Bahaya

Ada begitu banyak hal yang menjadikan mengapa seseorang sering terlambat makan dimalam hari, bahkan alasannya ialah saking sibuknya terkadang ada beberapa orang yang makan malam diatas jam 9 malam. Hal ini tentu saja tidak mengagumkan untuk kesehatan tubuh kita alasannya ialah makan malam yang mengagumkan itu seharusnya pukul 7 malam. Dengan begitu maka kita punya waktu jeda beberapa jam sebelum tidur malam.

Nah, kalau kita makan malam saja sudah diatas jam 9 malam. Maka jeda waktu sehabis makan dan tidur malam akan menjadi sangat pendek. Lebih parahnya lagi ada beberapa orang yang sering melaksanakan kebiasaan buruk yaitu sehabis makan malam eksklusif tidur. Meskipun terlihat sepele tetapi apabila kebiasaan buruk menyerupai ini terus dilakukan maka bukan tidak mungkin lama-kelamaan mampu mengundang penyakit.

Berikut setidaknya ada 4 ancaman yang mampu menyerang kesehatan Anda apabila terus - menerus melaksanakan kebiasaan eksklusif tidur sehabis makan.

1. Membuat Anda Kaprikornus Gendut
Apakah di sini ada yang pengen jadi gendut ? hayo angkat tangan jangan malu-malu. Jika pertanyaan diatas ditanyakan pada setiap orang tentu saja mereka akan menjawab bahwa mereka tidak ingin menjadi gendut. Karena tubuh yang gendut akan membuat mereka menjadi kurang percaya diri.

Nah, kalau kalian tidak mau gendut atau gemuk maka perbanyaklah berolahraga dan hentikan kebiasaan eksklusif tidur sehabis makan malam. Seharusnya kita tidak boleh eksklusif berbaring atau tidur ketika selesai makan malam, alasannya ialah hal ini mampu menjadikan terjadinya penumpukan lemak pada tubuh. Lama-kelamaan lemak yang bertumpuk dan terus bertambah akan menjadikan berat tubuh Anda menjadi naik. Anda akan terlihat semakin gendut, bahkan lebih parahnya lagi mampu mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Maka dari itu, sehabis makan malam jangan eksklusif buru-buru untuk tidur. Cobalah untuk duduk sejenak setidaknya ada jeda 2-3 jam sehabis makan, kemudian setelah itu silahkan tidur.

2. Membuat Perut Terasa Penuh
Tidak enaknya tidur sehabis makan malam yaitu sering kali membuat perut kita terasa seakan penuh sehingga terkadang membuat kita menjadi sulit untuk bernapas. Kadang-kadang juga membuat perut menjadi tegang menyerupai kram. Hal ini akan membuat kita menjadi kurang nyaman dan kesulitan untuk tertidur.

3. Refluk Asam
Kemudian selanjutnya, ancaman eksklusif tidur sehabis makan malam juga mampu menjadikan Anda terkena refluk asam. Refluk asam atau biasa yang disebut dengan Gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat terjadi alasannya ialah katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup sepanjang jalan.

Dengan begitu maka asam lambung akan naik ke tonggorokan, dimana hal ini akan menjadikan rasa panas menyerupai terbakar pada dada kita. Sering kali, sensasai rasa terbakar tersebut naik ke tenggorokan kita.


4. Bisa Memicu Sakit Maag
Memang ketika selesai makan akan membuat kita menjadi sangat ngantuk. Ketika pertama membaringkan tubuh dan akan tidur terasa enak sekali. Namun tahukah Anda bila itu hanya bersifat sementara, alasannya ialah ketika kita sedang tertidur maka sistem pencernaan yang ada didalam tubuh kita sedang bekerja keras mencerna makanan yang kita konsumsi tadi.

Langsung tidur sehabis makan malam akan menjadikan tubuh kelebihan asam lambung, dimana hal ini mampu memicu timbulnya sakit maag.

5. Stroke
Kemudian yang terakhir yaitu mampu memicu timbulnya penyakit stroke. Para peneliti menemukan dan telah menguji pada 500 orang sehat, dimana orang-orang yang sering melaksanakan kebiasaan eksklusif tidur sehabis makan malam memiliki resiko terkena penyakit stroke.

Teori pertama menyebutkan hal ini terjadi alasannya ialah refluks asam lebih mungkin menjadikan apnea tidur, yaitu henti napas ketika tidur yang dapat meningkatkan risiko stroke.

Teori lain menjelaskan bahwa hal ini terjadi alasannya ialah sistem pencernaan bekerja keras sehingga dampaknya meningkatkan tekanan darah, kadar gula darah dan mungkin juga mensugesti kolesterol yang meningkatkan peluang stroke. Namun penelitian lebih lanjut diharapkan untuk mengkonfirmasi temuan ini.


Itulah beberapa ancaman yang mengintai Anda bila terlalu sering melaksanakan kebiasaan buruk ini. Maka dari itu ada baiknya mulai dari sekarang Anda berhenti melaksanakan kebiasaan buruk tersebut dan mulai menjalani contoh hidup sehat. Semoga gosip ini bermanfaat !
 
Top