Tips

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya stres atau keadaan fikiran yang merasa tidak menentu. Stres yang dialami mampu stres ringan ataupun stres yang berat. Sebenarnya penyebab stres ini karena adanya tekanan terhadap suatu keadaan. Sehingga dibutuhkan cara semoga tidak stres dalam menghadapi masalah. Karena stres ini mampu mengakibatkan depresi, emosi, menurunkan produktivitas, dan hilangnya aktualisasi.

Cara Agar Tidak Stres dalam Menghadapi Masalah


1. Melakukan Olahraga yang Digemari
Cara yang dapat Anda lakukan semoga tidak stres ketika menghadapi sebuah dilema ialah dengan melaksanakan aktivitas olahraga yang digemari. Ternyata, selain baik untuk kesehatan badan olahraga juga mampu menyehatkan jiwa. Olahraga merupakan aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika sedang dilanda stres. Ketika sedang berolahraga badan mengeluarkan hormon Endorphin.

Hormon Endorphin memiliki kegunaan untuk menunjukkan ketenangan bagi pikiran yang sedang dilanda depresei. Dengan melaksanakan olahraga yang sesuai dengan kegemaran dapat menciptakan suasana hati yang lebih baik sehingga berimbas pada pikiran yang lebih tenang.

2. Melakukan Meditasi atau Yoga
Cara semoga tidak stres dalam menghadapi dilema yang berikutnya ialah dengan melaksanakan meditasi atau biasa disebut yoga. Cara ini dilakukan bila Anda dilanda stres ketika berada di ruangan yang tidak memungkinkan Anda untuk pergi keluar. Misalnya Anda sedang berada di ruangan kerja maka mampu berimajinasi dengan membayangkan daerah yang indah.

Tempat bagus yang dibayangkan menyerupai pemandangan laut, langit yang biru, pantai, perbukitan, atau gunung. Cara sederhana ini mampu membantu Anda untuk menenangkan pikiran yang terasa mulai tegang karena dilema yang tengah dihadapi.

3. Manjakan Diri dengan Mandi atau Berendam
Cara yang selanjutnya ialah dengan menggunakan air sebagai media menghadapi stres yang melanda. Sudah diketahui bahwa air memiliki manfaat yang baik dalam penyembuhan atau proses penenangan diri. Ketika seseorang berada di dalam air pikiran akan lebih tenang. Tubuh juga akan merasa lebih nyaman bila sedang berada di dalam air.

Ternyata kenyamanan dan ketenangan pikiran yang  diperoleh ketika seseorang berada di dalam air disebabkan adanya stimulus suasana yang mengingatkan badan dan pikiran menyerupai seseorang berada di dalam rahim. Mandi dengan air hangat atau berendam di bathub dapat membuat pikiran lebih damai dan badan lebih nyaman.

4. Hirup Udara Segar di Alam Terbuka
Cara semoga tidak stres dalam menghadapi dilema yang berikutnya ialah dengan keluar ke alam terbuka, kemudian lihat pemandangan yang ada sambil menghirup udara segar yang menyehatkan. Cara ini mampu digunakan untuk menenangkan pikiran dari tekanan dilema yang tengah dialami seseorang.

Jika Anda dilanda beban pikiran yang berat sebaiknya lakukan jalan-jalan di pagi hari ke sebuah daerah yang sejuk dan memiliki pemandangan yang indah. Akan lebih baik lagi bila daerah tersebut memiliki sinar matahari yang cukup untuk menunjukkan kehangatan di pagi hari. Karena badan yang terkena sinar matahari pagi akan meningkatkan produksi vitamin D. Adanya vitamin D akan meningkatkan produksi hormon Serotonin yang dikenal sebagai hormon “bahagia”.

5. Berbicara dengan Teman, Sahabat, dan Kerabat
Cara semoga tidak stres dalam menghadapi dilema berikutnya ialah dengan berbicara atau curhat dengan orang terdekat, mampu teman, sahabat, atau kerabat. Sebenarnya stres disebabkan oleh adanya tekanan pada diri karena suatu permasalahan. Sehingga dengan bercerita kepada orang lain akan sedikit melepaskan tekanan yang dirasakan tersebut. Akan lebih baik bila orang yang dicurhati tersebut menunjukkan solusi yang baik, sehingga dilema yang Anda hadapi mampu segera terselesaikan.


Itulah tips bagaimana cara semoga tidak stres menghadapi masalah. Sebesar apapun dilema yang sedang Anda alami pada dikala ini, yakinlah bila itu semua pasti akan ada jalan keluarnya. Tetap damai dan berpikir jernih.
 
Top