Menstruasi merupakan siklus bulanan pada wanita kecuali pada masa kehamilan. Karena ini merupakan hal yang wajar, setiap wanita normal umumnya pernah mengalami haid. Namun, terjadinya perubahan hormon dalam badan mampu menyebabkan munculnya jerawat secara tiba-tiba. Selain faktor eksternal menyerupai kebersihan kulit, bisul juga disebabkan oleh perubahan produksi hormon dikala menstruasi.

jerawat dikala menstruasi

Image courtesy of Phaitoon / FreeDigitalPhotos.net


Artikel ini merupakan tanggapan atas pertanyaan Siti Halimah halihalimah25@gmail.com ihwal "Penyebab munculnya bisul sebelum menstruasi"

Anda mampu mengirimkan pertanyaan atau request artikel kesehatan dan kecantikan secara gratis melalui halaman hubungi admin.

Salah satu cara untuk merawat wajah berjerawat yaitu menghindari acara memegang, mengusap atau bahkan memencet jerawat. Kenapa demikian? Pasti anda sudah tahu bahwa tangan yaitu media penyebar kotoran, kuman maupun basil yang merugikan. Pantangan ini bertujuan supaya bisul di wajah rupawan anda tidak semakin bertambah parah dan bertambah banyak.

Rajin mencuci tangan memakai sabun yaitu langkah yang sempurna untuk menjaga kebersihan badan termasuk area muka.

Jerawat dikala menstruasi mampu muncul karena adanya ketidakseimbangan hormon testosteron atau pun androgen. Satu efek buruk perubahan hormon yang sangat terlihat terang yaitu wanita akan bertambah sensitif, cenderung mudah marah hingga mengalami stress ringan.


Bagaimana Cara Mencegah Munculnya Jerawat Saat Menstruasi?

  1. Perhatikan kebersihan kulit wajah
    Sudah dikatakan sebelumnya bahwa penyebab eksternal timbulnya bisul yaitu kotoran yang menempel pada muka kemudian bercampur dengan minyak kulit. Merawat wajah dengan selalu membersihkan nya secara teratur minimal 2 kali sehari merupakan suatu keharusan.

    Entah pada masa haid atau tidak, endapan kotoran pada lapisan kulit akan memicu dilema jerawat. Oleh karena itu, jagalah kebersihan wajah rupawan anda.

  2. Mengendalikan stress berlebih
    Inilah penyebab utama bisul muncul dikala menstruasi – stress berlebih. Pandai-pandai lah menjaga referensi pikir konkret supaya anda terhindar pada dilema stress. Anda juga mampu melaksanakan acara untuk menenangkan pikiran atau mungkin mencoba minuman tradisional dari daun pandan sebagai obat gelisah.

  3. Perbanyak asupan cairan tubuh
    Saat kulit wajah kering dan mudah kusam karena kurang cairan dalam badan makan resiko munculnya bisul semakin besar. Minum jus buah yang banyak mengandung vitamin C mampu membantu badan anda tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit.

    Biasakan juga menjalankan hidup sehat dengan meminum air putih minimal 8 gelas dalam sehari supaya tidak terjadi dehidrasi.

  4. Menggunakan masker apel
    Manfaat apel untuk wajah yaitu dapat membantu proses regenerasi kulit serta mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Haluskan buah apel kemudian campur dengan madu dan gunakan sebagai masker muka.

    Untuk lebih mudahnya, anda juga mampu menggunakan cuka sari apel kemudian oleskan ke wajah dengan memakai kapas. Biarkan hingga mengering sebelum mencuci muka. Lakukan teratur dua kali sehari pada dikala tujuh hari sebelum tanggal haid.

  5. Bonus tips : cara menghilangkan jerawat
    Untuk mengatasi bisul yang sudah muncul, anda mampu menggunakan sabun muka yang mengandung sulfur dan benzoil peroksida. Atau memanfaatkan kebaikan alam dengan memakai :

Sedangkan munculnya noda hitam bekas bisul merupakan akhir dari rusaknya jaringan kulit. Sebenarnya noda-noda tersebut mampu hilang dengan sendirinya namun memerlukan waktu yang cukup lama. Anda mampu melaksanakan perawatan kulit wajah jikalau menginginkan bekas tersebut hilang secara cepat.
 
Top