Cara Menghitung Masa Subur Wanita & Siklus Menstruasi Yang BenarTidak semua kista ovarium menggangu kesuburan wanita.

Beberapa hari diharapkan untuk berjalan menuju tuba falopi bagi sel telur yang telah dibuahi dan mencapai Rahim dan didalam Rahim untuk menanamkan diri pada akhirnya. Kemudian akan membelah diri sel telur tersebut dan memproduksi hormone human Chorionic Gonadotrophin (HCG) yang dapat dideteksi dengan GEATEL. Pertumbuhan embrio didalam Rahim dibantu oleh hormone tersebut. Endometrium akan meluruh bila sel telur yang telah dilepaskan tersebut tidak dibuahi dan proses menstruasi berikutnya yang terjadi.

Apakah siklus menstruasi selalu sama setiap bulannya?

Serangkaian hormone yang diproduksi oleh tubuh mensugesti siklus menstruasi yaitu Luteinizing Hormon (LH) , Follicle Stimulaing Hormone dan estrogen. Tidak hanya itu , kondisi psikis wanita juga mensugesti siklus mesntruasi sehingga dapat maju atau mundur. Maka dari itu , kaum hawa perlu mempelajari pengetahuan mengenai bagaimana terjadi menstruasi dan bagaimana siklus menstruasi terjadi secara rinci.

Cara menghitung siklus menstruasi:

Dengan membuat catatan pada kalender untuk mengetahui siklus dan lama menstruasi. Tandai siklus anda setiap bulannya dengan menggunakan kalender tersebut. Anda dapat mengetahui contoh siklus setelah beberapa bulan dan dalam meperikirakan siklus yang akan dating dapat dibantu dengan hal tersebut. Dengan tanda silang untuk menandai setiap hari ke 1 lalu hitung hingga tanda silang berikutnya. Dengan demikian siklus menstruasi anda dapat diketahui oleh anda.

Masa subur :

Cara untuk menandai masa subur yaitu secara signifikan terjadinya kenaikan luteinizing , sesaat sebelum pelepasan sel telur dari ovarium / ovulasi terjadi. Daro ovarium , sel telur akan terdorong keluar menuju tuba fallopi karena kenaikan LH dan pembuahan sperma pada tuba fallopi ini dapat terjadi. Sepeti ini dikala inilah yang disebut dengan kondisi sebagai masa subuhr yaitu bila sel telur ada dan siap untuk dibuahi. Selama kurang lebih 3-4 hari didalam tuba fallopi terdapat sel terlur , tapi hanya 2 hari umur masa yang paling baik untuk dibuahi dan kemudian mati.

Apakah siklus haid yang terlambat merupakan tanda ketidaksuburan?

Siklus haid yang lebih dari 40 hari dari siklus normal sangat bekerjasama akrab dengan olulatory (tidak adanya sel telur yang dihasilkan indung telur). Sedangkan bila tidak teratur dan panjang siklus haidnya mungkin disebabkan oleh banyak hal antara lain kista ovarium. Sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter bila anda mengalami dilema ini.

Hubungan antara LH surge dengan ovulasi:

Selter telur keluar dari ovarium secara tiba tiba karena LH surge-kenaikan LH (Luteinizing Hormone). Dalam waktu 16-32 jam biasanya melepaskan sel telur setelah terjadi peningkatan LH. Pada dikala ini terjadi , nyeri tumpul pada episode perut akan dirasakan oleh beberapa wanita.

Manfaat mengetahui masa subur :

Anda mampu dapat mengetahui masa-masa tidak subur bila anda telah mengetahui masa subur. Kemungkinaan pada masa subur , terjadi kehamilan sangat besar , sehingga kehamilan mampu didapat bila anda menginginkannya , jadi pada masa subur , segera lakukan relasi suami istri. Yaitu tes dengan hasil positi setelah 24 -48 jam. Hal ini didasarkan bahwa hanya dalam 2 hari , sel telur mampu bertahan , dan setelah itu akan mati. Jangan lakukan relasi pada masa subur atau menjelang masa subur bila anda tidak menginginkan kehamilan. Karana dalam waktu 3 -4 hari , sel sperma dapat bertahan.

