Macam Jenis Penyakit Kulit Karena Jamur dan Cara MengobatinyaJenis penyakit kulit karena jamur kenali gejala dan cara mengobatinya - Penyakit kulit pada kulit insan disebabkan oleh jamur.Jamur yaitu suatu mikroorganisme yang dapat tumbuh di mana saja hidup di darat , udara , air , tanah , pakaian dan jamur juga dapat hidup di badan manusia.Selain menyerang insan , jamur juga dapat menyerang hewan peliharaan dan ternak menyerupai Kucing , anjing , sapi , kerbau , kuda dan kambing.

Mengetahui macam jenis penyakit kulit yang di sebabkan oleh jamur menjadi suatu yang perlu kita kenali dari awal , baik itu gejala dari penyakit kulit tersebut dan bagaimana cara mengobatinya.

5 macam jenis penyakit kulit karena jamur

Berikut ini yaitu beberapa macam jenis dari penyakit jamur , dan bagaimana cara untuk mengobatinya.

1. Penyakit kulit jamur panu

Penyakit kulit jenis panu ini di sebabkan oleh abses jamur yang terdapat pada adegan kulit luar. Penyakit kulit jamur panu dapat menyerang siapa saja , tapi hasil survey lapangan menemukan bahwa anak – anak dan cendekia balig cukup akal muda yang paling banyak terinfeksi jamur panu tersebut.
Anak – anak dan cendekia balig cukup akal muda biasanya aktif bergerak dan kandungan hormon dalam tubuhnya belumlah seimbang. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan jamur pada badan mereka menjadi mudah dan dapat dengan cepat mengakibatkan penyakit kulit jamur panu.

Gejala atau tanda dari penyakit kulit jamur panu ini yaitu timbulnya bintik / kumpulan putih pada kulit yang disebabkan oleh terinfeksinya jamur dalam bentuk yang terpisah dan biasanya cukup banyak.

Cara mengobati jenis penyakit kulit jamur panu ini ialah dengan cara membeli salep khusus penyakit jamur panu yang biasanya di toko – toko dan apotik menyediakan. Cukup dengan cara mengoleskan salep atu cream tersebut pada adegan kulit yang terdapat bintik putih secara teratur dan merata , hal ini bertujuan untuk meminimalisir berkembangnya abses jamur panu tersebut ke adegan kulit lain nya.


2. Penyakit kulit jamur pada kaki

Jamur yang menyerang pada adegan kaki biasanya terdapat pada adegan sela – sela jari kaki dan telapak kaki. Kelembapan pada adegan kaki mengakibatkan pertumbuhan jamur makin cepat dan mengakibatkan abses jamur pada adegan kaki tersebut. Seseorang yang berprofesi sebagai pekerja kantoran , seorang atlet dan olahragawan biasanya rutinitas yang mereka lakukan cepat terinfeksi jamur pada kaki. Penyakit kulit jamur pada kaki ini banyak di temukan pada kaos kaki , sepatu , celana , kolam renang , sungai , laut , dan adegan badan yang lembab.

Gejala dari penyakit kulit jamur pada kaki ini yaitu pada awalnya kaki mersakan gatal yang luar biasa hebatnya , kemudian kulit terasa terbakar dan adegan kulit pada kaki yang terinfeksi jamur menjadi pecah – pecah / retak.

Cara mengobati penyakit kulit jamur pada kaki yaitu dengan cara mengoleskan salep obat jamur dengan teratur dan merata pada adegan kaki yang terinfeksi. Salep obat jamur ini biasanya dapat di beli di apotik terdekat.


3. Penyakit kulit jamur kurap
 Jenis dari penyakit kulit jamur kurap ini biasanya disebabkan oleh kontak pribadi dengan penderita penyakit jamur kurap , dapat juga di tularkan melaui pakaian , selimut , atau benda – benda lainnya yang sudah terkontaminasi mikroorganisme jamur kurap ini. Jenis penyalit jamur kurap juga kerap kali menyerang atau menginfeksi hewan , untuk itu hindari bersentuhan dengan hewan yang telah terinfeksi jamur kurap tersebut.

Gejala yang harus kita kenali dari penyakit kulit jamur kurap ini yaitu biasanya kulit yang terinfeksi jamur ini berbentuk melingkar dan kulit berwarna merah.

Cara mengobati penyakit kulit jamur kurap yaitu dengan mengoleskan obat salep atau cream khusus untuk penyakit jamur dengan teratur dan merata pada adegan kulit yang terinfeksi jamur kurap. Pengobatan dari dalam badan juga bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit jamur kurap


4. Penyakit kulit jamur candida

 Jenis penyakit kulit ini di khususkan pada kaum wanita , jamur candida yaitu abses jamur yang terdapat pada vagina. Penyakit keputihan pada wanita di sebabkan oleh abses jamur yang mengakibatkan rasa gatal pada bibir vagina , berwarna putih , kental dan mengakibatkan anyir yang tidak sedap.

Gejala yang harus di kenali dari penyakit kulit jamur candida yaitu kurang nya memperhatikan kebersihan pada area vagina , gejalanya sudah say tulis di atas.

Mengobati penyakit kulit jamur candida ini ialah konsultasi atau berobat pada dokter yang sudah mahir di bidangnya.


5. Penyakit kulit jamur tinea capitis
Jamur tinea capitis banyak menyerang pada adegan kulit kepala. Infeksi kulit kepala ini biasanya mengakibatkan rambut penderita rontok. Selain insan , penyakit kulit jamur tinea capitis juga dapat menyerang hewan peliharaan dan ternak menyerupai kucing , anjing , sapi , kerbau dan kambing.

Gejala yang harus kita kenali semenjak awal dari penyakit kulit jamur tinea capitis yaitu rambut kepala menjadi rontok dan kulit kepala menjadi merah serta bentuk nya melingkar menyerupai cincin.

Cara mengobatinya yaitu dengan berobat secara teratur selama 3 bulan penuh mengkonsumsi pil atau obat tanpa berhenti sehari pun dengan resep yang telah di sarankan oleh dokter.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan penyakit kulit :

  • Kurang rajin menjaga kebersihan tubuh
  • Kurang memperhatikan kebersihan daerah tinggal dan lingkungan
  • Faktor cuaca yang panas dan udara yang lembab
  • Menggunakan kaos yang terlalu ketat dan yang tidak bisa menyerap keringat
  • Faktor keluarnya keringat yang berlebih ketika melaksanakan aktifitas
 
Top