Dasar Pertanian - Hama tumbuhan merupakan salah satu hambatan bagi petani dalam acara budidaya tanaman. Karena banyak petani yang gagal panen gara-gara serangan hama yang semakin merajalela. Akibat serangan hama tersebut menciptakan tumbuhan mati dan petani mengalami kerugian. Seperti halnya tumbuhan terong, tentu saja tidak lepas dari serangan hama. Hama yang menyerang tumbuhan terong ini banyak jenisnya, muali dari golongan ulat, lalat, dan juga kutu. Untuk mengenal lebih jauh perihal jenis-jenis hama pada tumbuhan terong, maka pada postingan kali ini dasar-pertanian akan membahasnya secara ringkas dan detail.

Jenis-Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Terong


1. Ulat Grayak

Jenis hama yang sering menyerang tumbuhan terong yang pertama yaitu ulat grayak. Ulat grayak merupakan jenis ulat yang memakan daun terong sehingga kalau tidak segera ditangani akan menyebabkan tumbuhan terong mati sebab tidak mempunyai daun. Ulat grayak ini biasanya akan menyerang secara berkelompok dan jumlahnya tidak mengecewakan banyak. Akibat serangan hama ulat grayak ini, maka bunga dan buah terong akan rontok dan ujung-ujungnya gagal panen.

2. Ulat Tanah

Hama terong selanjutnya yaitu ulat tanah, nah bedanya dengan ulat grayak yaitu ulat tanah ini menyerang pada malam hari dan serpihan yang diserang yaitu daun, batang, dan buah. Jika yang diserang pada serpihan daun, maka menyebabkan daun berlubang dan rusak, kalau yang diserang pada serpihan batang, maka batang terong akan patah dan luka, sedangkan kalau serpihan yang diserang buahnya, maka buah akan mengalami pembusukan.

 Hama tumbuhan merupakan salah satu hambatan bagi petani dalam acara budidaya tumbuhan Mengenal Jenis-Jenis Hama Tanaman Terong dan Cara Pengendaliannya
Gambar hama tumbuhan terong


3. Ulat Pengerek Batang

Hama ulat yang satu ini dinamakan ulat penggerek batang, dan dari namanya saja kita sudah tahu serpihan yang diserang yaitu bagaian bantang terong. Ulat ini akan memakan serpihan batang terong yang masih muda, sehingga menyebabkan tumbuhan terong layu dan mati.

4. Kutu Daun (Aphids)

Hama pada tumbuhan terong yang selanjutnya yaitu kutu daun. Kutu daun ini menyerang tumbuhan terong pada serpihan daun muda atau pucuk daun. Cara menyerang kutu daun yaitu dengan menghisap cairan yang ada pada tumbuhan sehingga menyebabkan daun terong menjadi keriting. Jika daun terong menjadi keriting, tentu saja menyebabkan pertumbuhan terong menjadi lambat dan tidak sanggup berbuah dengan maksimal.

5. Kutu kebul

Sedangkan hama terong yang lainnya yaitu kutu kebul. Apa itu kutu kebul? Kutu kebul yaitu golongan kutu tumbuhan yang suka menurang pada serpihan belakang daun tanaman. Ciri-ciri hama kutu kebul ini yaitu berwarna putih menyerupai kapas yang ada pada serpihan belakang daun dan biasnaya didalam kerumunan tersebut ada menyerupai benag halus dan berwarna putih. Apabila kita sentuk maka kerumunan tersebut akan berhamburan kemana-mana layaknya kapas. Akibat serangan kutu kebul pada tumbuhan terong, menyebabkan daun muda menjadi keritinf dan tumbuhan sanggup kerdil.

Itulah Jenis-Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Terong, sedangkan untuk mengendalikan hama pada tumbuhan terong, anda sanggup membacanya dalam artikel yang sudah kami tulis pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Cara Ampuh Mengendalikan Hama Tanaman Terong

Semoga dengan adanya artikel singkat ini sanggup menambah wawasan dan pengetahuan anda semua perihal jenis-jenis hama terong dan bagaimana pula cara mengendalikannya. Jangan lupa untuk terus mengunjungi dasar-pertanian ini guna mendapat update terbaru artikel pertanian yang akan kami rilis. Salam pertanian.
 
Top