ialah

Batuk berdarah ialah suatu menandakan atau indikator jikalau ada sesuatu yang tidak beres didalam badan Anda. Ini merupakan gejala sakit serius sehingga tidak boleh diabaikan. Mungkin beberapa mahir kesehatan menyebutkan jikalau hal ini terjadi pada orang yang masih berusia muda bukanlah problem yang serius. Namun walaupun demikian tetap saja kita harus waspada, terutama bagi mereka yang mengalami batuk berdarah di usia bau tanah dan ditambah gemar merokok.

Jika kita lihat dengan teliti maka biasanya sering kali darah yang keluar pada ketika kita batuk bercampur dengan dahak. Kondisi ini disebabkan oleh karena penyakit batuk parah yang telah Anda derita. Selain itu, berikut dibawah ini ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab mengapa seseorang  mengalami batuk berdarah.

Penyebab Batuk Berdarah


1. Bronkitis
Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu bronkitis, penyakit ini ialah semacam gangguan pada akses pernapasan. Dimana gangguan ini telah berlangsung lama sehingga menjadikan adanya penumpukan dahak. Penyebab penyakit bronkitis ini sendiri biasanya dikarenakan oleh adanya infeksi paru-paru atau terlalu sering menghirup unsur polusi.

2. Tuberkulosis (TB):
Tuberkulosis juga menjadi penyebab mengapa seseorang hingga mengalami batuk berdarah. Penyakit tuberkulosis ini sendiri ialah penyakit infeksi paru-paru yang mampu dikatakan tergolong parah. Biasanya para penderita penyakit ini akan mengalami gejala menyerupai demam, keringat, batuk disertai dahak yang berwarna atau mengandung nanah, dan rasa sesak di dada.

3. Embolisme Paru
Kemudian penyebab selanjutnya ialah adanya penyakit embolisme paru. Penyakit ini ialah penyakit yang menjadikan pembekuan darah pada pembuluh darah di paru-paru kita. Biasanya orang-orang yang menderita penyakit embolisme paru ini akan mencicipi sesak napas serta nyeri pada dadanya secara tiba-tiba tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

4. Edema Paru
Gejala dari penyakit ini mampu kita lihat dari penderitanya yang sering kali mengeluarkan dahak berwarna merah mudah serta berbusa ketika sedang batuk. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan cairan disekitar paru-paru penderita.

5. Kanker Paru-Paru
Penyakit ini sering kali dialami oleh orang-orang yang gemar merokok. Umumnya penyakit ini akan menyerang para perokok berat yang sudah memasuki usia diatas 40 tahun.

6. Kanker Pada Tenggorokan.
Penyebab batuk berdahak berikutnya ialah karena adanya penyakit kanker pada tenggorokan. Ini juga sering terjadi pada mereka para perokok berat.

7. Fibrosis Sistik
Fibrosis sistik ialah merupakan gangguang pada paru-paru dan sistem pencernaan. Penyebabnya bukan karena merokok atau apapun tetapi murni karena kondisi genetika.

8. Efek Samping Obat-Obatan
Berhati-hatilah mengkonsumsi obat, karena hal ini juga mampu menjadi penyebab seseorang mengalami batuk berdarah. Hindarilah obat-obatan berbahaya menyerupai kokain atau obat-obatan pengencer darah. Pastikan Anda selalu berkonsultasi kedapa dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

9. Emfisema
Ini ialah kondisi dimana adanya gangguan pada kantung udara di paru. Emfisema juga mampu menjadi penyebab seseorang mengalami batuk berdahak

10. Pneumonia.
Kemudian penyebab batuk berdarah yang terakhir yaitu karena pneumonia. Penyebab pneumonia ini sendiri karena adanya infeksi pada paru-paru sehingga menjadikan paru-paru kita memiliki kantung udara yang berisikan cairan.

Setidaknya secara umum itulah yang menjadi penyebab mengapa seseorang mengalami batuk berdarah. Tapi perlu Anda ingat, ada juga lho kondisi dimana Anda dikategorikan bukanlah pengidap batuk berdarah meskipun ada keluar darah ketika batuk.

Bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh Pseudohemotisis atau pendarahan pada mulut, hidung atau tenggorokan sehingga menjadikan darah keluar bersamaan dengan air liur. Atau juga mampu karena Hematemesis yaitu keluarnya darah dari akses pencernaan dalam bentuk muntah. Hal ini dapat menjadi gejala penyakit lain, menyerupai radang dinding lambung.


Cara Mengobati Batuk Berdarah


Seperti yang sudah dijelaskan diatas, batuk berdarah mampu menjadi indikator adanya penyakit serius pada badan Anda untuk itu sangat perlu penanganan lebih lanjut dan secepatnya. Perhatikan kondisi batuk berdarah yang Anda alami, apabila batuk berdarah tersebut lebih dari seminggu dan mengeluarkan darah lebih dari satu sendok teh ketika Anda sedang batuk maka segera kunjungi dokter.

Dengan mengunjungi dokter maka kita mampu mengetahui penyebab batuk berdarah yang Anda alami serta menghentikan gejala penyebab dibalik timbulnya kondisi tersebut. Misalnya, penyebab batuk berdarah Anda ialah karena adanya kanker paru-paru maka penanganan yang diambil ialah melaksanakan kemoterapi Dengan penanganan yang sempurna maka tentu saja ini akan mempercepat penyembuhan Anda.

Selain pergi kedokter Anda juga mampu mencoba obat alami batuk berdahak berikut ini menyerupai madu dan jahe.

Caranya: Ambil jus atau sari jahe setengah sendok teh saja yang kemudian mampu ditambahkan dengan sesendok teh madu murni. Campurkan kedua materi ini barulah Anda minum secara teratur 2-3 kali dalam sehari. Obat ini akan secara efektif meredakan batuk darah.
 
Top