Kesehatan Reproduksi Wanita Usia Subur & Cara Tepat Menjaganyadiabetes mellitus , pemakaian anti biotik , darah haid , cairan mani , penyemprotan cairan kedalam organ reproduksi wanita (dounching) dan gangguna hormon (pubertas , menopause atau Tidak semua kista ovarium mengganggu kesuburan wanita.

Perawatan organ intim wanita remaja :

Hal terbaik untuk membersihkan tempat organ reproduksi kewanitan dengan cara membasuhnya memakai air bersih. Dalam membasuh tempat kewanitaan kita ada satu hal yang harus diperhatikan terutama setelah buang air besar (BAB) yaitu membasuhnya dari arah depan ke belakang (dari organ reproduksi wanita kea rah anus) bukan sebaliknya. Mengapa demikian?? Kuman dari tempat anus akan terbawa ke depan dan dapat masuk kedalam organ reproduksi wanita apabila kita terbalik arah membasuhnya.

Sebaiknya menggunakan sabun yang lunak (dengan pH3 ,5) misalnya sabun bayi yang biasanya ber pH netral apabila untuk membersihkan darerah in intim dengan menggunakan sabun.

Bagaimana dengan sabun pembersih khusus organ reproduksi wanita?

Sebaiknya pemakaian banyak sekali jenis pembersih organ reproduksi wanita dihindari oleh kita. Sebab bergotong-royong didalam organ reproduksi wanita kita telah ada suatu mekanisme alami semoga keseimbangan keasaman vaniga kita akan dapat dipertahankan. Bakteri normal yangsecara alami terdpaat dalam organ reproduksi wanita kita memperankan mekanisme ini. Bakteris baik didalam organ reproduksi wanita akan mati dan justru menjadikan kuman jahat yang dapat menimbulkanpenyak berkembangbiak apabila keseimbangan tersebut terganggu.

Sebaiknya hanya dibagian luarnya saja apabila kita membersihkan tempat kewanitaan dengan sabun. Misalnya bagi wanita yang sudah bersumai , untuk mengembalikan keasman organ reproduksi wanita maka setelah berafiliasi suami istri , kita boleh menggunakan pembersih organ reproduksi wanita. Karena sifat sperma laki laki yakni basa. Tetapi sekali lagi dan dipastikan dibagian luarnya saja , jangan episode dalam organ reproduksi wanita disemprot.
Sebaiknya sabun bayi yang digunakannya karena ph yang dimiliki sabun bayi biasanya netral. Hendaklah dibasuh dengan air hingga bersih (sampai tidak ada lagi sisa sabun yang tetinggal) setelah memakai sabun. Sebab penyakit akan timbul bila masa ada sisa sabun yang tertinggal. Setelah dibasuh , dengan handuk atau tissue untuk mengeringkan tapi jangan digosok-gosok.

Juga tidak duanjurkan untuk pemakaian pantyliner setiap hari secara terus menerus. Sebaiknya patyliner hanya dipakai ketika keputihan banyak saja dan pantliner yang berparfum yang sebaiknya jangan dipilih karena iritasi kulit dapat timbul. Lebih baik kita membawa celana dalam untuk ganti daripada memakai pantyliner.

Begitu juga sebaikanya pembalut yang tidak mengandung gel dalam pemilihan pembalut wanita. Sebab iritasi mampu timbul karena gel dalam pembalut kebanyaknya dan rasa gatal juga mampu timbul.

Baca juga : Ketahui cara mengobati keputihan yang gatal secara alami tradisional.

Kapan saatnya kita mengganti pembalut?

Sebaiknya kita segera mengganti pembalut kita bila dipermukaan pembalut telah ada gumpalan darah. Walaupun kita ganti pembalutnya gres saja. Alasannya yakni karena tempat yang sangat baik untuk perkembangan kuman dan jamur yakni di permukaa pembalut yang terdapat gumpalaan darah.

Bagaimana cara membersihkan bulu organ reproduksi wanita yang benar?

Pada prinsipnya tidak boleh dengan cara mencabutnya untuk membersihkan bulu tempat kemaluan. Karena , lubang akan timbul pada bekas cabutan tersebut bila kita mencabut bulu kemaluannya , dan bagi kuman/bakteri dan jamur mampu menjadikan lubang ini sebagai jalan masuknya serta selanjutnya iritasi dan penyakti kuli didaerah tersebut akan timbul atas jawaban dari hal tersebut. Dapat menjadi tempat tumbuhnya kutu , bakteri/kuman serta jamur bila bulu kemaluan yang terlalu lebat (yang tidak pernah dirapikan) , dan pada kesudahannya banyak sekali macam penyakit dapat timbul.

