Manfaat Teh putih bagi kesehatan - Sebagian besar orang mungkin telah mengetahui ihwal banyaknya manfaat teh bagi kesehatan,mulai dari mengurangi risiko pembuluh darah terhambat,penyakit jantung,hingga kanker.Hal ini dikarenakan teh mempunyai beberapa kandungan yg hebat, salah nya yaitu polifenol.Polifenol dalam teh berfungsi sebagai antioksidan.

Beberapa macam teh yg udah populer oleh masyarakat merupakan teh hijau,teh putih,teh hitam,teh herbal chamomile,dan teh oolong.Sama menyerupai kopi,teh juga mengandung kafein,namun dalam kadar yg lebih sedikit. Diantara jenis teh yg disebutkan,teh putih yaitu yg paling sedikit mengandung kafein ketimbang jenis lainnya.

Teh putih dihasilkan dari daun teh yg belum teroksidasi dan belum diawetkan.Daun teh putih dipanen saat usianya masih muda utk kemudian dikukus beberapa waktu,lalu dikeringkan tanpa melalui proses fermentasi.Oleh karena itu,kandungan antioksidannya sangat tinggi.Dari segi rasa,teh putih lebih manis dan lebih ringan ketimbang teh hijau.Selain itu,teh putih juga mempunyai sifat antimikroba.

Teh putih mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh,diantaranya yaitu :

1. Membantu mencegah kanker

Teh putih mengandung senyawa polifenol yang dapat melawan radikal bebas,termasuk juga mencegah terjadinya kanker.Kerusakan akhir radikal bebas atau biasa juga dikenal dengan stres oksidatif menjadi salah satunya proses penting terhadap terjadinya penyakit kanker, dan kandungan polifenol dalam teh putih diyakini dapat mengurangi stres oksidatif ini.

2. Mencegah kerusakan pada tubuh

Selain dapat mencegah kerusakan organ tubuh akhir radikal bebas,senyawa polifenol dalam teh putih mampu juga mencegah peroksida yg timbul akhir kelebihan racun di dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan mulut

Kombinasi antara senyawa polifenol dan tannin di dalam teh putih mampu membantu menghambat pertumbuhan beberapa macam kuman yg ada di mulut.

4. Merawat kulit tetap sehat

Tingginya kandungan antioksidan dalam teh putih dapat membantu menjaga kesehatan kulit serta membuatnya tetap infinit muda.Selain itu,antioksidannya juga mampu membantu melindungi kulit dari ancaman sinar UV.

5. Menurunkan resistensi insulin

Teh putih yaitu salah satunya minuman terbaik buat penderita diabetes dikarenakan dapat membantu menurunkan resistensi insulin serta meningkatkan sensitivitas hormon tersebut.Hal tersebut bermanfaat utk memperbaiki kontrol gula darah terhadap penderita diabetes.

6. Mencegah terjadinya gangguan sistim kardiovaskular

Selain polifenol,teh putih juga mengandung flavonoid yg mampu meminimalisir risiko gangguan pada sistim kardiovaskular.Senyawa antioksidan tersebut dipercaya dapat memperbaiki guna endotel dan menghambat oksidasi kolesterol jahat yg ada dalam darah.

7. Menjaga kestabilan berat badan

Utk menurunkan berat tubuh dibutuhkan gaya hidup sehat menyerupai olahraga dan contoh makan seimbang.Selain dua hal semacam itu, anda juga mampu menambahkannya dengan minum teh putih secara rutin dikarenakan,teh ini juga bermanfaat utk menjaga berat tubuh tetap stabil.Teh putih tidak mengandung banyak kalori.

8. Mencegah infeksi

Teh putih mempunyai sifat anti-bakteri yg berkhasiat utk sistim kekebalan tubuh.Hal ini akan membuat tubuh terhindar dari risiko serangan mikroorganisme dan kuman yg mampu menjadikan nanah pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat teh putih bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.
 
Top