahan sehingga kita tidak akan mudah merasa lapar. Dan tubuh kita juga menjadi lebih sehat.

Itulah banyak sekali makanan yang dapat kita konsumsi untuk mencukupi kebutuhan serat pada tubuh kita, selanjutnya kai akan membuatkan wacana penyakit apasaja yang dapat menyerang tubuh kita disaat kita kekurangan serat.

Penyakit Akibat Kekurangan Serat

1. Sakit PerutKekurangan serat dalam tubuh dapat mengganggu proses pencernaan, dan menjadikan fases menjadi keras. Fases yang keras dapat menjadi salah satu penyebab saraf dan oto pada usus besar menjadi sensitif. Hal ini menyebabkan tidak semua makanan mampu masuk karena perut akan menolaknya dan juga dapat menimbulkan rasa sakit dan kram pada perut anda.

2. SembelitKekurangan serat memang merupakan salah satu faktor perut menjadi sembelit. Sembelit atau susah buang air besar disebabkan karena kekurangan serat dan kekurangan serat dapat menyebabkan fases menjadi keras.

3. MualMengkonsumsi makanan yang tidak seimbang dpat menyebabkna perut menjadi mual, mengkonsumsi banyak kalor dan protein dengan tidak diimbangi mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak membuat perut menjadi tidak enak hasilnya perut akan sering merasa mual.

4. Perut Terasa KembungSelain penyakit yang sudah dipaparkan diatas perut menjadi kembung juga merupakan salah satu penyebab dari kurangnya mengkonsumsi serat dalam tubuh.

5. Radang UsusBanyak sekali penyakit dan kerugian yang kita dapatkan ketika kita tidak menjaga kesehatan tubuh kita, dan juga ketika kita tidak melengkapi kebutuhan serat ada tubuh kita. Salah satu penyakit yang disebabkan karena kurangnya serat yaitu penyakit radang usus.

6. Radang Usus BuntuSelain radang usus, penyakit radang usus buntu juga dapat mengganggu kita ketika kita tidak mencukupi kebutuhan sera yang ada pada tubuh kita, untuk itu cukupkalah kebutuhan serat yang ada pada tubuh kita.

7. Radang LambungRadang usus, radang usus buntu dan masih ada radang-radang lainnya salah satunya radang lambung. Jika kita tidak segera mengatasinya maka hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan kita.

8. AmbeyenKurang serat dapat menyebabkan tidak lancarnya dikala kita melaksanakan buang air besar, untuk itu terkadang kita sering memaksakan supaya kita mampu BAB dengan cara mengedan terlalu berpengaruh hal ini dapat menyebabkan vena menjadi membengkak dan akhirnya terjadinya penyakit ambeyen.

9. WasirHampir sama dengan ambeyen penyakit wasir juga disebabkan karena pembengkakan yang terjadi pada vena didekat unus dan usus besar pada episode bawah.

10. KolestrolKurangnya serat memang menjadi faktor-faktor bermunculnya penyakit penyakit tertentu ibarat kolestrol. Kurangnya konsumsi serat dapat menyebabkan kadar kolestrol total dan kolestrol jahat meningkat pada darah hal ini dapat menyebabkan dislipidemia.

11. ArterosklerosisPenyakit ini disebabkan karena adanya penyempitan pada pembuluh darah atau arteri. Penyakit ini terjadi disebabkan karena kadar kolestrol yang tinggi dan kadar kolestrol dapat menjadi tinggi karena kurangnya konsumsi serat yang cukup. Untuk itu sangatlah dibutuhkan dalam mengkonsumsi serat yang cukup.

12. Berat Badan MeningkatDengan tidak memenuhi kebutuhan serat dapat meningkatkan berat tubuh kita, namun berat tubuh yang kurang sehat, karena kebutuhan serat tidak terpenuhi sehingga lemak-lemak menjadi mengumpul dan dapat menyebabkan obesitas bahkan menimbulkan banyak sekali penyakit lainnya.

13. HerniaHernia atau sering disebut turun berok juga merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena kurang serat. Turun berok merupakan penyakit yang disebabkan karena usus turun sehingga terjadinya benjolan pada selangkangan dan juga paha.

14. Penyakit Pembuluh DarahSelain penyakit penyakit diatas penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah juga dapat terjadi ketika kita kekurangan serat, penyakit ini antara lain jantung, stroke dan juga penyakit ginjal.

15. Kanker LambungKurang serat dapat menjadi salah satu faktor penghambat pengeluaran racun didalam tubuh sehingga racun-racun akan terkubur dan mengendap dalam tubuh terutama lambung, hal ini dapat menyebabkan kanker pada lambung.

16. Diabetes MilitusSelain penyakit diabetes biasa ternyata kekurangan serat yang sudah parah dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetis militus. Hal ini disebabkan karena kadar kolestrol tinggi dan gula darah yang sudah tidak dapat terkontrol.

17. Darah TinggiKekurangan serat dapat menyebabkan naiknya kolestrol dalam tubuh, sedangkan kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan tekanan pada dara, untuk itu darah akan menjadi tinggi.

18. Kurang terkontrol Gula DarahMakanan yang mengandung serat yang tinggi dapat membantu terkontrolnya gula darah, membiasakan makanan yang tidak mengandung serat dapat menjadikan gula darah menjadi tidak terkontrol. Contoh makanan yang rendah serat antara ain roti putih dan juga jenis makanan-makanan manis lainnya.


19. Kanker KolonSelain kanker lambung, kanker payudara, kanker rektrum ternyata kanker kolon juga dapar terjadi di dalam tubuh kita disebabkan karena kurangnya serat pada tubuh kita. Untuk itu sangat pentingnya dalam pencukupan kebutuhan serat dalam tubuh kita.


20. Kanker PayudaraKanker payudara juga dapat terjadi karena kekurangan serat dalam tubuh, kurangnya serat dapat menjadikan estrogen tdak terikat sehingga kanker payudara terjadi. Serat berfungsi dalam mengikat estrogen sehingga estrogen dapat terkontro pada susukan cerna.

21. Kanker RektrumKekurangan serat pada tubuh memang sangat berbahaya, alasannya yaitu kanker rektum juga merupakan salah satu dari penyakit akhir kurangnya serat.

22. ObesitasKurangnya serat menjadikan lemak-lemak yang ada dalam tubuh tidak dapat terserap dengan baik, lemak yang menumpuk menyebkan kita terkena penyakit obesitas.

23. JantungKesehatan jantung sangatlah penting untuk dijaga,salah satu cara menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengkonsumsi serat dengan cukup.

24. StrokeStroke memang banyak penyebabnya salah satu penyebab stroke yaitu kurangnya serat pada ubuh kita, stroke juga dapat menyebabkan kematian, supaya hal ini tidak terjadi maka jagalah kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang.

25. Kulit KusamSerat memiliki fungsi menjaga dan merawat kulit dengan mengkonsumsi serat secara cukup akan membantu dalam merawat kulit sehingga kulit menjadi tidak kusam.

26. Penyakit GinjalDari banyak sekali penyakit diatas salah satu penyakit yang dapat terjadi akhir kurangnya serat yaitu penyakit ginjal, untuk itu waspadalah dan tetap jaga keseimbangan dalam referensi makan kita.

Itulah beberapa gosip yang dapat kami sajikan terkait dengan serat, dari buah yang kaya akan serat, penyakit yang disebabkna akhir kurang serat, dll. Untuk menjadikan tubuh tetap sehat maka jagalah referensi makan dan cukupkanlah kebutuhan serat pada tubuh kita.
 
Top