Bisa dengan memendekan saja untuk merapikannya. Misalnya dengan menggunakan gunting , untuk mempendekakan kira kira setengan sentimeter atau dengan mencukurnya tapi hendaknya mampu menggunakan busa sabun terlebih dahulu dan menggunakan alat cukur khusus yang lembut , tapi alat cukur tersebut sebelumnya sudah kita cuci terlebih dahulu dengan sabun dan disiram air panas. Alat cukur dicuci kembali dan disimpan ditempat yang bersih dan kering setelah menggunakan alat cukur tersebut. Dan jangan disimpan ditempat yang lembah karena jamur dan kuman mampu tumbuh. Serta dalam menggunakan alat cukur jangan secara bergantian meskipun dengan suami kita sendiri.

Beberapa jenis gangguan kesehatan reproduksi wanita:

Berikut ini yakni beberapa jenis gangguan yang terjadi pada kesehatan reproduksi wanita , yang perlu anda ketahui secara jelas. Sebab pada organ reproduksi wanita sangat rentan sekali terkena banyak sekali serangan penyakit ataupun virus yang sangat membahayakan tubuh bila terlambat mendiagnosa dan mengobatinya.

1.Siklus Menstruasi Tidak Teratur
Istilah menore primer dan sekunder yakni sebutan untuk jenis gangguan siklus menstruasi wanita. Dimana pada khasus amenore primer ini yang terjadi yakni gangguan menstruasi yang belum terjadi , dimana seharusnya wanita tersebut sudah mencapai usia untuk  mengalami siklus menstruasi secara normal. Sedangkan pada kasus amenore sekunder , yang terjadi yakni perempun sudah mengalami siklus menstruasi namun kemudian menstruasi tersebut terhenti hingga dalam kurun waktu 3 hingga 6 bulan lamanya.

2.Gangguan Endometriosis
Pada jenis gangguan kesehatan reproduksi wanita ini , akan menjadikan wanita mengalami rasa nyeri pada episode pinggang atau pada episode perut , dan bahkan mencicipi rasa nyeri dikala mengalami menstruasi. Hal ini disebabkan karena pada jaringan endometriosis yang berada di luar jalur bergotong-royong , atau lebih tepatnya pada ovarium perempuan.

3.Kanker pada sistem reproduksi
Beberapa jenis kanker yang menyerang system reproduksi wanita ibarat kanker rahim , kanker serviks , dan jenis kanker lainnya harus sebisa mungkin dapat dideteksi semenjak dini. Belum diketahui secara pasti apa penyebab bergotong-royong dari penyakit kanker ini , namun virus yakni penyebab serangan utama kanker ini. Dimana pada episode serviks terjadi pertumbuhan sel yang tidak wajar , yangpada kesudahannya akan menjadi akar pertumbuhan kanker yang sangat mematikan.

4.Infeksi pada Bagian V@gina
Pada episode v@gina jikalau terjadi nanah maka akanmemberikan dampak yang negative pada kesehatan reproduksi wanita. Sebab pada kesudahannya nanah ini akan sering menimbulkan keputihan , dimana organ kewanitaan akan mengeluarkan wangi yang tidak sedap dan diserai dengan rasa yang sangat gatal.Jika tidak segera diatasi dengan serius nanah ini , maka ditakutkan akan menjadikan dampak yang lebih dalam dan berbahaya lagi.

5.Infertilisasi pada Sistem Reproduksi
Gangguan kesehatan wanita ini sangat berbahaya , karena dampak yang ditimbulkan dari infertilisasi yakni kemandulan. Yaitu suatu kondisi dimana system reproduksi wanita tidak dapat mengalami masa subur , sehingga tidak akanmungkin mampu mengalami dan terjadi pembuahan. Sangat menjadi momok yang seram bgi wanita khususnya hal ini karena berperngaruh untuk menerima keturunan nantinya. Banyak yang menjadi karena infertilisasi system reproduksi dimana salah satunya yakni contoh makan yang tidak baik atau mengkonsumsi makanan tidak sehat atau mampu juga dikarenakan mengalami stress yang sangat buruk pada diri.

6.Gangguan Condiloma Accuminata
Gangguan kesehatan reproduksi yang berikut ini muncul karena adanya virus human papiloma , dimana hal ini akan berdampak munculnya daging ibarat kutil yang tumbuh semakin besar. DImana pada kahirnya akan menjadi alasan pertumbuhan munculnya kanker pada ekspresi rahim atau kanker serviks.

7.Gangguan Mola Hidalidosa
Gangguan reproduksi ini sering disebut dengan hamil anggur , yaitu suatu kondisi dimana seorang perempuan mengalami gejala ibarat hamil , namun tidak ditemukan adanya tertumbuhan janin dalam rahim. Dan biasanya yag ditumakan yakni munculnya gelembung atau mola darah yang mengalami pembekuan. Harus segera diambil tindakan lebih lanjut apabila perempuan mengalami hamil anggur ini , karena hal ini bertujuan semoga tidak terjadi dpendarahan yang andal dan berujung pada kematian.

