Bau ekspresi merupakan hal yang sangat mengganggu, terutama dalam pergaulan. Bau tak sedap dari ekspresi Anda dapat menjadikan anda tersisih dalam pergaulan. Dan juga dapat membuat anda kehilangkan kepercayaan diri. Bayangkan saja anda sudah tampil rapi dan gantang/cantik tetapi orang menutup hidung dan memalingkan wajah saat Anda berbicara.

Penyebab Bau Mulut


Bau ekspresi mampu disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya sebagai berikut:

1. Makanan
BauBeberapa jenis makanan yang berbau tajam dapat menjadikan amis ekspresi tak sedap. Diantaranya durian dan bawang putih. Melewatkan sarapan pagi juga dapat menjadikan amis tak sedap pada ekspresi anda.

2. Masalah ginjal dan hati
Ketika hati dan ginjal bermasalah, jumlah basil dalam ekspresi akan meningkat. Hal inilah yang menjadikan amis mulut. Jadi, hati-hati saat amis ekspresi Anda tidak kunjung sembuh, mampu jadi ada persoalan pada kedua organ ini.

3. Masalah mulut
Beberapa persoalan di ekspresi ibarat sariawan dan gusi berdarah dapat menjadikan amis ekspresi tak sedap. Infeksi pada jalan masuk tenggorokan juga dapat menjadikan lendir dan bercampur dengan basil penyebab amis mulut.

4. Rokok dan alkohol
Kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol dapat menjadikan produksi air liur menurun. Padahal, fungsi air liur ialah membunuh basil di sekitar mulut. Akibatnya terjadi amis ekspresi tak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

Selain menghindari penyebabnya, Anda juga mampu melaksanakan beberapa tips berikut ini untuk mengatasi amis ekspresi tak sedap:

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut
Menyikat gigi dua kali sehari dengan benar dapat membantu Anda mengatasi persoalan amis mulut. Bisa juga dibarengi dengan obat kumur untuk menghilangkan basil di ekspresi dan tenggorokan. Namun jangan terlalu sering menggunakan obat kumur karena dapat mengurangi produksi air liur.

2. Sayuran dan Buah-buahan
Memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan dapat melancarkan pencernaan dan merangsang produksi air liur. Seperti yang kita ketahui air liur merupakan pembunuh basil yang alami. Buah apel dan stroberi merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk mengatasi amis mulut.

3. Secangkir teh
Sebuah studi mengungkapkan bahwa meminum secangkir teh setiap hari, baik itu teh merah ataupun teh hijau dapat mengatasi amis ekspresi tak sedap. Kedua jenis teh ini mengandung polifenol, yaitu sejenis antioksidan yang dapat membunuh basil di mulut.

4. Kayu manis dan madu
Mengkonsumsi satu sendok makan madu dan kayu manis setelah sarapan pagi, dapat membantu menjaga kesejukan ekspresi seharian penuh.

5. Herbal alami
Rempah-rempah ibarat cengkeh, adas, atau biji adas, dapat menghilangkan amis mulut. Setelah makan, jangan lupa untuk mengunyah cengkeh, adas, atau biji adas semoga napas kembali segar.

6. Permen mint dan hazelnut
Mengunyah permen mint, permen karet dan hazelnut dapat membantu Anda menjaga kesejukan ekspresi serta mencegah amis ekspresi tak sedap.

7. Makanan penyebab amis mulut
Selain menjaga kesehatan pencernaan dan mengkonsumsi sayuran, Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan yang dapat menjadikan ekspresi berbau. Termasuk bawang merah, cabai, pete, durian dan bawang putih.

Oke, itu beliau beberapa cara untuk mencegah, mengatasi dan menghilangkan amis mulut. Semoga bermanfaat.
 
Top