Manfaat dan ancaman mandi dengan air hangat yang wajib anda ketahui – mandi merupakan aktivitas yang biasa kita lakukan untuk membersihkan tubuh dari debu, kotoran dan kuman yang menempel di tubuh setelah beraktifitas selama seharian penuh.  Mandi biasanya menjadi suatu aktifitas menyenangkan lantaran kita sanggup merelaksasikan tubuh dari kepenatan. Namun dikala malam hari, dikala kita ingin mandi kita terbayang bayang akan resiko timbulnya rematik, sehingga anda lebih memilih untuk menggunkana air hangat dikala mandi. 

Manfaat dan ancaman mandi dengan air hangat yang wajib anda ketahui Manfaat Dan Ancaman Mandi Dengan Air Hangat
Manfaat dan ancaman mandi dengan air hangat

Memang dikala kita mandi air hangat sanggup memperlihatkan majemuk manfaat bagi tubuh kita mirip membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat kotoran setelah melakukan aktivitas seharian penuh selain itu juga sanggup memperlihatkan kesegaran pada tubuh, ada baiknya mencampurkan air perasan lemon dalam air hangat yang digunakan untuk mandi. Namun yang perlu anda ketahui bahwa mandi air hangat pun memiliki resiko dan dampak negative bagi tubuh anda. Nah untuk lebih jelasnya kita akan membahas dalam airtikel manfaat dan ancaman mandi dengan air hangat yang wajib anda ketahui.

Manfaat mandi dengan air hangat

Menyegarkan tubuh
Mandi air hangat sanggup membuat pori-pori pada kulit kita terbuka sehingga kulit kita tampak segar dan tidak kering. Selain itu air hangat juga sanggup membersihkan pori pori yg tersumbat oleh debu atau kotoran setelah beraktifitas seharian. bila pori – pori sudah terbuka itu akan membuatnya lebih praktis untuk dibersihkan sehingga segala kotoran pun akan terlepas. Bila ingin ditutup kembali maka tinggal disiram dengan air dingin.

Hilangkan Stres dan Insomnia
Manfaat selanjutnya dari mandi dengan air hangat yaitu sanggup membuat kita merasa releks, hal ini tentu sanggup meringankan sakit dan tegang pada otot dan memperlancar peredaraan darah. Oleh lantaran itu setelah melakukan aktifitas yang sibuk seharian, sebaiknya anda melakukan mandi dengan air hangat untuk mengembalikan fikiran anda biar menjadi lebih fresh dan juga merelekskan tubuh anda biar tidak capek.  Sehingga dikala anda tidur, akan memperoleh tidur yang berkualitas, dan pada esok harinya anda siap untuk bekerja lagi.

Memperlancar aliran darah
Ternyata mandi dengan air hangat sanggup memperlancar sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Cipratan airnya pada tubuh pun akan terasa mirip pijatan, sehingga tubuh akan merasa lebih relaks. Dengan begitu setelah mandi dengan air hangat tubuh anda menjadi lebih segar dan fresh dari pada sebelumnya. 

Mampu mengatasi kasus kulit kering
Saat malam hari udara cenderung terasa lebih hirau taacuh tentu hal ini sanggup membuat kulit anda menjadi kering dan pecah-pecah, apalagi jikalau pada siang harinya anda bekerja di ruangan yang ber AC tentu kemungkinan terkena kulit kering akan meningkat.  Tapi hening untuk mengatasi kulit kering tersebut, anda sanggup menggunakan pelembab atau pun body lotion pada dikala bekerja di ruangan ber AC. Tapi, sebaiknya sebelum tidur anda mandi dengan air hangat terlebih dahulu biar kulit anda terlihat lebih segar dan tidak kering di pagi harinya.


Mampu mengatasi batuk
Mandi air hangat sanggup meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang kita, ini dikarenakan uap panas yang berasal dari air hangat tersebut kita hirup sobat, dan lagi uap itu pula sanggup menghilangkan phlegm (hingus/dahak) yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita.

Resiko dan ancaman mandi dengan air hangat

Namun dibalik manfaat yang telah di janjikan apabila kita mandi dengan air hangat tersebut, anda perlu waspada lantaran mandi dengan air hangat juga memiliki risiko dan ancaman yang siap menyerang anda, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Menurunkan Kesuburan Pria
Salah satu risiko utama berendam atau mandi dengan air hangat yaitu menurunnya kualitas hormon kesuburan pria. Berdasarkan penelitian tahun 2007, berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas sanggup menurunkan hormon kesuburan pria. Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah).

Eksposur air hangat atau panas sanggup berdampak negatif bagi hormon kesuburan laki-laki lantaran membuat hormon kesuburan laki-laki tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk matang. Perkembangan sperma terbaik dikenal pada lingkungan yang dingin.

Membahayakan Janin
Yang perlu anda ketahui bahwa mandi air hangat tolong-menolong tidak bermasalah untuk ibu yang sedang hamil, tapi yang perlu diperhatikan yaitu suhunya. Bila suhu air terlalu tinggi maka aktivitas mandi tersebut sanggup membahayakan Bayi. Suhu yang tinggi terutama di awal-awal kehamilan sanggup mengakibatkan cacat lahir pada keturunan yang dilahirkan.

Membuat kulit menjadi kering
Memang salah satu manfaat dari mandi dengan air hangat sanggup membuat kulit kita menjadi lembab dan mencegah kulit kering namun yang perlu di ingat hal ini hanya bersifat sementara, dan lebih singkat dari pada dikala kita mandi dengan menggunakan air dingin.

Sumber https://nurudinsya.blogspot.com/
 
Top