Cara


Kesehatan anak merupakan hal utama yang selalu dijaga oleh para orang tua. Namun sering kali datangnya penyakit memang tidak mampu diduga, salah satunya ialah demam. Apa lagi anak kecil memang rentan terhadap demam, sehingga orang renta harus berakal memilih cara menurunkan panas anak dengan cepat tanpa obat supaya ketika remaja badan anak tidak kebal terhadap obat.

Demam merupakan mekanisme alami badan ketika ada benda abnormal yang menyerang dan dianggap membahayakan tubuh. Ada banyak faktor penyebab demam, sehingga kita tidak boleh sembarangan menunjukkan obat penurun demam bila memang belum terlalu diperlukan.


Cara Menurunkan Panas Anak dengan Cepat Tanpa Obat


1. Cegah Dehidrasi
Pada ketika demam, badan lebih cepat kehilangan cairan sehingga pada masa ini asupan cairan dari luar sangat dibutuhkan. Pastikan anak cukup minum supaya badan mereka tidak kekurangan cairan, alasannya dehidrasi berbahaya apa lagi bila dialami oleh anak-anak. Usahakan anak untuk minum paling tidak satu gelas air putih setiap satu jam.

Menstabilkan cairan badan bukan hanya dengan cara minum air putih saja, cairan mampu didapatkan dari buah-buahan segar, sup maupun jus sayuran. Namun jangan berikan minuman yang memiliki sifat diuretik menyerupai teh maupun kopi alasannya jenis minuman menyerupai ini malah membuat badan semakin cepat mengeluarkan cairan.

2. Kompres dengan Air Hangat
Air hangat terbukti lebih efektif menurunkan demam bila dibandingkan dengan air dingin. Karena air hangat akan membuka pori-pori dan mempercepat menurunnya suhu tubuh. Ganti kain yang sudah mulai hambar dengan kain hangat gres hingga suhu badan anak kembali normal.

Sekarang juga sudah banyak plester penurun panas yang dijual di apotek. Anda mampu menggunakannya sebagai pengganti dari kompres air hangat. Pilihlah yang kandungannya tidak menjadikan iritasi kulit bagi anak Anda.

3. Gunakan Pakaian yang Sejuk
Masih banyak orang renta yang salah kaprah dalam memilih pakaian anak ketika mereka demam. Banyak orang renta yang memakaikan pakaian tebal dan serba tertutup sebagai cara menurunkan panas anak dengan cepat tanpa obat. Mereka berpikir dengan pakaian yang tebal tersebut badan anak akan semakin cepat mengeluarkan keringat sehingga demam mampu turun.

Padahal pakaian terbaik ketika anak sedang demam ialah justru pakaian berbahan tidak terlalu tebal dan sejuk ketika digunakan. Pakaian jenis ini memudahkan sirkulasi udara sehingga badan mampu menyesuaikan dengan suhu lingkungannya dan demam mampu cepat turun.

4. Mandi dengan Asam Jawa
Campur air asam jawa dengan air hangat dan gunakan untuk mandi si kecil. Perpaduan air hangat dan air asam jawa sangat efektif untuk meredakan demam alasannya sifatnya yang mendinginkan. Agar lebih efektif, setelah mandi berikan buah hati anda minuman sari asam jawa guna membantu tubuhnya kembali mencapai suhu normal.

5. Konsumsi Vitamin C
Sifat vitamin C yang memiliki anti inflamasi juga mengagumkan sebagai cara menurunkan panas anak dengan cepat tanpa obat. Anda mampu menunjukkan minuman yang mengandung vitamin C maupun mengambil manfaat vitamin ini dari buah-buahan menyerupai kiwi, apel dan jeruk.

6. Istirahat yang Cukup 
Istirahat memang obat terbaik untuk segala penyakit. Dengan istirahat yang cukup, stamina terjaga dan mampu membantu badan untuk bekerja dengan baik. Melakukan pencegahan tentu lebih baik dari pada harus mengkonsumsi obat ketika sakit melanda. Mencari cara menurunkan panas anak dengan cepat tanpa obat pabrikan dengan memakai materi herbal serta metode tradisional mampu dipilih sebagai alternatif.
 
Top