Alat untuk menentukan masa subur :

Biasa akan beraksi (berubah warna atau memunculkan tanda) dari alat pendektesi masa subur. Satu hari sebelum masa subur yaitu ketika kelenjar pituitary sudah terjadi memproduksi kenakikan LH. Bahwa anda akan berovulasipada 24 jam berikutnya yang bahwasanya terdekteksi oleh alat tes masa subur. Uji kesuburan yang dilakukan dirumah sanggup mendapatkan amanah keakuratannya hingga 90% bila digunakan secara benar. Anta jam 10.00 hingga 20.00 untuk melaksanakan pengujian dengan menggunakan urine. Sebaiknya asupan zat cair 2 jam dikurangi sebelum melaksanakan tes karena keakuratan hasil tes anda dapat kuat hasilnya.

Hormon estrogen :

Hormon yang dibuat oleh indung telur yaitu estrogen. Ginjal juga membuat hormone tersebut dalam jumlah kecil , sehingga pada laki-laki juga terdapat dalam jumlah kecil. TAnpa terkecuali , hormone estrogen mensugesti semua sel di dalam tubuh , walapun sel dan organ tidak semuanya sama pekanya terhadap hormone ini. Dalam perkembangan cerdik balig cukup akal perempuan selama masa cerdik balig cukup akal , estrogen ini berperan penting yaitu untuk perkembangan alat alat kelamin wanita dan payudara , juga supaya tetap licin dan tidak kering dari perkembangan selaput lender Rahim serta selaput vagina. Beberapa organ juga termakan oleh estrogen ini misalnya tulan tidak bertambah panjang tetapi jumlah kapur tetap cukup dalam masa pubertas.

Pertumbuhan kulit juga dipelihara oleh estrogen sehingga kulit tetap elastis. Maka dari dari itu disbanding kulit laki-laki , rata-rata kulit wanita lebih halus. Kulit menjadi tipis dan keriput , bila produksi estrogen berkurang. Estrogen ini juga mensugesti penumpukan lemak di beberapa daerah tertentu dibawah kulit antara lain dipinggang yang khusus pada wanita.

Hormon progesteron:

Selain dibuat diindung telur , hormone progesterone juga dibuat dibuat diginjal dalam jumlah yang kecil , sehingga dalam jumlah yang kecil , laki laki juga mempunyai hormone ini. Hanya terjadi selama 2 ahad , pembuatan hormone progesterone oleh indung telur setelah telur dari inudng telur dilepaskan. Agar endometrium (lapirsan dinding Rahim) siap untuk mendapatkan dan memberi daerah tinggal bagi telur yang telah dibuahi dijaga oleh progesterone dan estrogen ini. Berkat adanya progesterone ini , kehamilan dapat berlangsung terus. Endometrium akan mengelurakan materi makan untuk telur yang telah dibuahi berkat progesterone ini. Agar otot-otot Rahim tidak berkontraski ini maka akan dijaga oleh homon ini.

Baca juga : Alat organ reproduksi wanita serta fungsinya & gambarnya.

Mitos mitos seputar menstruasi :

Seringkali mempercayai mitos yang berkembang dalam masyarakat dengan informasi yang disampaikan kurang sempurna , kurang lengkap , bahkan terlalu berlebihan. Pada situasi tertentu akan menimbulkan sikap antipasti , defensive bahkan diskrimanasi dengan hal ini. Ternyata mitos mengenai menstruasi juga beredar dalam masyarakat dan diberitahukan secara turun menurun setelah mitos mengenai seksualitas. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

1). Menstruasi membuat tubuh menjadi Iemah‘
Bahwa dara menstruasi yang keluar hanya kira-kira 150 ml atau sekitar 3 sendok saja dari hasil penelitian yang pernah dilakukan. Kaprikornus karena anda sedang menstruasi maka tubuh akan menjadi lemas yaitu tidak benar.

2). Sedang menstruasi berarti sedang sakit.
Justru sebaliknya , proses alami yang dialami oleh setiap perempuan produktif yang merupakan menstruasi. Kaprikornus Menstruasi berarti perempuan tersebut sehat dan bekerja dengan normal sebagaimana mestinya pada system reproduksinya.

3). Ingin menstruasi Iancar , sering seringIah minum soft drink.
Banyak yang percaya bahwa dengan minum soft drin dapat mengurangi rasa sakit perut selain memperlancar keluarnya darah. Sebenarnya wacana mengenai hal ini belum ada penelitian. Hormon serta factor psikis seseorang yang mensugesti dari sakit tidaknya perut dikala menstruasi atau lancer tidaknya darah menstruasi yang keluar.

