Makanan


Usus buntu merupakan salah satu penyakit yang sering kali menyerang beberapa orang. Jenis penyakit yang satu ini juga termasuk penyakit berbahaya dan ditakuti oleh banyak orang.  Tentu saja ada makanan yang menjadi penyebab sakit usus buntu yang penting untuk diketahui.

Usus buntu sendiri merupakan organ yang memiliki bentuk hampir sama dengan tabung kecil dan tipis. Ukurannya 5 cm hingga 10 cm, terhubung dengan usus besar dan berada sempurna di daerah kotoran atau tinja.

Penyakit ini juga memiliki ciri-ciri khusus menyerupai peradangan dan pembengkakan yang dapat menjadikan komplikasi.

Biasanya penyebab usus buntu terjadi karena adanya penyumbatan dari sisa makanan. Selain itu, penyebab usus buntu juga karena terjadinya infeksi virus gastrointestinal, tumpuan makan yang buruk dan biji dari buah-buahan hingga biji cabai.

Makanan yang menjadi penyebab dari usus buntu sendiri mulai dari:


Makanan yang digoreng
Daging instan
Daging unggas
Makanan yang dibakar langsung
Makanan pedas
Makanan yang mengandung vetsin
Makanan yang mengandung garam tinggi
Popcorn
Makanan rendah serat

Makanan yang menjadi penyebab sakit usus buntu yaitu gorengan, sehingga jenis makanan ini harus dihindari karena berbahaya untuk kesehatan. Makanan yang digoreng dapat memicu usus buntu, memicu kanker dan sel perusak pada badan manusia.

Sedangkan makanan yang dibakar eksklusif menyerupai sate atau ikan bakar juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Makanan yang dibakar menggunakan arang ini dapat membawa zat kima pada arang dan menempel pada makanan. Hal ini disebabkan karena debu arang akan menempel pada makanan, sehingga sangat berbahaya karena dapat menjadikan duduk perkara kesehatan menyerupai usus buntu tersebut.

Untuk konsumsi daging instan dan daging unggas juga dapat menjadikan usus buntu. Daging instan biasanya menggunakan materi pengawet dan perasa buatan yang dapat meningkatkan kadar karsinoksigen dalam tubuh. Sedangkan daging unggas biasanya masih anak-anak untuk dikonsumsi, penggunaan daging ini biasanya menggunakan vaksin.

Makanan yang menjadi penyebab usus buntu berikutnya ialah makanan yang mengandung vetsin dan garam tinggi. Kedua materi ini sering ada pada mi instan, penyedap rasa dan bumbu instan lainnya. Makanan dengan zat tersebut juga dapat memicu munculnya kanker ganas.

Gejala Usus Buntu

Gejala dari usus buntu ini mulai dari adanya rasa sakit pada ulu hati yang akan berpindah ke episode perut hingga episode bawah sebelah kanan.

Selain itu gejala lainnya juga dapat dilihat dengan adanya rasa sakit pada perut episode bawah sebelah kanan, perut menjadi membesar atau terjadi pembengkakan. Penderita juga akan mengalami mual menyerupai penyakit vertigo dan hilangnya nafsu makan. Oleh karena itu kita perlu menghindari makanan yang menjadi penyebab sakit usus buntu.

Tidak hanya itu saja, penderita juga akan mengalami diare. Jika tidak segera diobati maka penderita akan mencicipi sakit yang luar biasa, perut akan terasa sangat sakit. Saat usus buntu mulai meradang dan abses maka suhu badan juga akan ikut meningkat atau demam.
Rasa nyeri dan sakit yang dirasakan penderita akan semakin bertambah ketika batuk, berjalan hingga ketika bergerak memutar. Penderita juga akan sulit buang gas dan perut menjadi kembung.


Mencegah Usus Buntu

Untuk mencegah usus buntu, dapat dengan mengkonsumsi makanan yang berserat, jangan menahan buang air besar dan perbanyak konsumsi air putih.

Dengan tidak mengkonsumsi makanan yang menjadi penyebab sakit usus buntu tersebut maka kita juga dapat terhindar dari penyakit usus buntu atau penyakit lainnya. Karena kebiasaan konsumsi makanan berserat dan konsumsi air putih secara cukup dapat menghindari penumpukan gas dalam usus dan bengkak.
 
Top