Pada Pembahasan terakhir ilmu keperawata dasar 1 akan kita temui bahan wacana teori dan kerangka konsep.

pada bahan ini pokok bahasan nya yaitu teori dan kerangka konsep dan sub poko bahasan berupa teori berdasarkan para mahir wacana teori dan model keperawatan.


Pengertian Teori, Konsep Dan Model keperawatan

Teori yaitu korelasi beberapa konsep atau suatu kerangka konsep, atau definisi yang menunjukkan suatu pandangan sistematis terhadap gejala-gejala atau fenomena-fenomena dengan memilih korelasi spesifik antara konsep-konsep tersebut dengan maksud untuk menguraikan, menerangkan, meramalkan dan atau mengendalikan suatu fenomena. Teori sanggup diuji, diubah atau dipakai sebagai suatu fatwa dalam penelitian.

Teori keperawatan didefinisikan oleh Steven (1984), sebagai perjuangan untuk menguraikan dan menjelaskan aneka macam fenomena dalam keperawatan. Teori keperawatan berperan dalam membedakan keperawatan dengan disiplin ilmu lain dan bertujuan untuk menggambarkan,menjelaskan, memperkirakan dan mengontrol hasil asuhan atau pelayanan keperawatan yang dilakukan.

Konsep yaitu suatu keyakinan yang kompleks terhadap suatu objek, benda, suatu kejadian atau fenomena berdasarkan pengalaman dan persepsi seseorang berupa ide, pandangan atau keyakinan. Kumpulan beberapa konsep ke dalam suatu kerangka yang sanggup dipahami membentuk suatu model atau kerangka konsep. Konsep sanggup dianalogikan sebagai kerikil bata dan papan untuk membangun sebuah rumah dimana rumah yang dibangun diibaratkan sebagai kerangka konsep.


Tujuan Teori Dan Model Keperawatan

Teori keperawatan sebagai salah satu bab kunci perkembangan ilmu keperawatan dan pengembangan profesi keperawatan mempunyai tujuan yang ingin dicapai diantaranya :

Adanya teori keperawatan diperlukan sanggup menunjukkan alasan-alasan wacana kenyataan-kenyataan yang dihadapi dalam pelayanan keperawatan, baik bentuk tindakan atau bentuk model praktek keperawatan sehingga aneka macam permasalahan sanggup teratasi.

Adanya teori keperawatan membantu para anggota profesi perawat untuk memahami aneka macam pengetahuan dalam kontribusi asuhan keperawatan kemudian sanggup menunjukkan dasar dalam penyelesaian aneka macam duduk kasus keperawatan.

Adanya teori keperawatan membantu proses penyelesaian duduk kasus dalam keperawatan dengan menunjukkan arah yang terang bagi tujuan tindakan keperawatan sehingga segala bentuk dan tindakan sanggup dipertimbangkan.

Adanya teori keperawatan juga sanggup menunjukkan dasar dari perkiraan dan filosofi keperawatan sehingga pengetahuan dan pemahaman dalam tindakan keperawatan sanggup terus bertambah dan berkembang.


Model Konsep dan Teori Keperawatan Florence Nigtingale

Florence merupakan salah satu pendiri yang meletakkan dasar-dasar teori keperawatan yang melalui filosofi keperawatan yaitu dengan mengidentifikasi tugas perawat dalam menemukan kebutuhan dasar insan pada klien serta pentingnya efek lingkungan di dalam perawatan orang sakit yang dikenal teori lingkungannya.


Model Konsep dan Teori Keperawatan Marta E. Rogers

Model konsep dan teori keperawatan berdasarkan Martha E. Rogers dikenal dengan nama konsep insan sebagai unit. Dalam memahami konsep model dan teori ini, Martha berasumsi bahwa insan merupakan satu kesatuan yang utuh, yang mempunyai sifat dan aksara yang berbeda-beda. Dalam proses kehidupan insan yang dinamis, insan selalu berinteraksi dengan lingkungan yang saling menghipnotis dan dipengaruhi, serta dalam proses kehidupan insan setiap individu akan berbeda satu dengan yang lain dan insan diciptakan dengan karakteristik dan keunikan tersendiri.


Model Konsep dan Teori Keperawatan Myra Levine

Model konsep Myra Levine memandang klien sebagai makhluk hidup terintegrasi yang saling berinteraksi dan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Dan intervensi keperawatan yaitu suatu kegiatan konservasi dan konservasi energi yaitu bab yang menjadi pertimbangan.


Virginia Henderson (Teori Henderson) 

Virginia henderson memperkenalkan defenition of nursing (defenisi keperawatan). Defenisinya mengenai keperawatan dipengaruhi oleh latar belakang pendidikannya.Ia menyatakan bahwa defenisi keperawatan harus menyertakan prinsip kesetimbangan fisiologis.

itulah sepenggal bahasan bahan teori dan kerangka konsep yang terdapat dalah mata kuliah ilmu keperawatan dasar 1.

Untuk mendownload bahan secara lengkap silahkan dibwah ini :
Silahkan diambil bagi sobat - sobat perawat yang lagi membutuhkan bahan teori dan kerangka konsep dalam mata kuliah ilmu keperawatan dasar 1 gratis. terima kasih.
 
Top