Dasar Pertanian - Faktor cuaca sangat mensugesti pada tanaman, ibarat pada tumbuhan mangga yang seringkali mengalami pecah buah sebelum masak. Selain alasannya faktor kondisi cuaca buruk, efek hama dan penyakit juga sanggup mensugesti pecah buah. Ketika animo kemarau atau animo panas tiba, petani mangga banyak yang rugi alasannya tidak sanggup panen buah mangga diakibatkan hampir seluruh buah mengalami pecah atau retak sebelum buah tersebut masak. Bahkan sering juga buah mangga mengalami amis serta rontok sebelum tiba waktu panen. Jika di biarkan begitu saja mungkin tahun depan atau ketika tiba animo kemarau sanggup jadi tidak akan panen mangga. Lantas bagaimana cara mencegah supaya buah mangga tidak pecah sebelum masak?

Baca juga : Penyebab Buah Mangga Sering Pecah Sebelum Masak

Sebenarnya untuk mengantisipasi dan mencegah supaya buah mangga tidak pecah sebelum panen tiba itu gampang saja kalau kita tahu tehniknya. Meskipun cara ini tidak 100 % sanggup mencegah hal tersebut, namun setidaknya ada perjuangan yang kita lakukan guna mengantisipasi supaya buah mangga tidak gampang pecah. Adapun cara melaksanakan pencegahannya sanggup kita lakukan dengan hal-hal berikut :

 Faktor cuaca sangat mensugesti pada tumbuhan Cara Mengantisipasi dan Mencegah Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Masak
Gambar Buah Mangga Mengalami Pecah ( Foto original dasar-pertanian by Wahyu H.W )



Cara Mengantisipasi dan Mencegah Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Masak


Apabila tumbuhan mangga mengalami pecah buah ketika animo kemarau atau animo panas, kita sanggup menanggulangi dengan cara rajin menyiram tumbuhan pada pagi dan sore hari. Tujuannya yakni supaya tumbuhan mendapat air, ibarat kita tahu bahwa pada ketika kemarau, air tanah akan berkurang sehingga tumbuhan akan mengalami kehilangan cairan tubuh atau kekurangan air, terutama kalau tumbuhan dalam masa berbunga dan berbuah.

Selain itu, kalau tumbuhan buah mangga pecah alasannya faktor lainnya, ibarat kurang pupuk, maka kita juga sanggup menunjukkan pupuk pada tumbuhan secara rutin dan terjadwal. Jika tumbuhan kurang nutrisi maka pertumbuhan buah juga akan lambat, bahkan kasusnya sanggup saja buah gampang pecah.

Cara mencegah dan mengantisipasi buah mangga supaya tidak gampang pecah sebelum masak yakni dengan membungkus buah mangga dengan plastik ( membrongsong ). Tujuannya supaya buah tidak terkotori dengan hama jenis apapun, sehingga buah mangga sanggup masak dan tidak pecah.

Itulah beberapa Cara Mengantisipasi dan Mencegah Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Masak versi dasar-pertanian, mudah-mudahan bermanfaat dan sanggup menambah wawasan bagi anda semua.
 
Top