Dasar Pertanian - Perempelan yaitu sebuah tehnik pemangkasan tunas pada tumbuhan yang bertujuan untuk mempercepat proses pembuahan tumbuhan melalui proses fertilasi. Tanaman yang dipangkas bab tunasnya akan mengalami proses fertilasi dimana waktu untuk berbuah akan menjadi cepat. Apa sih maksud dari fertilasi tersebut? Proses fertilisasi yaitu proses perangsangan bunga sehingga pertumbuhan bunga tumbuhan akan lebih cepat. Dengan begitu tumbuhan juga akan cepat berbuah dan sanggup di panen lebih cepat dari waktu normal.Jika tunas tumbuhan tidak dipangkas atau dipotong, maka sanggup jadi tumbuhan tidak mau berbuah dan hanya lebat daun dan ranting saja. Tehnik perempelan tumbuhan ini biasanya banyak dilakukan petani cabai. Namun sebetulnya semua tumbuhan budidaya yang mempunyai batang dan daun sanggup dilakukan perempelan atau pemangkasan tunas.

Ada banyak manfaat dari perempelan tumbuhan yang sanggup kita peroleh kalau dilakukan dengan cara yang benar. Adapun tehnik perempelan tumbuhan yang baik dan benar yaitu dengan cara memotong pada bab tunas, kalau pada tumbuhan cabe pemotongan tunas sebaiknya dilakukan pada ketika usia tumbuhan cabe berumur 30 hari pada dataran tinggi dan umur 21 hari kalau tumbuhan cabe ditanam pada dataran rendah.

Jadi itulah sedikit klarifikasi perihal apa arti dari perempelan tanaman, mudah-mudahan info singkat ini sanggup menambah ilmu dan wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.
 
Top