Salah satu materi pada mata kuliah keperawatan, lebih tepatnya pada ilmu keperawatan dasar 1. kita akan bertemu 4 materi / bahasan yang akan dibahas pada mata kuliah ini. salah satu materi yang akan dibahas yaitu perihal paradigma keperawatan.


Pokok bahasan pada materi ini yaitu paradigma keperwatan, dan untuk sub pokok bahasan nya yaitu pengertian paradigma keperawatan, lingkungan, manusia, keperawatan dan kesehatan. dibawah ini kami tampilkan ringkasan materi paradigma keperawatan, untuk mendapat materi paradigma keperawatan lengkap, silahkan download pada link yang telah kami sediakan.

adapun ringkasan isi dari materi paradigma keperawatan sebagai berikut :

Pengertian Paradigma

Paradigma adalah suatu cara dalam mempersepsikan atau memandang sesuatu. Paradigma menjelaskan sesuatu dalam memahami suatu tingkah laku.

Keperawatan merupakan suatu bentuk pelayanan yang profesional, yang merupakan bab integral dari pelayanan kesehatan berdasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan, dengan bentuk pelayanan meliputi biopsikososio-spiritual yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat baik sehat maupun sakit dalam siklus kehidupan manusia.

Paradigma keperawatan adalah suatu cara pandang yang fundamental atau cara kita melihat, memikirkan, memberi makna, menyikapi dan menentukan tindakan terhadap fenomena yang ada dalam keperawatan .

Paradigma mempunyai fungsi antara lain: Menyikapi dan menuntaskan banyak sekali duduk kasus yang melingkupi profesi keperawatan sebagai aspek pendidikan dan pelayanan keperawatan, praktik dan organisasi profesi. Membantu individu dan masyarakat untuk memahami dunia keperawatan kita dan membantu kita untuk memahami setiap fenomena yang terjadi disekitar kita.


Konsep Manusia

Manusia adalah makhluk bio – psiko – sosial dan spiritual yang utuh, dalam arti merupakan satu kesatuan utuh dari aspek jasmani dan rohani serta unik alasannya mempunyai banyak sekali macam kebutuhan sesuai tingkat perkembangannya.

konsep insan berdasarkan paradigma keperawatan yaitu insan sebagai sistem terbuka, sistem adaptif , personal dan interpersonal yang secara umum sanggup dikatakan holistik atau utuh.

Peran perawat dalam membantu keluarga meningkatkan kemampuan untuk menuntaskan kasus kesehatan yaitu perawat sebagai pendeteksi adanya kasus kesehatan, memberi asuhan kepada anggota keluarga yang sakit, koordinator pelayanan kesehatan keluarga, fasilitator, pendidik dan penasehat keluarga dalam kasus – kasus kesehatan.


Konsep Keperawatan

Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional sebagai bab integral pelayanan kesehatan berbentuk pelayanan biologi, psikologi, sosial, spiritual dan kultural secara komprehensif, ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat sehat maupun sakit meliputi siklus hidup manusia.


Konsep kesehatan

Sehat adalah suatu keadaan yang dinamis dimana individu beradaptasi dengan perubahan – perubahan lingkungan internal dan eksternal untuk memepertahankan keadaan kesehatannya. Adapun faktor lingkungan internal yang mensugesti yaitu psikologis, dimensi intelektual dan spiritual dan proses penyakit. Faktor – faktor lingkungan eksternal yaitu faktor – faktor yang berada diluar individu yang mungkin mensugesti kesehatan antara lain variabel lingkungan fisik, hubungan sosial dan ekonomi.


Konsep Lingkungan 

Lingkungan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah daerah ( daerah dsb) yang termasuk didalamnya. Lingkungan yaitu faktor eksternal yang besar lengan berkuasa terhadap perkembangan menusia dan meliputi antara lain lingkungan sosial, status ekonomi dan kesehatan.

Itulah sepenggal bahasan materi paradigma keperawatan. untuk mendapat materi paradigma keperawatan lengkap silahkan download dibawah ini :
Demikianlah kami bagikan materi Paradigma Keperawatan dalam mata kuliah ilmu keperawatan dasar 1, biar sanggup membantu teman - teman sejawat sekalian.
 
Top