Manfaat Beras Merah Sebagai Makanan Sehat Pendamping ASI BayiBeras merah merupakan salah satu sumber nutrisi yang dapat melengkapi kecukupakan asupan gizi untuk si buah hati. Sehingga pilihan beras merah sebagai materi makanan yang sempurna ntuk si buah hati sangat disarankan untuk menawarkan variasi nutrisi yang sehat. Dengan variasi nutrisi menyerupai beras merah pada menu MPASI maka akan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan buah hati anda. Selain itu manfaat sehat beras merah akan menunjang kesehatan buah hati. Sejak dahulu beras merah sudah menjadi makanan pendamping ASI yang dipakai oleh para ibu.

Beras merah merupakan pilihan yang sempurna untuk materi makanan bayi sebab mengandung aneka macam zat gizi yang baik untuk nutrisi buah hati , menyerupai apa manfaat sehat beras merah sebagai makanan pendamping ASI untuk si buah hati ?? Berikut ini ulasan mengenai manfaat sehat beras merah sebagai makanan pendamping ASI.

Beras merah mempunyai manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan beras putih. Makanan sehat dan bergizi yang mengandung asam folat tinggi 
  • Makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki kegunaan untuk mencerdaskan otak dan janin 
  • Makanan sehat bergizi untuk ibu hamil trimester pertama
  • Cara mencegah anemia dan makanan untuk penambah darah
  • Makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk ibu menyusui dan bayi yang sehat

  • Berikut cara membuat tepung beras merah :

    1. Sebelum dijadikan tepung , anda dapat merendam beras merah terlebih dahulu menggunakan air bersih. Rendamlah beras merah selama 24 jam hingga beras merah pecah kulitnya. Beras merah yang sudah pecah kulit mempunyai kandungan zat besi , seng dan kalsium yang akan mudah diserap oleh badan bayi.
    2. Setelah tahap perendaman beras merah , kemudian basuh bersih beras merah dan tiriskan
    3.  Untuk membuat tepung beras merah , anda dapat menggunakan ulekan untuk menumbuk beras merah hingga menerima beras merah yang halus menjadi tepung beras metah.
    4. Setelah menerima tepung beras merah , untuk mengawetkannya anda mampu menjemur tepung beras merah ini dibawah terik matahari untuk mengurangi kadar airnya. Hal ini bertujuan untuk mengawetkan tepung beras merah ini.
    5. Terakhir , simpan tepung beras merah ini kedalam wadah yang kedap udara menyerupai toples atau kaleng dan tutup rapat.

    Tepung beras merah ini akan membantu anda dalam mempersiapkan MPASI bagi buah hati anda. Untuk penyajiannya gua akan memberikan  resep makanan untuk buah hati anda menggunakan materi utama tepung beras merah tadi. Berikut ini resep membuat bubur beras merah dan tempe sebagai pilihan menu untuk buah hati anda. Berikut materi dan cara membuat bubur beras merah tempe sebagai sajian untuk buah hati anda :


    Bahan yang diperlukan :

    • 3 sendok makan tepung beras merah
    • ½ potong  tempe yang sudah di kukus lalu potong dadu
    • 100 ml kaldu ayam atau mampu diganti dengan kaldu sapi

    Cara membuat MPASI beras merah:

    • Masak air kaldu kemudian campurkan 3 sendok makan tepung beras merah
    • Campurkan tempe yang dipotong kemudian masak hingga semua materi matang
    • Jika semua materi sudah matang , angkat lalu sajikan dalam keadaan hangat

    Sangat mudah bukan membuat sajian dari materi beras merah untuk diberikan pada buah hati anda. beras merah merupakan salah satu pilihan sempurna bagi anda yang ingin menambah variasi MPASI bagi si buah hati. Zat gizi dari beras merah dapat meningkatkan perkembangan otak dan membantu bayi untuk asupan nutrisi yang baik untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan si buah hati sehingga menimbulkan buah hati anda tetap sehat dan bertumbuh dengan baik.
     
    Top