Surat Eligibilitas Peserta BPJS atau lebih dikenal dengan abreviasi SEP BPJS kesehatan, merupakan sebuah surat yang diterbitkan BPJS kesehatan untuk mempermudah penerima memperoleh layanan kesehatan, khususnya di kemudahan kesehatan tingkat lanjutan menyerupai faskes II di Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Swasta serta Rumah Sakit Umum Pemerintah dan Fasilitas III Tingkat Lanjutan menyerupai Rumah Sakit Nasional (RSJP, RSKD dan RSCM).

Dengan adanya SEP dalam setiap kali konsultasi dengan dokter, mengambil obat, cek darah maupun cek di lab. radiologi (CT Scan, USG, Rontgen) sanggup dilakukan secara Gratis asal mengikuti semua mekanisme yang sudah ditetapkan pihak BPJS Kesehatan.

Namun diatas merupakan pengertian dari SEP BPJS secara umum, lain lagi halnya bagi petugas kesehatan yang sedang bertugas dirumah sakit khusus nya di UGD, surat eligibilitas penerima BPJS merupakan sebuah surat yang berfungsi untuk melengkapi administratif BPJS kesehatan, yang berfungsi sebagai salah satu syarat kelengkapan manajemen untuk mengklaim biaya perobatan seorang penerima BPJS kesehatan yang berobat dirumah sakit tersebut.

Nah dari itu sanggup kita simpulkan bahwa surat eligibiltas penerima (SEP) BPJS kesehatan sangat penting sekali baik bagi penerima maupun bagi rumah sakit.

Sebagai seorang petugas kesehatan yang sedang bekerja dirumah sakit tentu saja kita dituntut untuk sanggup menciptakan dan mencetak surat eligibilitas penerima (SEP) BPJS Kesehatan tersebut, dari itu disini kami mencoba menjelaskan bagaiman cara menciptakan dan mencetak surat eligibilitas penerima (SEP) BPJS kesehatan. bukan bermaksud menggurui namun disini hanya sekedar membuatkan ilmu dan sharing sesama petugas kesehatan rumah sakit.

Berikut cara menciptakan dan mencetak surat eligibilitas penerima (SEP) BPJS kesehatan.

  • Silahkan isi username dan ppaswordnya juga jangan lupa mengisi captcha yang ditampilkan kemudian klik sign in.
  • Setelah itu anda akan dibawa kehalaman menyerupai yang ditampilkan berikut ini.
  • Setelah masuk ke halaman diatas silahkan klik SEP dan pilih pembuatan SEP. 
  • Nanti nya akan muncul halaman menyerupai berikut.
  • Silahkan pilih jenis perawatan, rawat jalan atau rawat inap, jika rawat jalan biasanya dibentuk untuk berobat ke poli dan jika rawat inap berarti untuk pasien yang akan dirawat inap, kemudian lengkapilah kolom tanggal SEP, isi nomor referensi dengan nomor pendaftaran pasien kemudian klik cari.
  • Selanjutnya anda akan dibawa kehalaman menyerupai tampilan berikut ini.
  • Isilah kolom-kolom kosong sesuai dengan yang telah kami contohkan menyerupai pada gambar diatas, sehabis itu klik simpan. Pada tahap ini proses ini pembuatan surat eligibilitas penerima BPJS final dilakukan, final kita klik simpan maka file SEP otomatis akan terdownload kekomputer kemudian silahkan cetak SEP BPJS Kesehatan tersebut sebagai berkas administrastif klaim.
Proses pembuatan dan pencetakan surat eligibilitas penerima BPJS kesehatan pun final dilakukan, untuk melihat hasil cetakan SEP BPJS Kesehatan silahkan lihat gambar dibawah ini.
Contoh SEP BPJS Kesehatan
Setelah dicetak silahkan teman-teman tenaga kesehatan masukkan lembaran SEP BPJS kesehatan tersebut kedalam berkas atau file pasien untuk proses pengklaiman rumah sakit ke BPJS nantinya.

Demikian postingan kami perihal Apa itu SEP BPJS kesehatan, Cara membuat, mencetak dan bagaimana bentuk dan isinya. terima kasih.
 
Top