Macam Permainan Tumbuh Kembang Anak Agar Menjadi Sehat & Cerdas
Masa anak – anak yakni di mana tumbuh kembang anak tersebut menerima asupan makanan dan minuman yang tercukuppi nutrisi nya sehingga anak dapat tumbuh dengan maksimal. Namun tahu kah anda bahwa bukan hanya itu saja permainan dalam dunia anak juga mampu menghipnotis pekembangan stimulasi otak anak – anak.Banyak faktor yang dapat menghipnotis tumbuh kembang anak tersebut. Selain faktor nutrisi yang di dapat dari asupan makanan dan minuman , faktor yang dapat membantu tumbuh kembang anak menjadi sehat dan cerdas yakni permainan.

Dunia anak – anak memang tidak mampu di pisahkan dari dunia bermain , namun pertanyaan nya yakni , permainan menyerupai apa yang dapat membantu tumbuh kembang anak menjadi sehat dan cerdas.Untuk menjawab pertanyaan di atas , berikut ini dijelaskan beberapa macam permainan yang membantu tumbuh kembang anak menjadi sehat dan cerdas.

4 Permainan Yang Membantu Tumbuh Kembang Anak Menjadi Sehat Dan Cerdas 

Anda mampu mencoba atau bahkan sudah mengetahui beberapa jenis permainan tradisional ini yang dapat membantu tumbuh kembang anak anda.


1. Permainan Petak Umpet

Permainan tradisional berikut ini yakni salah satu jenis permainan yang dapat membantu tumbuh kembang anak menjadi sehat dan cerdas. bagaimana mampu ?.........

Permainan petak umpet yakni permainan yang di lakukan oleh 3 hingga 4 orang anak. Cara bermain nya dengan mengundi melaksanakan humpimpa untuk mencari siapa yang menjadi penjaga Gong atau Markas. Setelah di tentukan siapa yang menjadi penunggu gong , dengan melaksanakan hitungan 1 hingga 10 , anggota yang lain akan bersembunyi.Dalam permainan petak umpet ini , anak – anak akan di latih untuk peka terhadap keadaan , selain itu , anak – anak juga menjadi lebih terpelajar mengatur taktik untuk menjadi seorang pemenang.

2. Permainan Kelereng atau gundu
Permainan kelereng yakni jenis permainan yang di lakukan oleh 2 orang anak atau lebih , cara bermain nya pun beragam. Saya catat satu jenisnya aja yee biar cepetan dikit…………

Permainan kelereng jenis bundar , cara bermain nya cukup mudah. Anak – anak akan membuat satu bundar dengan ukuran sedang , gunanya untuk menempatkan jumlah kelereng yang di main kan. Kemudian anak – anak akan bermain melalui garis yang sudah di tentukan untuk mendapat kan kelereng di dalam bundar tersebut dengan cara melempar atau menyentil kelereng miliknya menuju dalam lingkaran. Permainan kelereng ini membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih ber konsentrasi.

3. Permainan Lompat Tali

Dalam permainan lompat tali , anak – anak akan di latih cara memintal atau merangkai karet menjadi panjang. Permainan lompat tali ini sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan anak pada masa tumbuh kembang. Cara bermain nya pun cukup mudah , 2 orang bangun sejajar dengan memegang tali/karet tersebut , dan anak – anak yang lain akan melompati tali tersebut dengan peraturan tidak boleh  menyentuh tali atau karet tersebut. Permainan ini juga mampu melatih fisik anak supaya menjadi lebih sehat alasannya yakni dalam permainan ini anak anak dituntut untuk berlari dan melompati tali tersebut.

4. Permainan Egrang
Saya yakin sekali banyak anak – anak pada zaman sekarang ini yang tidak mengetahui permainan egrang tersebut. Ya , permainan egrang yakni permainan tradisional anak yang usia nya lebih bau tanah dari 3 jenis permainan di atas ( Permainan Tertua di Indonesia ). Permainan egrang ini di lakukan dengan menggunakan 2 buah batang bambu yang mempunyai panjang kurang lebih 2 meter.

Cara membuat alat permainan ini dengan membuat lubang pada bab bambu tersebut. Satu bambu satu lubang , jaraknya pun harus seimbang , Jika bambu satu di lubangi dengan tinggi 50 cm dari panjang keseluruhan panjang bambu tersebut , maka bambu yang satu lagi pun sama persis letak lubang nya. Setelah itu ambil 2 batang kayu yang cukup besar lengan berkuasa , dengan panjang kayu maksimal 30 cm. Masukan kayu tersebut di setiap lubang yang ada , gunanya sebagai pijak kan kaki , alasannya yakni permainan egrang ini di lakukan dengan memijak kan kaki di setiap kayu yang sudah ada pada bambu tersebut. Keseimbangan , konsentrasi tinggi serta ketangkasan anak , akan di latih dalam permainan egrang ini.
 
Top