4). Memakai pembalut dikala menstruasi mampu menyebabkan kemandulan.
Metode selama masa menstruasi supaya tetap bersih dan tidak lembab merupakan justru metode secara medis. Semua pembalut pada dasarnya merupakan sehat , tetapi alergi dan iritasi juga dialami sebagian perempuan. Hal ini dikarena setiap perempuan berbeda sensitivitas organ kelaminnya. Maka dari itu dikala menstruasi disarankan menganti pembalut seeing mungkin (idealnya setiap 4 jam) , terutama ketika darah menstruasi yang keluar sedang banyak-banyaknya dan sesudah buang air kecil atau besar.

5). Saat menstruasi dilarang berenang.
Berenang dikala menstruasi boleh-boleh saja dilakukan selama memakai pembalut dan tidak merasa risih. Dan pada kesehatan tidak terpengaruh sama sekali. Sebagai sarannya , hentikan acara berenang bila perut merasa kram.

6). Menstruasi yang normal itu lamanya pasfi seminggu.
Tentu saja salah dengan pendapat ini. Masa menstruasi yang dimiliki setiap perempuan pasti berbeda dan tidak selalu 7 hari. Masih dianggap normal bila perempuan yang memiliki masa menstruasi 3 ,4 atau 5 hari saja.

7). Jangan minum es dikala menstruasi.
Saat mestruasi , sesungguhnya air hambar tidak memiliki pengaruh apa pun. Terutama efek pedoman darah terhambat , selama sakti tidak dirasakan ataupun perut kembung , sah sah saja meminum air es.

Gangguan dikala menstruasi :

Nyeri dialami oleh banyak wanita sebelum menstruasi atau haid. Da yang pusing , mual , pegal-pega; , sakit perut , bahakan ada yang hingga pingsan. Penyebab sakti perut yang dirasakan yaitu adanya kontraksi Rahim untuk mengeluarkan endometrium yang juga diperngaruhi oleh hormone prostaglandin. Kita juga tidak enak yang dirasakan karena kekacauan keseimbangan menjelang menstruasi dialami oleh hormone estrogen dan progesterone. Bisa disebut normal bila sakitnya masih mampu ditahan. Nah yang harus dicurigai bila menyebabkan pingsan atau sakit yang luar biasa dan hingga mengganggu acara kita. Maka dari itu harus segera pergi ke dokter untuk memeriksakannya. Maka dari setiap ci atau indikasinya sangat penting harus kita kenali.

Ada bermacam-macam gangguan dan kelainan menstruasi yaitu antara lain:
a). Nyeri haid (dismenerrohoe)
Wanita kadang mengalami nyeri pada dikala menstruasi. Bervariasi dari sifat dan derajat rasa nyeri ini. Mulai dari yang ringan hingga dengan yang berat. Dismenorrhoe yaitu nyeri yang berat. Aktivitas sehari mampu terganggu dengan keadaan nyeri yang andal tersebut.

Nyeri haid ada dua macam:
- Nyeri haid primer
Sejak haid pertama sudah timbul dan dengan berjalannya waktu akan pulih sendiri. Lebih tepatnya dikala lebih stabilnya hormone tuibuh atau perubahan posisi rahin setelah menikah dan melahirkan. Nyeri haid itu merupakan normal , tapi bila dipengaruhi oleh factor psikis dan fisik dapat berlebihan menyerupai stress , shock , penyempitan pembuluh darah , penyakit yang menahun , kurang darah dan kondisi tubuh yang menurun. Untuk kesehatan tidak membahayakan dengan gejala ini.

- Nyeri haid sekunder
Biasanya dikemudian barulah muncul yaitu bila bila ada penyakit atau kelainan yang menetap menyerupai Rahim ada abses , kista/polip , tumor disekitar kandungan , organ dan jaringan di sekitarnya terganggu kelainan kedudukan Rahim.

b). Pre menstruasi syndrome
Sebelum atau dikala menstruasi disertai denga PMS (pre menstruasi syndrome) atau gejala pre menstruasi antara lain :
  • Malas bergerak , tubuh menjadi lemas serta mudah merah lelah dirasakan.
  • Meningkatnya nafsu makan dan makanan yang rasanya asam lebih suka dikonsumsi
  • Bisa lebi labil emosi. Biasanya kita mudah uring-uringan , sensitive dan perasaan-perasaan negative lainnya
  • Kram perut(dismenorrhoe) dialamin
  • Kepala nyeri
  • Pingsan
  • Bertambahnya berat tubuh karena air yang tersimpan dalam tubuh dalam jumlah banyak
  • Terasa pegal di pinggang 