Hindari penyebab munculnya kanker rahim:

Terkadang kebiasaan yang sering anda lakukan ,secara tidak anda sadari dapat memicu munclnya penyakit kanker rahim. Ini mungkin bukan salah sepenuhnya anda , tetapi karena ketidak tahuan anda dalam menjaga dan merawat organ kewanitaan yang sangat penting sekali semoga selalu bersih dan jauh dari kuman. Dan tahukah anda? salah satu kebiasaan yang mampu saja sering anda lakukan yakni terlalu sering mencuci v@gna dengan antiseptik. Pdahal hal tersebut bukan merupakan suatu saran yang harus dilakukan dari dokter.

Contoh hal lainnya yang mungkin saja pernah anda lakukan yakni sering menaburkan bedak pada v@gina , dimana hal ini akan dapat memicu munculnya kanker rahim. Sangat penting sekali hal ini anda ketahui semoga ke depan anda dapat mencegah kembali terulah melaksanakan kesalahan yang mungkin saja mampu dianggap sepele , namun berdampak besar pada tubuh. Nah , beberapa kebiasaan ini harus mulai anda tinggalkan semoga anda dapat terhindar dari kanker rahim yang sangat berbahaya tersebut.

a).Merokok
Nikotin pda prinsipnya mempermudah semua selapt lendir sel sel tubuh menjadi bereaksi atau terangsang. Terutama pada episode tubuh tenggorokan ,paru paru , dan leher rahim. Jika anda semakin banyak menghisap nikotin , maka semakin banyak juga yang akan disrap oleh tenggorokan anda , dan hal tersebut akan berakibat semakin besar kemungkinan ketiga organ dalam anda tersebut akan terkontaminasi oleh nikotin ini.

b).Pembersihan v@gina
berbagai merek antiseptik pembersih khusus vagina biasanya dipasarkan dengan iklan yang sangat menggoda. Namun tahukah anda? iritasi pada leher rahim dapat dirimbulkan dari materi kimia yang terdapt pada antiseptik tersebut. Seringnya banyak wanita yang terpengaruhi karena dengan obat antiseptik ini yang kono dapat membasmi kuman hingga level paling teratas. Padahal faktanya kuman yang terdapat pada tempat kewanitaan tersebut yang biasa disebut dengan basillus doderlain seharusnya berfungsi untuk menjaga kelembapan dalam v@gina , karena menghasilkan asam laknat. Sehingga apabila menggunakan antiseptik sama saja dengan membunuh kuman penting tersebut.

c).Menaburi bedak pada v@gina
Tentunya kesejukan akan selalu membawa efek samping yang baik bagi kita , terutama anda yang selalu menjaga kebersihan dari organ kewanitaan anda. Dimana anda biasanya menginginkan aroma yang wangi dan harum dari organ kewanitaan anda tersebut , dan mampu saja anda menaburi v@gina anda dengan menggunakan bedak. Namun tahukah anda? dengan menaburi bedak pada organ kewanitaan sama saja memberi resiko terkena kanker ovarium / indung telur. Sebab jikalau ada 1 butir dari bedak yang menempel , maka dapat menimbulkan nanah dan menimbulkan luka di ovarium.

d).Diet rendah lemak
Dalam memproduksi hormon estrogen , lemak memegang peranan penting. Sebab jikalau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak ,  maka hormon estrogen pun semakin banyak.  Jika endometrim / tubuh rahim terpapar oleh hormon ini , maka akan cepat sekali berubah wujud menjadi kanker. Kaprikornus itulah sebabnya mengapa contoh amakan sangat berkaitan dnegan kemungkinan anda mengidap penyakit  kanker.

Dan pencegahan terbaik untuk menghindari kanker rahim yakni dengan melaksanakan pemeriksaan secara teratur di laborat semoga dapat dideteksi sedini mungkin apabila anda mengalami gangguan kesehatan reproduksi anda.

Tips cara merawat organ reproduksi wanita :

  • Secara teratur mandi dengan organ reproduksi wanita yang dibasuh dengan air hangat dan sabun yang lembut.
  • Sebelum menyentuh organ reproduksi wanita cuci tangan terlebiih dahulu
  • Selalu cebok setelah buang air besar dan kencing dengan arah dari depan kebelakang (ke arah anus ) jangan arah sebaliknya karena kuman dari anus akan terbawan ke organ reproduksi wanita karena hal ini.
  • Celana dalamm yangbersih dan terbuat dai materi katun (100%) selalu digunakannya. Bahan lainnya ibarat nylon dan polyester menjadikan gerah dan panas dan menjadikan lembab pada organ reproduksi wanita. Bakteri dan jamur sangat menyukai dalam kondisi (lembab) untuk berkembang biak.
  • Penggunaan materi deodoran , cairan pembasuh (douches) , sabun yang keras , serta tissue yang berwana dan berparfum harap dapat dihindari ,
  • Handuk atau waslap milik orang lain juga harap dapat dihindari untuk menggunakannya semoga v@gina kita kering
  • Untuk menghindari kelembaban yangberlebihan di tempat organ reproduksi wanita maka sebagian dari rambut kemaluannya mampu dicukur atau dipendekkan
 
Top