Dasar Pertanian - Memupuk tumbuhan ialah perjuangan yang dilakukan untuk memperoleh hasil maksimal dalam budidaya tanaman. Pupuk ialah nutrisi atau masakan bagi tumbuhan, jadi pemberiannya wajib dilakukan rutin dan berkala. Tanaman yang selalu diberi pupuk secara rutin dan terjadwal akan jauh berbeda bila dibandigkan tumbuhan yang jarang dipupuk atau bahkan sama sekali tidak tersentuh pupuk. Manfaat pupuk bagi tanaman ini setidaknya bisa menawarkan daya dongkrak hasil panen. Namun takaran santunan pupuk pada tumbuhan juga harus diperhatikan, jangan asal memupuk tanpa ada takaran yang tepat.

Sebelum menawarkan pupuk pada tanaman, ada beberapa hal yang wajib kita pahami dan ketahui supaya tidak salah dan justru malah menciptakan tumbuhan mati. Salah dalam menawarkan pupuk akan berdampak jelek bagi tumbuhan yang kita budidakan. Banyak kerugian yang akan kita dapatkan bila salah dalam memupuk tanaman.
Silahkan baca : Inilah yang Terjadi Jika Salah Memberikan Pupuk Bagi Tanaman

Sebelum hal jelek terjadi pada tumbuhan yang sudah kita tanam sebab ketidaktahuan kita dalam menawarkan pupuk, maka sebaiknya anda perlu baca beberapa hal berikut ini. Mudah-mudahan dengan isu sederhana ini yang memang kelihatanya sepele bisa mencegah anda supaya tidak salah dalam memupuk tanaman.

 Memupuk tumbuhan ialah perjuangan yang dilakukan untuk memperoleh hasil maksimal dalam budiday Inilah Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memupuk Tanaman


Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memupuk Tanaman


1. Perhatikan dan pahami fase pertumbuhan tumbuhan dengan takaran pupuk

Sebelum menawarkan pupuk bagi tumbuhan sebaiknya anda memahami fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Maksudya ialah begini, contohnya untuk unsur hara makro, unsur hara ini memang diharapkan tumbuhan untuk sepanjang hidupnya. Akan tetapi menawarkan unsur nitrogen yang terus-menerus pada fase pertumbuhan vegetatif akan menyebabkan tumbuhan terlambat atau tidak mau memasuki fase generatif. Lalu apa yang akan terjadi? Akibatnya, tumbuhan akan rimbun dan sangat subur, tetapi meskipun rimbun dan subur tumbuhan tidak berbunga atau berbuah. Kenapa bisa demikian? Hal ini sebab pada fase perubahan generatif, unsur hara yang diharapkan tumbuhan ialah fosfor. Makanya berikan puppuk yang banyak mengandung fosfor supaya sanggup merangsang buah.

2. Lakukan pemupukan tumbuhan secara sempurna dan benar

Selain itu anda juga harus memupuk tumbuhan dengan sempurna dan benar, artinya takaran atau takaran pupuk harus sesuai dengan umur dan kebutuhan tanaman. cara memupuknya juga harus benar jangan asal-asalan. Misalnya pupuk yang difungsikan untuk akar harus dibenamkan pada area akar. Jarak pemupukan dan kedalaman lubang juga harus diperhatikan. Untuk tumbuhan yang masih gampang misalnya, memupuk dengan pupuk kimia harus hati-hati jangan hingga mengenai batang atau tangkainya sebab bisa jadi tumbuhan mati. Kaprikornus meskipun kelihatnnya sepele, namun memahami tata cara pemupukan tumbuhan ialah penting.
Baca juga : Mengenal Metode Pemupukan Tanaman

3. Harus tahu kapan waktu pemupukan tanaman

Sebelum memupuk tanaman, anda juga diwajibkan tahu kapan waktu yang pas dan sempurna menawarkan pupuk pada tanaman. Waktu pemupukan yang disarankan ialah pagi jam 10 dan sore jam 3. Kenapa harus pada jam 10 pagi dan jam 3 sore? Karena pada jam tersebut intensitas terik matahari tidak terlau panas.

Itulah beberapa Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memupuk Tanaman, bila hal tersebut anda terapkan maka saja berani jamin tumbuhan yang anda budidayakan akan menghasilkan panen maksimal. Namun tidak cukup dengan proses pemupukan saja, keberhasilan budidaya tumbuhan juga menyangkut perawatan dan pemeliharaan tumbuhan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.
 
Top