Cara mengatasi PMS:

Hal yang mampu dilakukan bila kita mengalami PMS yaitu:
  1. Makanan bergaram dikurangi menyerupai kentang goring , kacang-kacangan dan makanan berbumbu , supaya penahan air berlebih dapat dikurangi
  2. Makan berupa tepung , gula , kafein , coklat dikurangi
  3. Makan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi ditambah seminggu sebelum menstruasi
  4. Makan makan berserat dan minum air putih diperbanyak
  5. Perbanyak makan makanan atau embel-embel yang mengandung zat besi supaya terhindar dari anemia bila menstruasi cukup banyak mengeluarkan darah. 

Cara untuk mengatasi sakit perut dikala menstruasi:

  • Pada episode yang terasa tenggelam (bisa perut atau pinggang episode belakang) dikompres dengan botol panas (hangat)
  • Untuk menenangkan diri mampu mandi dengan air hangat , dan boleh juga menggunakan aroma terapi
  • Minum minuman hangat yang kandungan kalsiumnya tinggi
  • Perut/pinggang yang sakit digosok gosok(dipijat perlahan)
  • Agar Rahim tergantung ke bawah maka ambil posisi menungging supaya mampu membantu relaksasi
  • Untuk relaksasi mampu dengan tarik napas dalam-dalam secara perlahan
  • Harus dengan pengawasan dokter dalam menggunakan obat-obatan. Asal dosisnya tidak lebih dari 3 kali sehari boleh minum analgetik (penghinlang rasa sakit_ yang banyak dijual di toko obat. 

    Gangguan menstruasi lain , yaitu Amenorrhoe atau tidak mendapatan haid sama sekali. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebabnya adalah:
    • Hymen imperforate yaitu dimana selaput darah tidak berlubang . Sehingga terhambat untuk keluar darah mesntruasinya. Biasanya bila wanita sudah waktunya mens tetapi belum mendapatkannya maka keadaan ini dapat diketahui. Setiap bula beliau mengeluh sakit perut. Agar hal ini mampu diatas maka biasanya untuk melubangi selaput daranya dengan dioperasi.
    • Menstruasi anovulatoire yaitu tidak tercukupi rangsangan hormone-hormone untuk membentuk lapisan dinding Rahim , hingga tidak terjadi hai atau hanya sedikit. Mengakibatkan endometrium tidak terbentuk karena kurangnya hormone ini dan keadaan ini menyebabkan masa subur tidak dialami oleh wanita karena sel telur tidak terbentuk. Untuk mengobatinya yaitu dengan terapi hormone.
    • Amenorrhoea sekunder ,biasanya sebelumnya penderitanya sudah pernah mens. Penyebab hal ini mampu aneka macam keadaan menyerupai hipotensi , anemia , abses , kelemahan kondisi tubuh secara umum. Tidak hanyak itu , mampu juga penyebabnya yaitu stress psikologis. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter bila terjadi kondisi ini. 

      Jika mengalami hal-hal ini dibawah ini maka kita harus segera mencarai pinjaman yaitu
      1. Bila sebelum usia 8 tahun sudah mengalami menstruasi yang pertama (menarche). Atau pada usia lebih dari 19 tahun belum mengalami menstruasi
      2. BIla kurang dari 14 hari atau lebih dari 35-40 hari sekali untuk siklus menstruasi
      3. Bila lebih dari 14 hari lamanya menstruasi
      4. Bila sangat banyak volume darahnya (ganti pembalu per hari 10 kali)
      5. Tidak mampu mengerjakan acara sehari-hari atau bahkan hingga pingsan karena sakit perut. Atau bila semakin lama semakin bertambah intensitas rasa nyeri tersebut
      6. Diantara dua siklus haid muncul noktah darah (spotting)
      7. Warna darah kelihatan tidak menyerupai baisa , menjadi lebih kecoklatan atau merah muda segar atau kalau bergumpal-gumpal darah mens yang keluar
      8. Berbau wangi bahkan berbau busuk darah mens tersebut.
       
      Top